Comscore Tracker

5 Kiper Utama Juventus di Abad ke-20 Sebelum Era Buffon Dimulai

Beberapa kiper hebat dan melegenda sebelum kedatangan Buffon

Juventus telah melahirkan banyak bakat sepak bola melalui kiper terbaiknya di kompetisi domestik hingga Eropa. Beberapa pemain penting yang berposisi kiper inilah yang membuat kekuasaan Timnas Italia sangat dominan dalam setiap pertandingan.

Bibit-bibit yang tumbuh dari seorang kiper menjadi salah satu fondasi kuat dari Juventus untuk meraih banyak gelar domestik. Era Buffon bisa dibilang bertahan lebih lama daripada generasi sebelumnya. Berikut lima kiper utama Juventus yang bermain pada abad ke-20 sebelum Buffon bermain untuk Juventus.

Baca Juga: 5 Kiper Terbaik di LaLiga Musim 2020/2021, Salah Satunya Kiper Sevilla

1. Edwin van der Sar (1999--2001)

5 Kiper Utama Juventus di Abad ke-20 Sebelum Era Buffon Dimulaigoal.com

Edwin van der Sar bisa dikatakan pernah mendapat perhatian dari salah satu klub, yakni Juventus. Klub asal Turin ini tertarik memboyong van der Sar sebagai pengganti Peruzzi pada tahun 1999.

Van der Sar saat itu mendapat perhatian publik sepak bola karena penampilan apiknya bersama Ajax Amsterdam. Namun, dirinya hanya bertahan selama dua tahun di Juventus karena performa yang kurang konsisten, terutama dalam laga-laga penting.

2. Angelo Peruzzi (1991--1999)

5 Kiper Utama Juventus di Abad ke-20 Sebelum Era Buffon Dimulaiibianconeri.it

Angelo Peruzzi menjadi saksi prestasi besar Juventus dalam meraih trofi Liga Champions pada tahun 1996. Peruzzi bahkan sanggup membawa Juventus meraih masa kejayaan bersama para bintang lainnya.

Pada tahun 1990-an, banyak klub Serie A yang naik pamor dan saling bersaing memperebutkan Scudetto. Salah satu pesaing kuat Juventus adalah AC Milan yang terus konsisten mengejar trofi domestik hingga Eropa.

3. Stefano Tacconi (1983--1992)

5 Kiper Utama Juventus di Abad ke-20 Sebelum Era Buffon Dimulaisportnews.eu

Stefano Tacconi merupakan pengganti Dino Zoff yang memutuskan pensiun pada tahun 1983. Tacconi dibeli Juventus dari Avellino dan berhasil memberikan penampilan terbaiknya bersama Juventus.

Selama 9 tahun membela Juventus, Tacconi mampu mempersembahkan trofi Liga Champions hingga trofi domestik yang sangat bergengsi bagi Juventus pada saat itu.

4. Dino Zoff (1972--1983)

5 Kiper Utama Juventus di Abad ke-20 Sebelum Era Buffon Dimulaifootballwhispers.com

Dino Zoff merupakan salah satu kiper terbaik Italia sepanjang sejarah dan juga menjadi kiper yang patut disandingkan dengan Gianluigi Buffon hingga sekarang. Performa kiper tersebut memang patut diacungi jempol dan selalu menjadi pilihan utama banyak pelatih.

Dino Zoff membela Juventus selama 11 musim dan dirinya mampu mempersembahkan banyak gelar bagi klub asal Turin tersebut. Zoff juga menjadi pilihan utama bagi Timnas Italia dalam setiap turnamen internasional.

5. Pietro Carmignani (1971--1972)

5 Kiper Utama Juventus di Abad ke-20 Sebelum Era Buffon Dimulaiilnapolista.it

Pietro Carmignani berada pada fase transisi dari Juventus untuk mendapatkan kiper yang layak untuk menghiasi kekuatan terbaik di panggung Serie A Italia. Dirinya memberikan penampilan yang tidak begitu buruk selama satu tahun kariernya bersama Juventus.

Itulah lima kiper Juventus yang berada pada fase sebelum Gianluigi Buffon direkrut Juventus dari Parma tahun 2001. Juventus sudah memiliki tradisi hebat dengan banyak kiper legendaris yang selalu menjadi yang terbaik pada masanya.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Juventus yang Tampil Bersinar Musim Ini, Siapa Saja?

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya