Comscore Tracker

Dikenal Klub Pelit, Ini 5 Transfer Termahal Juventus Sepanjang Masa

Mereka berhasil mengubah tradisi sepertinya

Sudah menjadi pengetahuan umum bila Juventus adalah klub paling sukses dalam sejarah sepak bola Italia. Kehadiran La Vecchia Signora setelah dihukum karena menjadi bagian dari skandal Calciopoli pada tahun 2006, secara monumental telah menandai dominasi mereka di Serie A Italia. Sejak itu, Juventus memenangkan gelar liga tujuh kali secara beruntun sejak tahun 2011.

Walau termasuk klub sepak bola terkaya di dunia, Juventus boleh dibilang sebagai klub yang terlampau perhitungan alias pelit dalam mengeluarkan biaya besar untuk belanja pemain. Mereka lebih memilih untuk mendatangkan pemain secara gratis atau mekanisme lain yang tidak mengucurkan terlalu banyak dana, seperti Andrea Pirlo.

Bahkan, Juventus tersohor karena berhasil menjual para pemainnya dengan harga mahal, misalnya saja Zinedine Zidane.

Transfer Cristiano Ronaldo dari Real Madrid menuju markas Nyonya Tua di Turin jelas telah mendobrak tradisi yang telah mereka jalankan selama bertahun-tahun itu. Walau begitu, terdapat lima transfer dengan biaya fantastis yang telah dikucurkan Juventus untuk mengakuisisi mereka. Berikut adalah daftar mereka.

1. Joao Cancelo (Rp 589 miliar)

Dikenal Klub Pelit, Ini 5 Transfer Termahal Juventus Sepanjang MasaJuventus.com

Juventus menatap musim 2018/2019 dengan sangat serius. Mereka baru saja mendaratkan seorang bek kanan klub Valencia Joao Cancelo dengan biaya transfer sebesar EUR 40,4 juta atau setara Rp 589 miliar, dilansir dari Whoscored.com. Angka fantastis itu membuat Cancelo menjadi bek termahal kedua sepanjang sejarah Juventus.

Joao Cancelo dikenal sebagai pemain yang memiliki kemampuan intercep, tackling dan crossing bola yang mumpuni. Dia membuat 1,6 tackle per game dan 1,4 intersepsi per game. Cancelo juga diketahui memiliki rata-rata 1,5 crossing per game.

2. Lilian Thuram (Rp 698 miliar)

Dikenal Klub Pelit, Ini 5 Transfer Termahal Juventus Sepanjang MasaTwitter.com/championsleague

Juventus memboyong pemain berkebangsaan Prancis ini dari Parma dengan biaya transfer EUR 41,5 juta, atau dengan kurs saat ini senilai Rp 689 miliar pada musim panas 2001. Ketika itu, Lilian Thuram dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik di generasinya.

Berkostum zebra, Thuram telah membuat 204 penampilan untuk Nyonya Tua. Selama rentang lima musim bersama Juventus, dia sukses menyumbang dua gelar Serie A dan dua gelar Supercopa Italiana selama masa bermainnya di Italia.

Dia kemudian meninggalkan Juventus menuju Barcelona pada tahun 2006, setelah membuat namanya tersohor sebagai bek yang paling ditakuti di seluruh Eropa. Thuram juga diketahui masuk sebagai satu dari 100 pemain terbaik versi Pele pada tahun 2004.

3. Gianluigi Buffon (Rp 888 miliar)

Dikenal Klub Pelit, Ini 5 Transfer Termahal Juventus Sepanjang MasaJuventus.com

Gianluigi Buffon tiba di jendela transfer yang sama dengan Lilian Thuram. Walaupun demikian, Juventus rela menebus Buffon muda dengan biaya yang lebih mahal yaitu EUR 52,8 juta atau setara dengan kurs saat ini yang senilai Rp 888 miliar hanya untuk seorang penjaga gawang, dilansir dari Bbc.co.uk.

Namun Buffon kemudian membuktikan dirinya bisa menjadi pria yang paling berharga bagi Bianconneri selama 17 tahun.

Buffon telah membuat 656 penampilan untuk Nyonya Tua dengan sukses menyumbang merebut 11 gelar Serie A, 1 gelar Serie B, 4 gelar Coppa Italia dan 5 gelar Supercopa Italiana. Dia juga berhasil masuk ke dalam daftar Pele dari 100 pemain terbaik di dunia tahun 2004.

Sosok yang dicintai sekaligus seorang kapten klub, Buffon telah meninggalkan Juventus menuju Paris Saint Germain musim ini dengan bebas transfer.

4. Gonzalo Higuain (Rp 1,5 triliun)

Dikenal Klub Pelit, Ini 5 Transfer Termahal Juventus Sepanjang MasaTwitter.com/ForzaJuve2017

Gonzalo Higuain mengalami masa tiga tahun yang sukses bersama Napoli. Di sana dia mencetak 91 gol dalam 146 pertandingan. Mengetahui hal itu, Juventus memboyongnya ke Juventus Arena dengan biaya EUR 90 juta atau senilai sekitar Rp 1,5 triliunan pada tahun 2016 lalu, dilansir dari Transfermarkt.com.

Bersama Juventus, Higuain berhasil mencetak 55 gol dalam 105 pertandingan.

Dia pun sukses membersihkan namanya dari keraguan sekaligus memenuhi janjinya sebagai pencetak gol kelas dunia. Selain itu, Higuain berhasil memenangkan 2 gelar Serie A dan 2 gelar Coppa Italia.

Higuain kehilangan mahkotanya sebagai pemain Juve termahal setelah kedatangan Cristiano Ronaldo, baru-baru ini. Walau begitu, Higuain adalah pesepakbola paling mahal kesembilan di dunia.

5. Cristiano Ronaldo (Rp 1,9 triliun)

Dikenal Klub Pelit, Ini 5 Transfer Termahal Juventus Sepanjang MasaTwitter.com/CRonaldoNews

Seperti yang sudah diketahui, Juventus baru saja mengejutkan semua orang setelah memboyong Cristiano Ronaldo dari Real Madrid dengan biaya transfer EUR 117 juta atau setara dengan Rp 1,8 triliun pada 2018. CR7 pun melampaui Gonzalo Higuain sebagai pemain termahal milik Nyonya Tua.

Ronaldo sendiri telah dianggap sebagai pemain terbaik di generasinya. Selain bakal membantu Juventus sebagai salah satu kandidat juara Serie A Italia, peraih Ballon d'Or lima kali itu juga bisa membantu liga Negeri Pisa itu meraih lebih banyak perhatian. Sebagai hasilnya, klub-klub Serie A secara finansial dapat bersaing dengan raksasa-raksasa Spanyol dan Inggris.

Itulah lima daftar transfer termahal Juventus yang ternyata cukup berani membayar mahal untuk seorang pesepak bola. Mengetahui hal ini, apakah kamu masih berpikir kalau Nyonya Tua adalah klub yang pelit?

Rangga Putra Photo Community Writer Rangga Putra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You