Comscore Tracker

4 Rekor Warisan Ronaldo di Real Madrid yang Nyaris Mustahil Dipecahkan

Mungkin butuh berabad-abad untuk sekadar menyamainya ya?

Cristiano Ronaldo adalah seorang legenda hidup sepak bola dunia. Dia telah menaklukkan tanah Inggris bersama Manchester United. Kemudian dia menguasai liga Spanyol saat berkostum Real Madrid.

Dan tentu, koleksi lima trofi Liga Champions dan lima gelar pemain terbaik dunia sebagai prestasi internasionalnya. Dan kini, dia bersiap untuk menasbihkan dominasi sepak bolanya di bumi Italia bersama Juventus.

Masa keemasan Ronaldo adalah masa sembilan tahun bersama Los Blancos. Di sana, CR7 melakukan serangkaian hal yang sangat jarang sekali bagi seorang pesepak bola bisa melakukannya. Prestasinya di Real Madrid akan tetap tak terputus untuk waktu yang lama.

Berikut adalah empat rekor Cristiano Ronaldo yang akan tetap berada di buku-buku sejarah sepak bola untuk waktu yang lama.

1. Hat-tricks berjibun di La Liga - 34 kali

4 Rekor Warisan Ronaldo di Real Madrid yang Nyaris Mustahil DipecahkanTwitter.com/squawka

Ketika membicarakan Cristiano Ronaldo, tentu tak bisa dipisahkan dengan kemampuan mencetak golnya. Goal merilis, bersama Real Madrid mengarungi La Liga Spanyol selama sembilan tahun, kapten timnas Portugal itu tercatat telah membukukan rekor 50 kali mencetak hat-tricks dengan 34 kali di antaranya dicatat di La Liga. Dari seluruh penggawa Los Blancos saat ini, tidak ada satu pun yang memiliki koleksi lebih dari 10 hat-tricks.

Satu-satunya pemain yang memiliki koleksi hat-tricks terbanyak di La Liga adalah seteru abadi CR7 yaitu Lionel Messi yang telah mencetak 30 hat-tricks. Namun, La Pulga mencetaknya bersama Barcelona. Rekor hat-tricks Ronaldo di Real Madrid tampaknya akan bertahan dalam waktu yang sangat lama.

2. Pencetak gol terbanyak sepanjang masa (450 gol)

4 Rekor Warisan Ronaldo di Real Madrid yang Nyaris Mustahil DipecahkanRealmadrid.com

Laman resmi klub, Realmadrid.com merilis, sepanjang karir Ronaldo bersama Los Blancos dari 2009 hingga 2018, dia tercatat telah menggelontor sebanyak 450 gol ke gawang lawan dari hanya 438 pertandingan yang dimainkannya. Ini artinya, CR7 memiliki rasio gol 1.03 per game yang menakjubkan.

Saingan terdekat Ronaldo dalam daftar pemain Los Galacticos saat ini adalah Karim Benzema yang memiliki 193 gol. Nyaris mustahil striker berkebangsaan Prancis itu bisa melampaui prestasi fenomenal Ronaldo saat ini.

Kemampuan Ronaldo mencetak gol itu adalah capaian yang belum pernah terjadi di klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu itu. Setidaknya, bakal membutuhkan beberapa dekade atau bahkan berabad-abad untuk menyamai atau bahkan melampaui rekor CR7.

3. Tiga koleksi Sepatu Emas

4 Rekor Warisan Ronaldo di Real Madrid yang Nyaris Mustahil DipecahkanTwitter.com/VivaRonaldo

Real Madrid dikenal sebagai klub yang selalu memiliki pemain dari level tertinggi. Klub dari ibukota Spanyol itu adalah raksasa sepakbola yang memiliki koleksi 13 trofi Liga Champions yang tersimpan dalam rak prestasi mereka.

Di rak prestasi itu pula, terpampang tradisi, kekuatan dan keagungan klub. Banyak pemain kelas dunia telah mengenakan seragam Los Blancos, tetapi hanya Ronaldo yang selalu selangkah lebih maju dari yang lain.

Laman UEFA.com merilis, sebagai jimat Portugal, Ronaldo adalah satu-satunya pemain Real Madrid yang memenangkan tiga Sepatu Emas Eropa. Ronaldo menggondolnya pada tahun 2011, 2014 dan 2015. Sejatinya, CR7 mempunyai empat Sepatu Emas. Satu koleksi lainnya didapat saat bersama Manchester United pada tahun 2008 dengan 31 gol.

Dia mencetak 40 gol untuk Real Madrid di musim 2011, kemudian mencetak 31 gol pada 2014 dan terakhir mengoleksi 48 gol pada 2015. Masing-masing capaian itu mengantarkan Ronaldo menyabet penghargaan yang diberikan bagi pencetak gol terbanyak di liga domestik Eropa.

4. Gol terbanyak di Liga Champions

4 Rekor Warisan Ronaldo di Real Madrid yang Nyaris Mustahil DipecahkanTwitter.com/i/moments

Prestasi Cristiano Ronaldo di Liga Champions sangat mencengangkan. Superstar Portugal itu berubah menjadi pesepak bola yang berbeda di liga tertinggi Eropa itu. Dia telah memenangkan lima trofi Liga Champions dan sudah memainkan peran penting dalam proses itu.

Sportskeeda melaporkan, CR7 adalah mimpi buruk bagi para pemain bertahan di klub mana pun di dunia. Ronaldo yang mengenakan seragam Real Madrid dengan sangat mengejutkan telah membobol gawang lawan sebanyak 105 kali. Ya, kamu membacanya dengan benar, 105 gol. Hanya ada sedikit klub yang rekor golnya melebihi Ronaldo di Liga Champions.

Sejauh ini, hanya dua pemain dalam sejarah sepakbola yang telah melewati tonggak monumental yaitu 100 gol Liga Champions. Selain Ronaldo, adalah Lionel Messi yang mampu melakukkannya.

Itulah empat rekor warisan Ronaldo di Real Madrid yang bakal bertahan dalam waktu lama. Sungguh luar biasa bukan?

Rangga Putra Photo Community Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You