Comscore Tracker

5 Kiper Serie A dengan Clean Sheet Terbanyak Sepanjang Masa, Brilian!

Kualitas kiper hebat sepanjang karier bersama klub Serie A

Serie A menjadi panggung besar negara Italia dalam menghadirkan sepak bola. Banyak talenta muda hingga tua bertanding satu sama lain dalam memperebutkan gelar. Serie A memiliki ikon utama dalam membina para pemain hingga masa tuanya.

Klub-klub hebat masing-masing memiliki kiper utama dalam menghadang banyak tembakan dan salah satunya dengan menciptakan clean sheet. Berikut 5 kiper terbaik Serie A yang sukses merajai papan clean sheet sepanjang masa. Siapa sajakah mereka?

Baca Juga: 5 Kiper Premier League Terbaik Musim Ini, Ada Emiliano Martinez

1. Gianluca Pagliuca - 194 Clean Sheets

5 Kiper Serie A dengan Clean Sheet Terbanyak Sepanjang Masa, Brilian!fcinter1908.it

Gianluca Pagliuca merupakan kiper asal Italia yang sangat diunggulkan pada masanya. Ia meraih masa kejayaan bersama Inter dan Sampdoria. Pagliuca memiliki persentase clean sheet yang cukup baik, yakni sebanyak 32,6%.

Raihan trofi yang ia persembahkan untuk Sampdoria antara lain berupa Coppa Italia pada musim 1990/1991. Bersama Inter ia sanggup membawa trofi UEFA Cup pada tahun 1997.

2. Giovanni Galli - 211 Clean Sheets

5 Kiper Serie A dengan Clean Sheet Terbanyak Sepanjang Masa, Brilian!twitter.com/UEFAcom_it

Giovanni Galli merupakan kiper legendaris AC Milan yang diboyong Arigo Sacchi dari Fiorentina pada musim 1986/1987. Galli meraih kesuksesannya bersama Fiorentina, AC Milan, dan Napoli.

Persentase clean sheet yang ia raih dengan rata-rata 42,5% itu berhasil membawa AC Milan meraih trofi European Cup. Dirinya juga banyak memberikan raihan positif pada tahun 1995 bersama Parma dengan membawa pulang trofi UEFA Cup.

3. Enrico Albertosi - 238 Clean Sheets

5 Kiper Serie A dengan Clean Sheet Terbanyak Sepanjang Masa, Brilian!thesefootballtimes.co

Enrico Albertosi menjadi bagian penting dari Cagliari hingga AC Milan. Era 1965 hingga 1980 menjadi masa keemasan Albertosi dengan berhasil meraih banyak gelar seperti Coppa Italia dan trofi Serie A.

Ia juga ikut andil dalam Euro 1968 bersama Timnas Italia dan berhasil memenangkannya. Enrico Albertosi berhasil mencatatkan 237 clean sheet dengan persentase sebanyak 44.7%.

4. Dino Zoff - 276 Clean Sheets

5 Kiper Serie A dengan Clean Sheet Terbanyak Sepanjang Masa, Brilian!twitter.com/futebol_lendas

Dino Zoff merupakan kiper hebat yang pernah dimiliki oleh Juventus. Selama hampir 10 tahun membela Juventus, Dino Zoff berhasil mempersembahkan enam trofi domestik dan trofi UEFA Cup di tahun 1977.

Dino Zoff juga berhasil meraih juara Piala Dunia 1982 dan pada saat itu dirinya memegang jabatan kapten serta usianya yang sudah menginjak 40 tahun. Catatan apik Dino Zoff berhasil diukir dengan persentase clean sheet sebesar 48.8%.

5. Gianluigi Buffon - 298 Clean Sheets

5 Kiper Serie A dengan Clean Sheet Terbanyak Sepanjang Masa, Brilian!indianexpress.com

Gianluigi Buffon menjadi satu-satunya kiper hebat yang masih aktif di usianya yang menginjak 42 tahun. Kini, Buffon sudah mengoleksi tambahan 2 clean sheets di musim ini dan tentu menjadi sebuah keberhasilan besar bagi Buffon.

Buffon mempunyai persentase clean sheets 45.6% dan dirinya mempunyai tujuan penting di musim ini, yakni meraih trofi Champions League. Kesempatan terakhir tersebut akan dimaksimalkan Buffon dengan baik karena trofi tersebut belum diraih sama sekali oleh Buffon.

 

Kelima kiper tersebut memang menjadi salah satu andalan dan bahkan sebagai yang terbaik di Serie A. Mereka mampu mengedepankan konsistensi yang tinggi untuk berada di level yang tinggi.

Baca Juga: 10 Pemain yang Menjadi Bintang Setelah Berganti Posisi, Ada Buffon!  

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya