Comscore Tracker

Dampak Krisis, Ini 5 Keputusan Aneh yang Diambil Barcelona

Dari melepas Messi hingga mengusir Griezmann #IDNTimesSport

Barcelona saat ini bisa dibilang sedang berada dalam fase kritis yang cukup mengkhawatirkan. Klub raksasa Spanyol ini sedang berkutat dengan masalah finansial hingga memaksa beberapa punggawa senior untuk memotong gajinya.

Bukan rahasia lagi jika kepergian Lionel Messi ke PSG merupakan dampak kinerja manajemen Barcelona yang buruk selama beberapa tahun terakhir. Fenomena pandemi Covid-19 semakin memperparah kondisi keuangan klub Catalan tersebut. 

Dampaknya, manajemen Barcelona terpaksa melakukan beberapa langkah-langkah yang terbilang kontroversial dan cukup aneh. Tidak hanya memaksa para pemainnya untuk memotong gaji dan melepas Messi secara gratis, tetapi ada beberapa keputusan aneh lainnya yang dilakukan oleh Barcelona.

Berikut ini adalah 5 keputusan aneh yang diambil oleh Barcelona.

1. Melepas Messi secara gratis

Dampak Krisis, Ini 5 Keputusan Aneh yang Diambil Barcelonapotret Lionel Messi saat masih berseragam FC Barcelona (skysports.com)

Pada musim lalu, Manchester City sudah berniat untuk mendatangkan Lionel Messi. Saat itu, kontrak Messi di Barcelona hanya tersisa satu musim saja. Artinya bursa transfer musim lalu adalah saat yang tepat untuk melepas Messi dengan imbalan uang transfer. 

Saat itu, Manchester City berniat untuk menebus Messi seharga 150 juta euro atau setara dengan Rp2,56 trilliun. Selain memberikan penawaran fantastis, Manchester City juga kabarnya siap memberikan tiga pemainnya. Tiga pemain tersebut bahkan berstatus pemain top di Manchester City, mulai dari Gabriel Jesus, Bernardo Silva, sampai Eric Garcia.

Manchester City juga berniat untuk mengikat Messi dengan kontrak 10 tahun. Sayangnya, Barcelona tetap kekeh mempertahankan Messi musim lalu. Akhirnya kontrak Messi pun berakhir musim ini. Barcelona tak kebagian sepeser pun dari hengkangnya sang mega bintang ke Paris Saint Germain.

2. Mendatangkan banyak pemain dengan gaji yang besar

Dampak Krisis, Ini 5 Keputusan Aneh yang Diambil Barcelonapotret Eric Garcia resmi berseraam FC Barcelona (skysports.com)

Pada jendela transfer musim panas ini, Barcelona bergerak aktif untuk mendatangkan pemain-pemain baru. La Braugana mendatangkan empat pemain sekaligus. Di antaranya adalah Mempis Depay dari Olympique Lyon, Emerson Royal dari Real Betis, serta Eric Garcia dan Sergio Aguero dari Manchester City.

Dari keempat pemain tersebut, hanya Emerson yang didatangkan dengan status pembelian. Sementara ketiga pemain lain datang dengan status bebas transfer.

Walaupun didatangkan secara gratis, tapi para pemain tersebut mempunyai gaji yang terbilang tinggi. Total gaji mereka bahkan melewati batas yang ditentukan oleh Financial Fair Play La Liga. Barcelona pun sempat terancam akan mengarungi kompetisi tanpa pemain yang sudah dibelinya.

Namun, Gerrard Pique hadir bak pahlawan seraya bersedia untuk bermain dengan memangkas gajinya dan rela dibayar terlambat agar Barcelona bisa mendaftarkan pemain-pemain baru mereka ke La Liga.

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Lama Membela Barcelona Saat Ini, Siapa Saja?

3. Melepas Jaume Jardi dari Barcelona B ke Real Madrid Castilla

Dampak Krisis, Ini 5 Keputusan Aneh yang Diambil Barcelonapotret Jaume Jardi saat masih berseragam FC Barcelona B (barcauniversal.com)

Baru-baru ini, Barcelona membuat keputusan aneh lainnya dengan tidak memperpanjang kontrak salah satu wonderkid mereka, Jaume Jardi di Barcelona B. Padahal, Jaume Jardi adalah top skor di Barcelona B dan diprediksi akan menjadi pemain bintang yang siap bersinar di masa depan.

Penuh bakat dan berstatus bebas transfer, Jaume Jardi segera didekati oleh klub-klub papan atas lainnya, termasuk Real Madrid Castilla. Akhirnya Real Madrid Castilla memboyong Jaume Jardi untuk bergabung dengan klub rival.

4. Tiba-tiba mempunyai hutang sebesar Rp22 triliun

Dampak Krisis, Ini 5 Keputusan Aneh yang Diambil Barcelonapotret Josep Maria Bartomeu saat memutuskan untuk mundur sebagai Presiden Barcelona (skysports.com)

Presiden Barcelona, Joan Laporta, tiba-tiba menggemparkan publik sepak bola dengan informasi keuangan Barcelona. Pada sebuah konferensi pers, Laporta menyebut kalau Barcelona sedang mengalami krisis keuangan. Sejumlah faktor di antaranya adalah berkat kinerja manajemen sebelumnya yang dipimpin oleh Josep Maria Bartomeu yang sangat buruk.

Saat itu, manajemen terdahulu mencatatkan pengeluaran yang berlebihan. Selain mengucurkan dana untuk pemain, Bartomeu juga menghabiskan dana untuk merenovasi stadion Camp Nou. Laporta juga menyebut bahwa Bartomeu menghabiskan uang untuk para pencari bakat di Amerika Selatan. 

5. Melepas Griezmann dan Emerson

Dampak Krisis, Ini 5 Keputusan Aneh yang Diambil Barcelonapotret Antonie Griezmann (skysports.com)

Keputusan aneh berikutnya yaitu memulangkan Antonie Griezmann ke klub Atletico Madrid. Kedua tim sudah sepakat terkait transfer bomber asal Prancis itu. Kabarnya, Griezmann akan berseragam Atletico Madrid hingga tahun 2022. Griezmann sendiri dilepas dengan status pinjaman dan bisa dipermanenkan di akhir masa peminjaman dengan biaya 40 juta euro atau setara Rp676 miliar.

Selain Griezmann, ada nama Emerson Royal yang dilepas oleh Barcelona ke Tottenham Hotspurs. Anehnya, Emerson ini baru saja didatangkan Barcelona di jendela transfer yang sama dengan saat ia dilepas ke Tottenham.

Barcelona sebenarnya sudah membeli Emerson pada musim 2019 yang lalu. Akan tetapi, sistem kepemilikkan Real Betis membuat Emerson harus membela Real Betis selama dua musim terlebih dahulu. Sayangnya, baru memainkan dua pertandingan bersama La Braugana, Emerson terpaksa harus dilepas oleh Barcelona ke Tottenham Hotspurs.

Itulah sejumlah keputusan aneh yang diambil oleh Barcelona. Apa tanggapanmu mengenai keputusan Barcelona saat ini?

Baca Juga: Transfer Konyol Barcelona dan Tottenham Hotspur

Revin Julian Photo Writer Revin Julian

Senang menulis walaupun masih melatih kemampuan literasi dalam berbahasa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya