Comscore Tracker

5 Klub Liga Premier dengan Rekor Kebobolan Paling Minim Sepanjang Masa

Apakah klub favoritmu masuk daftar ini?

Liga Premier Inggris merupakan liga paling kompetitif di dunia. Betapa tidak? Klub-klub di sana getol membelanjakan banyak uang untuk mendapatkan sederet pesepakbola berkualitas. Itu artinya, Liga Premier Inggris adalah liga bertabur bintang. Dengan begitu, persaingan memburu gelar juara selalu sengit.

Dahulu, mantan manajer Manchester United Alex Ferguson pernah mengatakan, "Bermain menyerang bisa memenangkan pertandingan, sementara bermain bertahan bisa merebut gelar juara." Serentetan prestasi gemilang Sir Alex telah membuktikannya.

Tengok saja, mantan manajer asal Skotlandia itu sukses menyabet total 38 trofi selama membesut Setan Merah. Mencetak gol memang merupakan bagian integral dari permainan sepak bola. Hanya saja, porsi pemain bertahan tidak begitu menjadi sorotan.

Namun, seiring berkembangnya strategi dalam permainan, baik menyerang maupun bertahan mendapat porsi perhatian yang sama. Oleh sebab itu, banyak klub rela membelanjakan uang yang sangat besar guna memboyong pemain bertahan terbaik.

Nah, sekarang mari kita lihat lima klub sepak bola di Liga Premier Inggris yang paling sedikit kebobolan dalam satu musim kompetisi sepanjang masa. Klub-klub mana saja? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

1. Liverpool (2005-2006) - 25 gol

5 Klub Liga Premier dengan Rekor Kebobolan Paling Minim Sepanjang Masaliverpoolfc.fandom.com

Klub Merseyside ini finis di peringkat ke-3 pada musim Liga Primer 2005-2006. Ketika itu, Chelsea menjadi juara, sementara Manchester United di peringkat ke-2. Yang menarik, pada musim ini The Reds kebobolan hanya 25 gol dan mencetak 57 gol di Liga Premier dari total 38 pertandingan yang dimainkan.

Liverpool yang ditukangi manajer asal Spanyol Rafael Benitez ini sendiri sukses memenangkan Piala FA dan Piala Super UEFA selama musim 2005-2006 itu. Hal itu tidak lepas dari barisan pertahanan yang diisi oleh Jamie Carragher, Sami Hyypia, John Arne Riise dan Daniel Agger. Pepe Reina adalah penjaga gawang pilihan pertama dan mampu menjaga 21clean sheet di Liga Premier.

2. Chelsea (2005-2006) - 22 gol

5 Klub Liga Premier dengan Rekor Kebobolan Paling Minim Sepanjang Masapremierleague.com

Pada tahun 2005 lalu, Chelsea merayakan ulang tahun ke-100 mereka. Kado manis pun dipersembahkan dengan memenangkan gelar juara Liga Premier musim 2005-2006. Ketika itu, The Blues hanya kebobolan 22 gol dan mencetak 72 gol di Liga Premier.

Masih di musim yang sama, klub yang bermarkas di Kota London ini memenangkan gelar juara Liga Primer dan FA Community Shield. Mereka juga mencapai babak semifinal Piala FA, namun tersingkir di babak 16 Liga Champions UEFA.

Musim yang hebat itu tidak bisa dilepaskan dari jerih payah barisan pertahanan yang digalang oleh John Terry, William Gallas, Ricardo Carvalho dan Asier del Horno. Penjaga gawang Peter Cech sendiri mencetak 20 clean sheet.

Baca Juga: 5 Kiper dengan Rekor Clean Sheet Terbanyak Liga Premier Sepanjang Masa

3. Manchester United (2007-2008) - 22 gol

5 Klub Liga Premier dengan Rekor Kebobolan Paling Minim Sepanjang Masapremierleague.com

Manchester United (MU) meraih gelar juara Liga Premier ke-10 mereka pada musim 2007-2008. Ketika itu, The Red Devils hanya kebobolan sebanyak 22 gol dan mencetak 80 gol di Liga Premier.

Klub yang bermarkas di Kota Manchester ini selain memenangkan Liga Premier, mereka juga menyabet gelar juara Liga Champions UEFA. Hanya saja, MU gagal meraih gelar treble setelah kalah 0-1 dari Portsmouth di putaran ke-6 Piala FA.

Pada masa ini, bek-bek tangguh legendaris berdiri kokoh mengawal gawang yang dijaga Edwin Van Der Sar. Para defender itu antara lain, Rio Ferdinand, Gary Neville, Patrice Evra dan Nemanja Vidic. Kiper Van Der Sar sendiri mencetak 21 clean sheet di Liga Premier.

4. Arsenal (1998-1999) - 17 gol

5 Klub Liga Premier dengan Rekor Kebobolan Paling Minim Sepanjang Masaayaktakileroturanlar.com

Arsenal mengakhiri musim 1998-1999 dengan berada di posisi kedua di bawah juara Liga Premier Manchester United. Kedua klub hanya dipisahkan dengan selisih 1 poin. Walau gagal juara, musim 1998-1999 merupakan rekor pertahanan terbaik ke-2 sepanjang masa Liga Premier.

Ketika itu, The Gunners tercatat hanya kebobolan sebanyak 17 gol saja di Liga Premier. Tentu, semua pujian layak diberikan kepada lini pertahanan mereka yang terdiri dari Lee Dixon, Nigel Winterburn, Tony Adams dan Martin Keown. Kiper legendaris Arsenal David Seaman sendiri diketahui mencatat rekor 23 clean sheet di Liga Premier.

5. Chelsea (2004-2005) - 15 gol

5 Klub Liga Premier dengan Rekor Kebobolan Paling Minim Sepanjang Masapremierleague.com

Pemuncak dari daftar klub Liga Premier Inggris yang paling sedikit kebobolan dalam satu musim jatuh ke klub London, Chelsea. Pada musim 2004-2005, The Blues menggondol gelar juara dengan hanya merasakan satu kali kekalahan.

Dari seluruh 38 pertandingan yang mereka mainkan, Chelsea sukses membukukan 29 kemenangan, 1 kali kekalahan dan 8 pertandingan imbang. Dari serangkaian catatan itu, klub milik taipan Roman Abramovich ini diketahui hanya kebobolan sebanyak 15 gol saja! Walau pertahanan mereka kuat, barisan penyerang pun tak mau kalah. Mereka mampu menggelontor sebanyak 72 gol sepanjang musim liga.

Pada musim ini, selain memenangkan gelar juara Liga Premier, The Blues juga menyabet gelar juara Piala FA. Hanya saja, mereka gagal mencapai final Liga Champions setelah takluk dari Liverpool 0-1 (agregat) di babak semifinal.

Prestasi gemilang tersebut tidak lepas dari penampilan hebat para bek yang diisi oleh John Terry, William Gallas, Ricardo Carvalho dan Paulo Ferreira. Kiper John Terry sendiri mencetak rekor 25 clean sheet. Baik Chelsea musim 2004-2005 dan Chelsea 2005-2006, keduanya dibesut oleh tangan dingin seorang manajer bernama Jose Mourinho.

Itulah lima klub Liga Premier Inggris dengan rekor kebobolan paling sedikit dalam satu musim sepanjang masa. Apa klub favoritmu ada dalam daftar ini?

Baca Juga: 8 Tim yang Minim Kebobolan di Liga Domestik Eropa

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya