Klub Liga Inggris Ini Jadi Klub Pertama Dunia yang Bebas Karbon

Ini klub sepak bola atau organisasi lingkungan hidup sih?

Klub Leage Two (kasta ke-4) Inggris, Forest Green Rovers baru saja dinobatkan sebagai klub sepak bola yang bebas karbon (carbon-neutral) pertama di dunia. Atas komitmen mereka di bidang lingkungan, Forest Green Rovers pun diganjar dengan sertifikat bergengsi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Klub sepak bola yang didirikan oleh Reverand EJH Peach pada 1889 ini memang patut mendapat pengakuan yang pantas sekaligus dicontoh oleh klub-klub sepak bola profesional lainnya.

Betapa tidak? Operasional markas Forest Green Rovers, The New Lawn, 100 persen menggunakan energi terbarukan.

1. Mengikuti konvensi perubahan iklim PBB

Klub Liga Inggris Ini Jadi Klub Pertama Dunia yang Bebas KarbonFIFA.COM

Media Britania Raya, The Guardian melaporkan, Forest Green Rovers mengumumkan keberhasilan mereka menyabet sertifikat carbon-neutral dari PBB itu pada hari Senin (30/7/2018), waktu setempat.

“Adalah sebuah kehormatan bagi kami untuk menjadi klub olahraga pertama di dunia yang diberi gelar bebas karbon oleh PBB. Kami adalah klub kecil dengan ambisi besar. Dan luar biasa kami untuk dapat bekerja bersama sekaligus memperjuangkan pesan (energi) terbarukan ke seluruh dunia," cetus CEO Gorest Green Rovers, Dale Vince di laman resmi klub.

Klub yang berbasis di Kota Gloucestershire, Nailsworth itu sendiri diketahui telah menandatangani sebuah inisiatif Konvensi Kerangka Kerja PBB, tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) yang disebut Climate Neutral Now untuk musim 2018-2019.

2. Stadion yang 'digerakkan' oleh alam

https://www.youtube.com/embed/uFJpeyQAlkw

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, seluruh daya operasional stadion Forest Green Rovers dihasilkan dari pengolahan energi terbarukan yaitu tenaga surya, angin dan hujan.

Selain itu, tengok saja bagaimana rumput stadion The New Lawn yang menggunakan rumput organik alias asli. Tidak seperti sebagian klub sepak bola lainnya yang menggunakan rumput sintetis.

ang tak kalah hebatnya, robot pemotong rumputnya sendiri menggunakan tenaga surya! Busyet kan, guys!

Eits! Belum berhenti di situ, bahkan air hujan yang mengguyur lapangan maupun tribun. Pun mereka olah untuk meminimalisir penggunaan air oleh klub. Benar-benar zero waste. Supaya terdengar lebih keren, mereka memiliki stasiun pengisian listrik untuk kendaraan berbahan bakar setrum, lho.

3. Mendukung kampanye bebas daging dan susu

Klub Liga Inggris Ini Jadi Klub Pertama Dunia yang Bebas Karbonstroudnewsandjournal.co.uk

Sementara itu, Vegan Life menambahkan, Forest Green Rovers sendiri diketahui baru saja meluncurkan serangkaian produk makanan vegan baru. Hal itu dilakukan klub berjuluk The Little Green Devils ini untuk mendukung hari bebas daging dan susu pada menu di kantin-kantin sekolah di seluruh penjuru Britania Raya.

“Saya tidak melihat adanya alasan mengapa kami tidak bisa go international. Kami telah didekati oleh universitas sebelumnya, sehingga saya bisa melihatnya, bahwa program vegan ini bisa dengan sangat cepat diterima di luar sekolah dan mungkin negara,” cetus Dale Vince, CEO Forest Green Rovers kepada Vegan Life.

Ngomong-ngomong, Forest Green Rovers ini klub sepak bola atau lembaga lingkungan hidup sih?

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya