Comscore Tracker

Keren! 5 Pesepak Bola Ini Cetak Hattrick Pada Debut Profesionalnya!

Tiga di antaranya berasal dari Serie A Italia

Mencetak sebiji gol dalam sebuah pertandingan sepak bola adalah perkara sulit. Itulah mengapa para pemain selalu dilanda histeria ketika berhasil mengoyak jala lawan. Lebih-lebih, sang pemain berkesempatan mencatatkan namanya tiga kali alias hattrick dalam sebuah game.

Pada kenyataannya, banyak sekali pemain yang bisa mencetak hattrick sepanjang karir mereka. Namun, ada satu prestasi yang lebih langka dan sulit untuk ditandingi. Prestasi itu adalah mencetak hattrick dalam sebuah pertandingan debut profesional.

Siapa saja sederet pemain hebat itu? Yuk, simak daftar lima pesepakbola yang sukses mencetak hattrick dalam debut profesional mereka di bawah ini.

1. Pierre-Emerick Aubameyang

https://www.youtube.com/embed/7x_ivvGhXO8

Pierre-Emerick Aubameyang saat ini tengah membela Arsenal di Liga Premier Inggris. Sebelumnya, dia berlaga di Bundesliga Jerman dengan berkostum Borussia Dortmund.

Di sana, dia mencetak hattrick yang luar biasa saat debutnya melawan Augsburg pada 11 Agustus 2013 lalu. Dalam sebuah pertandingan yang dimenangkan Dortmund 4-0 itu, Auba mencetak tiga gol melalui sundulan dan dua gol melalui kaki kanan.

Prestasinya itu lantas membuka jalan karier yang lempang baginya. Sepanjang penampilannya bersama Dortmund, Auba telah membukukan 141 gol dari hanya 213 pertandingan.

Bersama Arsenal sekarang, dia terus melanjutkan performa terbaiknyadengan mencetak 19 gol dalam 27 pertandingan di musim pertamanya untuk The Gunners.

2. Fabrizio Ravanelli

https://www.youtube.com/embed/N6H2S6SXN-4

Fabrizio Ravanelli merupakan salah satu legenda Juventus dan timnas Italia. Ravanelli menikmati empat musim yang hebat bersama La Vecchia Signora, sebelum hijrah ke Liga Premier Inggris pada musim 1996/1997 bersama Middlesbrough.

Di sana, Bryan Robson yangketika itu bertindak sebagai manajer Middlesbrough, nekat mengontrak Ravanelli dengan harga 7 juta Poundsterling yang merupakan jumlah uang yang banyak pada saat itu.

Pada laga debutnya melawan Liverpool, Ravanelli menunjukkan dirinya tak salah dibanderol dengan harga mahal. Dia mencetak hattrick untuk membantu Middlesbrough meraih hasil imbang melawan salah satu tim raksasa Liga Premier Inggris.

Pertanda baik pada awal musim seharusnya terus berlanjut. Tapi, kenyataan pahit harus diterima Ravanelli karena Middlesbrough terdegradasi musim itu.

Baca Juga: 7 Pesepak Bola Dunia yang Lahir Di Bulan November, Ada Idolamu?

3. Christian Vieri

https://www.youtube.com/embed/hwJ2lZIkkm0

Christian Vieri juga dikenal sebagai salah satu legenda hidup sepak bola Italia. Dia adalah serang predator gol yang paling ditakuti pada masanya.

Vieri adalah pemain yang malang melintang di berbagai klub Eropa. Sebelumnya, secara berturut-turut dia pernah bermain untuk Juventus, Atletico Madrid, Lazio sebelum akhirnya berlabuh di Inter Milan pada musim 1999/2000 dengan transfer mahal 49 juta Euro. Banyak kritikus yang mencibir keputusan Inter memboyong Vieri dari Lazio ketika itu.

Namun, pada laga membela Inter Milan pada musim debutnya, dia sukses menggelontor tiga gol ke gawang Verona. Inter pun menang 3-0. Sepanjang kariernya bersama Inter Milan, dia berhasil mencetak 103 gol dalam 143 game. Selain itu, dia juga sukses membungkam para kritikus.

4. Alan Shearer

https://www.youtube.com/embed/5ZboTHmHsiM

Alan Shearer mungkin adalah striker terhebat yang pernah lahir di tanah Inggris. Dia telah menunjukkan tanda-tandanya sejak masih berusia dini.

Dalam sebuah pertandingan debut membela Southampton, Shearer yang saat itu masih berusia 17 tahun, mencetak hattrick indah di The Dell Stadium ketika melawan Arsenal pada musim 1988/1989. Southampton pun menang 4-2. Itu adalah awal dari Shearer menguasai Inggris.

Masa terbaiknya adalah ketika bersama Newcastle United. Di sana, Shearer sukses mencetak 206 gol dari 405 penampilan. Dia juga mengukir 30 gol untuk timnas Inggris dalam 63 pertandingan.

5. Alessandro Del Piero

https://www.youtube.com/embed/be6RNvGurTE

Menempatkan Alessandro Del Piero dalam daftar ini mungkin terlihat curang. Faktanya, dia telah tampil beberapa kali dan mencetak gol untuk Juventus sebagai pemain pengganti.

Memang, ketika itu Juventus memiliki sederet striker hebat macam Roberto Baggio, Fabrizio Ravanelli dan Gianluca Vialli. Namun, saat dia tampil 90 menit penuh untuk pertama kalinya, Del Piero sukses mencetak hattrick melawan Parma pada musim 1993/1994.

Juventus memang tidak memenangkan trofi Serie A musim itu, tetapi mereka telah menemukan seorang legenda masa depan.

Itulah lima pesepak bola yang sukses mencetak hattrick dalam sebuah laga debut membela klub mereka masing-masing. Kini mereka udah jadi legenda, nih!

Baca Juga: 8 Legenda Sepak Bola Ini Justru Gagal Total Saat Jadi Pelatih

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya