Comscore Tracker

7 Fakta Menarik Bruno Fernandes, Andalan Manchester United!

Selamat ulang tahun untuk Bruno Fernandes!

3 tahun yang lalu tidak begitu banyak yang mengenal Bruno Fernandes. Namun dia layak disebut sebagai pembelian terbaik untuk Manchester United, setelah era Sir Alex Ferguson. Sejak kedatangannya di Old Trafford, eks punggawa Sporting Lisbon ini berhasil mengubah wajah setan merah yang semula sempat terdiam menjadi sebuah tim yang terus timbulkan sebuah ancaman. 

Bruno Fernandes menjadi salah satu pemain terbaik Manchester United saat ini. Pengaruh yang diberikan sungguh luar biasa, lebih dari itu ia mampu berpotensi membawa Manchester United berjaya kembali bila memang performanya sangat baik. Selain dikenal hebat di dalam lapangan, ada beberapa hal menarik lainnya yang patut diulik dari seorang Bruno Fernandes. Apa saja hal menarik tersebut? Simak artikel berikut ini.

1. Menyukai nomor 8

7 Fakta Menarik Bruno Fernandes, Andalan Manchester United!Tato nomor 8 di tangan Bruno Fernandes (givemesport.com)

Nomor 8 dianggap sebagai nomor keberuntungan oleh Bruno Fernandes. DIa bahkan mengukir nomor tersebut di lengan sebelah kanannya melalui seni tato. Bruno Fernandes mengaku senang jika bersentuhan langsung dengan nomor tersebut. Alasannya adalah karena Bruno Fernandes mulai menyukai nomor pada saat ayahnya masih bermain dengan nomor punggung 8.

Namun banyak yang bertanya pada saat ia diboyong Manchester United, kenapa dia justru menggunakan nomor punggung 18. Mengenai hal itu Bruno Fernandes mengaku terkesan dengan nomor punggung 18, alasannya adalah karena nomor tersebut merupakan hari lahir istri tercintanya. Selain itu ketika menyebut nama Manchester United, dia selalu teringat dengan sosok pemain legenda Manchester United, Paul Scholes. Yang kita tau bahwa Scholes sangat lekat dengan nomor punggung 18, kala masih membela Setan Merah.

2. Mempunyai 2 idola

7 Fakta Menarik Bruno Fernandes, Andalan Manchester United!Ronaldinho dan Cristiano Ronaldo (teamtalk.com)

Ketika ditanya soal idola, Bruno Fernandes mengaku hanya memiliki 2 idola saja, yaitu Ronaldinho dan Cristiano Ronaldo. Bruno Fernandes mengaku sangat terinspirasi dari gaya bermain Ronaldinho di atas lapangan. Baginya sebuah kebahagiaan yang luar biasa, ketika bisa menyaksikan aksi pemain sang legendaris di atas lapangan. Lebih dari itu Bruno Fernandes mengaku sangat mengagumi sosok Ronaldinho karena kepribadiannya yang murah senyum.

Kemudian sosok idola Bruno Fernandes selanjutnya adalah Cristiano Ronaldo. Ketika melihat Ronaldo bermain di atas lapangan, maka Bruno Fernandes sedang menyaksikan tentang mental bermain. Baginya, Ronaldo telah mengubah dirinya menjadi sosok pemain yang bermental baja dan akan selalu siap pada sesulit apapun pertandingan yang dia jalani. 

3. Memulai karirnya sebagai pemain belakang

7 Fakta Menarik Bruno Fernandes, Andalan Manchester United!Bruno Fernandes saat masih di Sporting Lisbon (skysports.com)

Siapa sangka bila sosok Bruno Fernandes yang kita kenal kreatif, ternyata memulai karir sepak bolanya sebagai pemain belakang. Bruno Fernandes mengakui hal itu dan dia juga mengatakan kalau dirinya selalu tampil apik ketika ditempatkan di posisi sebagai bek tengah. Keyakinannya semakin memuncak ketika ada seorang pelatih yang berkata bila Bruno Fernandes harus ditempatkan sebagai bek tengah jika ingin menjadi pemain top.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu dia tidak benar-benar ingin menjadi pemain belakang untuk kemudian mengubah posisi menjadi seorang gelandang. Hal itu bisa dilihat ketika dirinya saat ini bermain sebagai gelandang di Manchester United.

4. Menangis bahagia ketika bergabung dengan MU

7 Fakta Menarik Bruno Fernandes, Andalan Manchester United!Potret Bruno Fernandes bahagia ketika bergabung dengan Manchester United (talksport.com)

Ketika dirinya mendapat tawaran dari Manchester United, hidupnya seolah berubah 180 derajat. Bruno Fernandes merasa senang bukan main, dia merasa seperti mimpi. Bahkan saking bahagianya, Bruno Fernandes mengaku menangis ketika resmi pindah ketika diresmikan sebagai pemain setan merah. Bruno Fernandes mengatakan bila itu adalah momen paling emosional dalam hidupnya sejauh ini. Maka dari itu sulit baginya untuk membendung tangis bahagianya. 

Bruno Fernandes mengatakan bila dirinya langsung memberitahu istri tercinta, adik, ibu, dan seluruh keluarganya, bahwa dia mendapat telepon dari Manchester United. Tidak hanya itu, ketika dia mendapat telepon itu pun dia mulai menangis bahagia, karena dia telah berjuang selama ini untuk bisa memulai karirnya sebagai seorang pemain profesional dengan mewujudkan mimpi terbesarnya, yaitu bergabung dengan Manchester United.

5. Memiliki poster Stephen Ireland di kamarnya

7 Fakta Menarik Bruno Fernandes, Andalan Manchester United!Bruno Fernandes dan Stephen Ireland (twitter.com/@MirrorFootball)

Meski bermimpi menjadi pemain Manchester United dan sudah menjadi bintang di sana, Bruno Fernandes pernah memiliki poster pemain bernama Stephen Ireland. Stephen Ireland merupakan pemain yang begitu lekat dengan Manchester City. Dia merupakan sosok pemain gelandang yang kepopulerannya cukup membius penggemar Liga Premier Inggris pada saat itu. Fakta tersebut langsung disampaikan Ireland pada tahun 2020 lalu. 

Stephen Ireland mengatakan bila saat Bruno Fernandes masih kecil, dia bermain Football Manager dan selalu mengontrak Ireland untuk bermain dan Bruno Fernandes juga memiliki poster Stephen Ireland di kamarnya. Tak heran jika Stephen Ireland merupakan pemain yang begitu Bruno Fernandes suka, saat Stephen Ireland masih membela Manchester City.

6. Bruno Fernandes tidak punya rahasia penalti

7 Fakta Menarik Bruno Fernandes, Andalan Manchester United!Potret Bruno Fernandes saat mengeksekusi tendangan penalti (90min.com)

Tidak dipungkiri bila nama Bruno Fernandes sangat lihai dalam menjadi eksekutor tendangan penalti. Bila diperhatikan dia memiliki teknik penalti yang cukup unik dan berbeda dari yang lainnya. Bahwa sulit bagi kiper untuk mengantisipasi gaya penalti seperti yang dilakukan oleh Bruno Fernandes. Namun ketika ditanya, Bruno Fernandes mengaku tidak memiliki teknik rahasia apapun dia justru mengatakan bahwa hal tersebut tidak datang secara tiba-tiba.

Dia selalu mengasah kemampuan penaltinya, sehingga dia terlihat tenang ketika sedang mengeksekusi tendangan penaltinya dalam sebuah pertandingan. Juan Mata dan Ole Gunnar Solksjaer juga membenarkan kalau Bruno Fernandes selalu mengasah kemampuan dalam menendang penaltinya dalam latihan. 

7. Belajar bahasa Italia sendiri

7 Fakta Menarik Bruno Fernandes, Andalan Manchester United!Potret Bruno Fernandes dan Paul Pogba (skysports.com)

Pada tahun 2012, Bruno Fernandes dilepas oleh Boavista. Hal tersebut membuat dirinya menerima tawaran tim asal Italia, Novara. Namun bermain di liga Italia membuatnya cukup kesulitan setelah dia tidak bisa berbahasa Italia. Bukannya memilih untuk mengikuti kursus, Bruno Fernandes justru mempelajari bahasa Italia dari dirinya sendiri. Dia semangat belajar bahasa Italia agar bisa berkomunikasi baik dengan orang-orang di sana. 

Dikabarkan bahwa Bruno Fenandes belajar bahasa Italia dengan metode mencatat. Dia akan mencatat setiap kata baru yang di dapat, untuk kemudian terus dipelajarinya. Hal itu pun cukup membuatnya pandai berbahasa Italia, meski karirnya tidak dipandang begitu luar biasa.

Itulah sederet fakta menarik tentang Bruno Fernandes. Bagaimana menurutmu mengenai ke-7 fakta yang dimiliki oleh pemain asal Portugal ini? 

Revin Julian Photo Writer Revin Julian

Senang menulis walaupun masih melatih kemampuan literasi dalam berbahasa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya