5 Penyerang Sayap Muda Paling Berbakat di Sepak Bola Eropa Saat Ini

Kecepatan dan skill mereka mencuri perhatian

Dewasa ini, formasi dengan tiga penyerang di lini depan menjadi favorit klub-klub top Eropa, satu penyerang tengah diapit dua penyerang sayap membentuk trisula lini depan yang siap meneror lini belakang lawan.

Sebenarnya kekuatan utama trisula ini terletak pada penyerang sayap-penyerang sayap yang siap mengeksploitasi sisi lapangan pertahanan lawan, mereka biasanya merupakan pemain yang memiliki kecepatan dan kemampuan dribling yang bagus, sehingga bisa dengan leluasa memanfaatkan celah yang tercipta di sisi lapangan pertahanan lawan.

Pemain-pemain top dunia pun banyak yang bermain di posisi penyerang sayap, seperti Neymar, Mohamed Salah, Eden Hazard, Gareth Bale dan masih banyak lagi. Mereka menjadi andalan utama timnya untuk membongkar pertahanan lawan dan memenangkan pertandingan.

Dan belakangan ini sepak bola Eropa diramaikan oleh kehadiran penyerang sayap-penyerang sayap muda berbakat yang tak kalah menawan dari senior mereka. Performa gemilangnya di musim ini telah mencuri perhatian publik. Beberapa di antaranya bahkan sudah menjadi andalan di klub masing-masing.

Siapakah para penyerang sayap muda berbakat yang mencuri perhatian tersebut? Check this out.

1. Cengiz Under

5 Penyerang Sayap Muda Paling Berbakat di Sepak Bola Eropa Saat Inigoal.com

Didatangkan dari klub Liga Super Turki, Istanbul Basaksehir seharga 13,4 juta euro pada Juli 2017, Cengiz Under diproyeksikan Roma untuk menggantikan Mohamed Salah yang pindah ke Liverpool. Sempat kesulitan pada awal kedatangannya di Roma, Under baru menunjukan penampilan gemilang di paruh kedua musim kemarin. Iia berkontribusi besar mengangkat performa Roma yang sedang menurun saat itu.

Penampilan gemilangnya berlanjut di musim ini, pemain berusia 21 tahun asal Turki ini berhasil tampil bagus di sisi kanan lini serang AS Roma. Cengiz Under mampu memaksimalkan kesempatan bermain yang di berikan Eusebio Di Francesco dengan berhasil mencetak 4 gol dan 5 assist dari 18 pertandingan di semua kompetisi.

Winger lincah yang mendapatkan julukan "Dybala dari Turki" ini dikenal karena kemampuan cut-insidenya yang menawan dan tendangan kaki kiri yang mematikan. Selain itu ia juga mempunyai umpan terukur yang bisa memudahkan rekannya mencetak gol.

2. Federico Chiesa

5 Penyerang Sayap Muda Paling Berbakat di Sepak Bola Eropa Saat Inigoal.com

Pemain berusia 21 tahun ini sejak musim kemarin sudah menjadi andalan Fiorentina di lini depan mereka. Berposisi sebagai penyerang sayap kanan, Federico Chiesa dikenal akan kecepatannya yang menakjubkan, selain itu ia pun handal dalam memberi assist kepada rekannya di lini depan.

Musim ini, dari 15 pertandingan bersama Fiorentina di Serie A, Chiesa sudah mencetak 2 gol dan 5 assist. Penampilan Chiesa yang semakin gemilang, telah menarik minat klub-klub papan atas Serie A, seperti Juventus, Napoli dan Inter Milan.

Mengetahui hal itu, Fiorentina segera memasang harga tinggi sebesar 60 juta euro untuk memagari pemain muda andalan mereka tersebut. Sebuah harga yang pantas untuk kualitas seorang Chiesa. Mengingat anak dari mantan penyerang top Italia tahun 2000an Enrico Chiesa ini merupakan salah satu bintang muda paling menjanjikan di Italia

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Dunia Ini Kehilangan Performa di Lapangan Hijau

3. Christian Pulisic

5 Penyerang Sayap Muda Paling Berbakat di Sepak Bola Eropa Saat Inithenational.ae

Pemuda Amerika Serikat ini berhasil meneruskan tradisi Borussia Dortmund sebagai klub penghasil talenta-talenta penuh potensi di Bundesliga. Bergabung sejak tahun 2014, Christian Pulisic kini menjelma menjadi andalan Dortmund di lini depan mereka.

Pemain berusia 20 tahun ini bisa bermain di kedua sisi penyerangan dengan sama baiknya. Kecepatan dan kemampuan dribbling yang menawan menjadi senjata utamanya dalam mengacak-ngacak pertahanan lawan.

Pada tahun 2016, Pulisic berhasil memecahkan rekor sebagai pemain asing termuda yang mencetak gol di Bundesliga. Pada tahun yang sama, ia pun berhasil mencatatkan diri sebagai pencetak gol termuda untuk timnas Amerika. Sebuah pencapaian yang semakin menegaskan bakat besar seorang Christian Pulisic.

Di musim ini, Pulisic telah mencetak 3 gol dan 4 assist dari 15 penampilan di seluruh kompetisi. Penampilan gemilang Pulisic dalam beberapa tahun terakhir berhasil membuat Chelsea dan Liverpool bersaing untuk mendapatkannya.

4. Malcom

5 Penyerang Sayap Muda Paling Berbakat di Sepak Bola Eropa Saat Inibarcablaugranes.com

Pada bursa transfer musim panas lalu, AS Roma sempat dibuat meradang oleh Barcelona karena merebut pemain incaran mereka Malcom, seorang penyerang sayap berbakat yang bersinar bersama Bordeaux di Liga Perancis.

Bukan tanpa sebab tentunya Barcelona membajak Malcom dari tangan Roma, pemain berusia 21 tahun itu memiliki kualitas spesial. Media-media di Eropa menyebut Malcom bak perpaduan antara kecepatan Willian dan skill Neymar, sebuah sanjungan yang tak main-main tentunya.

Musim ini, pemain yang juga handal dalam mengeksekusi tendangan bebas ini telah tampil di 9 pertandingan di seluruh kompetisi dan mecetak 2 gol. Jika lebih sering dimainkan dan Malcom bisa belajar banyak dari nama-nama top di lini depan Barca, bukan tak mungkin Malcom akan cepat berkembang menjadi penyerang sayap kelas dunia.

5. Jadon Sancho

5 Penyerang Sayap Muda Paling Berbakat di Sepak Bola Eropa Saat Inieurosport.co.uk

Bundesliga memang sejak lama dikenal sebagai Liga yang ramah terhadap pemain muda, klub-klub di sana tak segan untuk memberikan kesempatan bermain kepada para pemain muda di tim utama mereka.

Hal itulah yang membuat Jadon Sancho memutuskan pindah ke Borussia Dortmund di musim panas kemarin, meninggalkan Manchester City yang tak memberinya jaminan bermain.

Setelah setahun beradaptasi dengan sepakbola Jerman, Sancho "meledak" musim ini, dimana ia telah mencetak 5 gol dan 9 assist dari 21 penampilan di semua kompetisi. Performa gemilang Sancho turut membantu Dortmund memuncaki klasemen sementara Bundesliga musim ini.

Kecepatan dan teknik kontrol bola yang menawan menjadi kelebihan utama sang wonderkid asal Inggris, selain itu Sancho pun memiliki umpan akurat yang membuatnya menjadi raja assist di Bundesliga sejauh ini.

Itulah beberapa nama penyerang sayap muda yang siap menggebrak sepakbola Eropa, ada yang bermain di klub favoritmu guys?

Baca Juga: Ini Daftar 7 Pesepak Bola dengan Gaji Tertinggi di Liga Primer Inggris

rgn Photo Verified Writer rgn

A Bibliophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya