5 Gelandang Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah English Premier League

Mereka mencetak lebih banyak gol daripada seorang striker

Dalam sepak bola konvensional, urusan mencetak gol biasanya menjadi privilese barisan penyerang yang diisi para striker. Lini tengah yang terdiri dari para gelandang, hanya dimaksudkan untuk mengkreasi serangan sekaligus tembok pertahanan ketika diserang.

Walau demikian, bagi gelandang modern, tugas mereka tidak hanya membantu serangan dan mem-back up garis pertahanan, para midfielders ini juga haus gol.

Barisan gelandang terbaik dunia yang mula-mula rajin mencetak gol itu datang dari tanah Britania alias Premier League. Siapa saja pemain yang mengubah peran tradisional gelandang menjadi pencetak gol? Berikut daftar lima gelandang pencetak gol terbanyak di Premier League.

1. Matt Le Tissier (100 gol)

5 Gelandang Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah English Premier Leaguedreamteamfc.com

Salah satu pemain elegan di dunia sepak bola, Matt Le Tissier adalah legenda Southampton. Dia tidak diragukan lagi adalah salah satu pemain yang paling berbakat di Premier League.

Memang, banyak pemain yang telah memenangkan trofi lebih banyak daripada Matt Le Tissier sepanjang karier mereka. Tetapi, hanya gelandang Southampton ini yang namanya akan selamanya dikenal sebagai 'Le God' in Saint Mary's.

Pemain berkebangsaan Inggris ini adalah contoh utama dari seorang pemain-satu klub (one man-club) yang telah membuat 541 penampilan dan mencetak 209 gol dalam 17 tahun karirnya bersama Southampton. Di EPL sendiri, ia berhasil membukukan 100 gol. Le Tissier pernah menolak untuk bergabung dengan klub yang lebih besar seperti Tottenham dan Chelsea. Dia lebih memilih setia kepada Southampton.

2. Paul Scholes (107 gol)

5 Gelandang Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah English Premier Leaguemanutd.com

Paul Scholes adalah salah satu gelandang paling berbahaya di Premier League pada masanya bersama Manchester United. Scholes adalah seorang spesialis tendangan jarak jauh.

Walau begitu, Scholes lebih dikenal sebagai pemberi umpan ulung. Hal itulah yang menutupi fakta bahwa dia adalah juga pencetak gol yang hebat.

Semasa masih aktif bermain, Scholes memiliki catatan disiplin yang buruk di lapangan. Dia tercatat sebagai pengumpul kartu kuning terbanyak di Premier League dengan 97 kali sementara di Liga Champions, Scholes mengoleksi 32 kali kartu kuning.

Saat ini, legenda Setan Merah sekaligus timnas Inggris ini berprofesi sebagai co-owner Salford City dan seorang komentator televisi untuk BT Sport.

3. Ryan Giggs (109 gol)

5 Gelandang Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah English Premier Leaguemanutd.com

Ryan Giggs merupakan salah satu legenda sepak bola Manchester United, timnas Wales dan dunia yang paling diingat sepanjang masa meski telah gantung sepatu.

The Welshman ditakuti para lawan bukan hanya karena kemampuannya mencetak banyak gol, dia ditakuti juga karena keterampilannya mencetak gol indah, yang bahkan beberapa di antaranya dari sudut yang mustahil. Selain itu, Giggs bisa memecah kebuntuan Manchester United di saat-saat genting.

Selama berkarir di Premier League, Giggsy telah mencetak 109 gol. Golnya melawan Arsenal di pertandingan ulang Piala FA pada saat-saat akhir perpanjangan waktu adalah salah satu gol paling ikonik dari Giggs. Pemain sayap ini akan selalu menjadi pemain gelandang paling dihormati di jagad sepak bola.

4. Steven Gerrard (120 gol)

5 Gelandang Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah English Premier Leaguethisisanfield.com

Tidak ada pemain nomor punggung 8 di Premier League dan timnas Inggris yang paling diingat selain Steven Gerrard. Tidak diragukan lagi, dia adalah pemain no. 8 terbaik liga utama Inggris sepanjang masa.

Ada banyak alasan mengapa predikat itu layak disandang Gerrard. Namun, jawaban utamanya adalah kesetiaan dan cintanya untuk Liverpool dan negara. Ketenangannya sebagai dirijen permainan tim merupakan kemampuan yang paling langka di sepak bola.

Walau begitu, sebagai seorang gelandang The Reds, Gerrard adalah mesin gol dari lini kedua. Dia tercatat pernah mencetak gol di seluruh kompetisi lokal dan internasional.

Untuk seorang playmaker, catatan 120 golnya merupakan pencapaian yang nyaris mustahil dilampaui oleh pemain-pemain dengan posisi yang sama.

5. Frank Lampard (177 gol)

5 Gelandang Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah English Premier Leaguetwitter.com/UberCheIseaFC

Frank Lampard merupakan salah satu pemain Chelsea yang setia. Gelandang enerjik itu hingga kini masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa The Blues. Bahkan, jumlah golnya lebih banyak dari striker legendaris Chelsea, Didier Drogba yang hanya mencetak 104 gol.

Meskipun hampir semua penampilan fantastisnya dibuat untuk Chelsea, keran gol Lampard dimulai sejak dia mengawali karirnya di West Ham, ketika masih muda. Dia juga mencetak gol untuk Manchester City di Premier League.

Pesaing gelandang pencetak gol terbanyak terdekatnya adalah Steven Gerrard dengan 120 gol. Namun, sebagai seorang gelandang, Lampard mampu mencetak 177 gol atau 57 gol lebih banyak dari Steven Gerrard!

Itulah lima gelandang pencetak gol terbanyak Premier League sepanjang masa. Mana yang jadi idolamu?

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya