5 Pelatih Spanyol di EPL 2022/2023, Ada Guardiola dan Arteta

Pep Guardiola hampir 7 tahun di Manchester City

English Premier League (EPL) menjadi salah satu liga terbaik di dunia. Terdapat banyak pemain top yang mentas di sana. Demi menjaga kualitas pemain, klub juga berupaya mendapatkan pelatih yang sama berkualitasnya.

Maka dari itu, klub-klub EPL tidak jarang mendatangkan pelatih berkualitas dari berbagai negara, termasuk Spanyol. Siapa saja pelatih asal Spanyol yang sedang berkarier di kasta tertinggi Liga Inggris? Berikut pelatih Spanyol di EPL 2022/2023!

1. Pep Guardiola

5 Pelatih Spanyol di EPL 2022/2023, Ada Guardiola dan ArtetaPep Guardiola (instagram.com/pepteam)

Pep Guardiola adalah salah satu pelatih asal Spanyol yang sedang berkarier di Premier League. Ia datang sebagai pelatih Manchester City. Kariernya di EPL sendiri terbilang sukses. Tidak heran ia bisa menetap di sana selama hampir 7 tahun.

Di bawah asuhan Pep Guardiola, Manchester City selalu bersaing memperebutkan gelar juara. Tidak cuma di EPL, tetapi juga kompetisi lainnya, seperti Liga Champions Eropa. Sejak Guardiola bergabung pada 2016/2017, Manchester City juga mendapatkan gelar juara EPL sebanyak empat kali. Bahkan, mereka kembali bersaing memperebutkan gelar di kasta tertinggi Liga Inggris dan sejumlah kompetisi lain.

2. Mikel arteta

5 Pelatih Spanyol di EPL 2022/2023, Ada Guardiola dan ArtetaMikel Arteta (instagram.com/mikelarteta)

Arsenal tampil luar biasa pada 2022/2023 ini hingga bisa bersaing memperebutkan gelar juara Premier League. Mereka hanya terpaut beberapa poin dengan pemuncak klasemen, Manchester City. Bahkan, Arsenal sempat berada di atas sebelum disalip menjelang akhir musim. Di balik performa apik tersebut, terdapat Mikel Arteta sebagai juru taktik The Gunners.

Uniknya, Arsenal adalah klub pertama yang dilatih Arteta sebagai kepala pelatih. Mereka menunjuk Arteta sebagai kepala pelatih pada pertengahan 2019/2020. Awalnya ia tampak kesulitan membesut The Gunners yang tidak juga berprestasi. Meski begitu, pada musim keempatnya ini, Arteta berhasil bersaing untuk mendapatkan posisi tertinggi EPL.

Baca Juga: 5 Bek Kiri Spanyol yang Berkarier di Premier League 2022/2023

3. Unai Emery

5 Pelatih Spanyol di EPL 2022/2023, Ada Guardiola dan ArtetaUnai Emery (instagram.com/unaiemery_)

Unai Emery memulai karier kepelatihannya pada musim dingin 2004. Ia sempat melatih banyak klub dari berbagai negara. Emery akhirnya berlabuh di Inggris pada 2022/2023 untuk melatih Aston Villa. Ia kembali mentas di EPL setelah terakhir kali melatih Arsenal yang dinilai gagal.

Kedatangannya diharapkan dapat mendongkrak performa Aston Villa. Pasalnya, 3 tahun terakhir, The Villans selalu keluar dari peringkat sepuluh besar. Setelah Emery datang pada awal musim ini, Aston Villa bersaing mendapatkan jatah ke kompetisi Eropa.

4. Julen Lopetegui

5 Pelatih Spanyol di EPL 2022/2023, Ada Guardiola dan ArtetaJulen Lopetegui (premierleague.com)

Julen Lopetegui merupakan pelatih asal Spanyol yang berpengalaman. Ia sudah melatih sejumlah klub dan tim nasional. Selain menukangi klub Portugal, FC Porto (2014—2016), ia sempat menghabiskan waktu di LaLiga Spanyol dan Timnas Spanyol.

Baru pada November 2022, Lopetegui menandatangani kontrak dengan Wolverhampton Wanderers. Ini adalah klub Inggris pertama yang ia latih. Pada musim pertamanya ini, Lopetegui masih tertahan di papan tengah klasemen Premier League.

5. Ruben Selles

5 Pelatih Spanyol di EPL 2022/2023, Ada Guardiola dan ArtetaRubén Sellés (instagram.com/southamptonfc)

Ruben Selles dikontrak sebagai kepala pelatih Southampton pada 24 Februari 2023. Ia lebih dahulu melewati masa sebagai pelatih interim. Namun, Selles akhirnya dipercaya sebagai pelatih tetap yang diharapkan hingga akhir musim 2022/2023.

Karier kepelatihan Selles cukup panjang. Sebelum melatih Southampton, ia memulai karier kepelatihannya sebagai pelatih fisik pada 2008. Selles baru menjabat sebagai kepala pelatih tim senior tahun ini.

Pelatih Spanyol cukup punya kontribusi di klub-klub English Premier League. Jumlah pelatih berkebangsaan Negeri Matador di EPL bahkan berada di urutan kedua setelah Inggris. Pep Guardiola sementara ini menjadi yang paling lama berkiprah di Inggris.

Baca Juga: 8 Pelatih yang Kehilangan Pekerjaan di Premier League 2022/2023

Rasya Alfarizi Photo Verified Writer Rasya Alfarizi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya