Comscore Tracker

Gestur Geser Botol Ronaldo yang Buat Gaduh Piala Eropa 2020

Sponsor Piala Eropa 2020 diserang pemain

Jakarta, IDN Times - Gestur Cristiano Ronaldo yang menggeser dua botol Coca-Cola dalam konferensi pers di Piala Eropa 2020 berdampak luas. Usai aksi Ronaldo, dua bintang, Paul Pogba dan Manuel Locatelli, mengikuti jejaknya.

Pogba menggeser botol bir Heineken yang ada di depannya. Aksi Pogba bisa dimaklumi. Sebab, sebagai seorang muslim, Pogba tak mau ada minuman alkohol, yang merupakan barang haram dalam ajaran agama Islam.

Lalu, Locatelli melakukan hal serupa. Bedanya, dalam konferensi pers pasca Italia menang atas Swiss, Kamis dini hari WIB (17/6/2021), Locatelli cuma menggeser sedikit dua botol Coca-Cola, sehingga masih tersorot kamera dan eksposurnya tak berkurang.

1. Jadi gaduh

Gestur Geser Botol Ronaldo yang Buat Gaduh Piala Eropa 2020instagram/euro2020

Gestur tiga bintang itu sejatinya sudah bikin gaduh proyeksi bisnis Piala Eropa 2020. Sebab, sponsor sejatinya mau meningkatkan daya jual produknya dengan berharap mendapat sorot kamera di media.

Hanya saja, menurut Direktur Turnamen Euro 2020, Martin Kallen, tindakan Pogba masih bisa dipahami. Ajaran agama Islam yang dianut Pogba, tak mampu dikomentari oleh UEFA karena sifatnya memang sensitif dan merupakan keyakinan.

Namun, terkait kasus Ronaldo, UEFA punya pandangan sendiri. Kallen mengingatkan agar Ronaldo dan pemain lainnya untuk bersikap bijak mendukung turnamen secara utuh, termasuk menghormati sponsor.

"Pihak UEFA tidak pernah menjatuhkan denda kepada pemain secara langsung. Kami telah mengingatkan mereka tentang kewajibannya, tetapi tentu saja (denda) akan selalu memungkinkan," kata Kallen.

Di sisi lain, UEFA telah mengingatkan kepada seluruh pemain yang berpartisipasi dalam Piala Eropa 2020, kehadiran sponsor sangat penting dalam keberlangsungan turnamen.

"UEFA mengingatkan kepada seluruh tim peserta, sponsor merupakan unit integral untuk mendukung kesuksesan turnamen dan memastikan keberlangsungan pembinaan sepak bola di Eropa, termasuk usia dini dan wanita," begitu pernyataan resmi UEFA.

Baca Juga: Ternyata, Ronaldo Pernah Jadi Bintang Iklan Coca-Cola

2. Coca-Cola santai

Gestur Geser Botol Ronaldo yang Buat Gaduh Piala Eropa 2020thedrum.com

Coca-Cola ikut mengomentari aksi Ronaldo dan Locatelli yang menggeser produknya di konferensi pers. Mereka mengaku tak masalah dengan aksi dari CR7.

Bagi perusahaan minuman berkarbonasi itu, apa yang dilakukan Ronaldo merupakan hak. Mereka menyatakan setiap pemain yang terlibat memiliki pilihan untuk mengonsumsi minuman di hadapannya.

"Setiap pemain disediakan Coca-Cola, Coke Zero, dan air mineral. Menjadi pilihan bagi mereka mau minum yang mana," kata juru bicara Coca-Cola.

3. Sponsor kini harus cerdas

Mandy Sharp, pendiri dan kepala eksekutif, Tin Man Communications menanggapi hal ini dalam PRWeek. Gestur yang ditunjukkan Ronaldo, Pogba, dan Locatelli, menurut Sharp, jadi pelajaran sejumlah merek dagang untuk berkreasi dalam merancang strategi pemasaran yang lebih kreatif.

Sebab, memajang produk dalam sesi konferensi pers, sejatinya sudah cukup usang. Maka dari itu, pihak sponsor harus lebih cerdas dalam memasarkan produknya dalam sebuat event.

"Ini jadi pilihan gaya hidup dan tidak seorang pun, termasuk Coca-Cola, bisa berpura-pura produk mereka merupakan minuman sehat," ucap Lorraine Bridges, ahli dari Bare PR.

Baca Juga: Aksi Ronaldo Singkirkan Coca-Cola Ditiru Bintang Italia

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya