Sepekan Lagi Kick Off, Ini 4 Timnas Tersukses di Ajang Piala Asia AFC

Sayangnya, Indonesia gagal ikut serta

Satu pekan lagi, tepatnya tanggal 5 Januari 2019, kick off Piala Asia AFC bakal berlangsung di Uni Emirat Arab. Sebanyak 16 timnas bakal saling jegal untuk menjadi Raja Asia. Sayangnya, Indonesia tidak dapat berpartisipasi dalam ajang empat tahunan ini. Dari kawasan ASEAN, hanya Thailand, Vietnam dan Filipina yang turut serta.

Piala Asia sendiri pertama kali digelar adalah pada tahun 1956. Sejak itu, even paling bergengsi di benua terluas di dunia ini telah berlangsung sebanyak 16 kali dengan melahirkan delapan tim pemenang. Juara bertahan Piala Asia ini adalah timnas Australia yang menang pada tahun 2015 setelah mengalahkan Korea Selatan 2-1.

Dari 16 kali perhelatan dan delapan tim juara itu, tercatat hanya ada empat timnas yang paling sukses menggondol trofi Piala Asia. Timnas mana sajakah itu?

1. Korea Selatan - 2 kali juara

Sepekan Lagi Kick Off, Ini 4 Timnas Tersukses di Ajang Piala Asia AFCtwitter.com/GoAwayWithJae

Sepanjang 12 kali ikut serta, timnas Korea Selatan tercatat telah dua kali memenangkan Piala Asia AFC. Mereka memenangkan edisi perdana pada tahun 1956 dan kembali memenangkannya pada tahun 1960.

Namun ketika edisi tahun 1956 dan 1960 itu, hanya empat tim yang berpartisipasi di putaran final, sementara hanya terdapat 19 tim yang bertanding dalam babak kualifikasi.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ketika edisi Piala Asia AFC 2015, Korsel sejatinya berkesempatan menambah koleksi Piala Asia mereka menjadi tiga. Hanya saja, timnas Negeri Ginseng itu kalah dari tuan rumah Australia di partai final 2-1.

Kini, Korsel telah siap bersaing untuk menebus kegagalan mereka.

2. Iran - 3 kali juara

Sepekan Lagi Kick Off, Ini 4 Timnas Tersukses di Ajang Piala Asia AFCtwitter.com/ajplus

Dari 14 kali berpartisipasi, Iran tercatat sukses memenangkan Piala Asia AFC sebanyak tiga kali. Timnas Negeri 1001 Malam itu memenangkan edisi Piala Asia tahun 1968, 1972 dan 1976.

Pada edisi Piala Asia 1972, hanya terdapat enam tim yang berpartisipasi dalam putaran final. Keenam tim itu lantas dibagi menjadi dua grup. Sejak saat itu, pasca-penyisihan grup ditambah dengan format babak knock-out.

Pada Piala Asia AFC 2015, Iran kalah dari Irak di perempat final. Iran saat ini juga siap menyabet trofi Piala Asia ke-4 mereka. Soalnya, Iran sekarang berada di posisi pertama dalam peringkat FIFA zona Asia.

Baca Juga: Inilah Pembagian Daftar Unggulan Piala Asia 2019

3. Arab Saudi - 3 kali juara

Sepekan Lagi Kick Off, Ini 4 Timnas Tersukses di Ajang Piala Asia AFChttps://twitter.com/ahdaafme

Arab Saudi juga memenangkan Piala Asia AFC sebanyak tiga kali. The Green Falcons tercatat menjadi juara pada tahun 1984, 1988 dan 1996. Pada 1984, mereka menang melawan Tiongkok di partai final, pada 1988 mereka menang melawan Korsel, dan pada 1996 mereka menang melawan Uni Emirat Arab (UEA).

Arab Saudi sendiri telah berpartisipasi dalam sembilan ajang Piala Asia AFC. Dalam jumlah itu, mereka mencatat rekor juara tiga kali, kalah tiga kali di partai final dan tersingkir tiga kali di babak penyisihan grup.

Arab Saudi saat ini berada di posisi ke-69 di peringkat FIFA dan berada di posisi ke-5 di peringkat Asia.

4. Jepang - 4 kali juara

Sepekan Lagi Kick Off, Ini 4 Timnas Tersukses di Ajang Piala Asia AFCwikipedia.org

Jepang adalah tim paling sukses di Piala Asia AFC. Soalnya, mereka memegang rekor sebagai timnas yang terbanyak memenangkan Piala Asia yaitu empat kali. Jepang memenangkan Piala Asia AFC pada tahun 1992, 2000, 2004 dan 2011.

Sepanjang perhelatan Piala Asia, Jepang tercatat telah ikut serta sebanyak delapan kali. Timnas Samurai Biru merupakan satu-satunya tim yang tidak pernah kalah dalam partai final di Piala Asia AFC. Dengan kata lain, sekali masuk final, mereka selalu juara.

Nah, pada Piala Asia 2019 mendatang, Jepang dipastikan membidik gelar ke-5 mereka. Di fase grup, Jepang ditempatkan di grup F bersama Uzbekistan, Oman dan Turkmenistan.

Itulah empat timnas yang paling sukses menggondol Piala Asia terbanyak. Empat timnas lain yang masing-masing sukses membawa pulang trofi Piala Asia satu kali antara lain Israel (1964), Kuwait (1980), Irak (2007) dan Australia (2015).

Baca Juga: 4 Pemain Berlabel Timnas Resmi Dapat Klub Baru di Liga 1

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya