Comscore Tracker

5 Alasan Pochettino Dianggap Layak untuk Menggantikan Solskjaer

Pochettino dikabarkan tertarik melatih Setan Merah

Manajemen Manchester United sedang mempersiapkan pelatih baru yang dianggap dapat menggantikan peran Ole Gunnar Solskjaer kedepannya. Kondisi jatuh bangun yang dialami klub membuat keputusan manajemen untuk mempercayakan masa depan Solskjaer dianggap akan lebih sulit. Salah satu kandidat yang dianggap layak untuk menggantikan Solskjaer yakni Mauricio Pochettino, berikut 5 alasannya.

1. Pochettino punya kontribusi besar dalam mengembangkan talenta para pemain muda Manchester United

5 Alasan Pochettino Dianggap Layak untuk Menggantikan Solskjaertwitter/SpursOfficial

Mauricio Pochettino sebagai mantan pelatih Tottenham Hotspur dianggap memiliki komunikasi yang sangat baik dengan para pemain muda. Dirinya mampu mengembangkan talenta para pemain muda dengan sangat baik secara mental maupun fisik. Ketika melatih Tottenham Hotspur, Pochettino memberikan banyak peluang bagi para pemain muda Spurs untuk mendapatkan tempat utama di timnas Inggris.

Salah satu jebolan terbaik yang pernah dilatih Pochettino yakni Harry Kane dan Dele Alli. Kedua pemain tersebut bahkan menjadi penyerang hebat yang sangat diwaspadai tim lawan ketika bertanding. Mereka memiliki rasa kepercayaan yang sangat tinggi kepada Pochettino sehingga dapat mengeluarkan talenta untuk sepakbola dengan sangat baik.

2. Pochettino memiliki jiwa kepelatihan yang sangat antusias dan mengedepankan sepakbola atraktif

5 Alasan Pochettino Dianggap Layak untuk Menggantikan Solskjaerutdreport.co.uk

Manchester United belum dapat bermain atraktif, karena sepakbola yang dimainkan hanyalah sepakbola pragmatis. Gaya pragmatis yang diterapkan Ole Gunnar Solskjaer hanya mampu memberikan perlawanan besar kepada tim-tim yang melakukan skema menyerang secara penuh. Di saat bermain dengan tim pragmatis, maka gaya permainan Setan Merah justru semakin tenggelam dan tak bisa mengunci kemenangan.

Gaya pragmatis tentu tidak dapat sepenuhnya dilakukan pada setiap pertandingan. Gaya permainan ini cenderung akan membawa para pemain untuk sering kehilangan bola sehingga penguasaan bola akan lebih minim dan Pochettino dianggap dapat mengubah kelemahan tersebut.

Gaya atraktif yang dipergunakan Pochettino dapat mengubah kelemahan Manchester United yang kurang disiplin saat bermain melawan tim papan tengah. Penguasaan bola dan gaya kick and rush akan menjadi faktor penting untuk bersaing dengan tim papan atas seperti Liverpool dan Manchester City.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Menangani Manchester United Setelah Sir Alex Ferguson

3. Pochettino memiliki track record kepelatihan yang sangat baik bersama Tottenham Hotspurs

5 Alasan Pochettino Dianggap Layak untuk Menggantikan Solskjaertwitter/IntChampionsCup

Pochettino memiliki persentase kemenangan sekitar 57 % dari semua laga bersama Tottenham Hotspur. Raihan tersebut akan menjadi tolak ukur manajemen Manchester United dalam memberikan kepercayaan kepada pelatih asal Argentina tersebut untuk melatih klub bersejarah seperti Manchester United.

Pochettino juga sempat membawa Tottenham Hotspur di final Liga Champions 2018/19 melawan Liverpool. Walaupun menjadi runner-up pada laga tersebut, namun hal itu menjadi prestasi tertinggi Pochettino dengan kedalaman skuad yang kurang layak untuk bersaing justru dapat membungkam publik dengan taktik dan strategi yang baik untuk meraih pencapaian terbesar dalam karir kepelatihannya.

4. Pochettino konsisten dalam membawa Spurs finish lima besar Liga Inggris sejak awal kepelatihan

5 Alasan Pochettino Dianggap Layak untuk Menggantikan Solskjaertwitter/SpursOfficial

Pochettino mulai melatih Spurs pada musim 2014/15. Dirinya mengubah realitas Spurs sesungguhnya. Pada musim awal kepelatihannya bersama Spurs, dirinya mampu finish di urutan kelima Liga Inggris. Spurs yang semula diremehkan untuk bersaing dalam tahta Liga Inggris justru menjadi kuda hitam sesungguhnya.

Dengan skuad yang minim bintang dan minim pembelian, Pochettino mampu menunjukkan kualitasnya dengan skuad yang sudah ada dan mengembangkan taktik yang berbeda dengan banyak variasi.

5. Pochettino dianggap layak untuk menyelesaikan masalah lini pertahanan Setan Merah

5 Alasan Pochettino Dianggap Layak untuk Menggantikan Solskjaertwitter/vlindelof

Saat bersama Spurs, Pochettino mengubah dua bek asal Belgia yakni Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld menjadi bek solid untuk menjaga barisan pertahanan. Manchester United masih memiliki pekerjaan besar pada lini pertahanan yang diisi Harry Maguire dan Victor Lindelof. Dengan adanya Pochettino akan memberikan dampak yang besar untuk mengembalikan sifat bek agresif yang dimiliki Manchester United seperti masa-masa sebelumnya.

Mauricio Pochettino telah memiliki banyak pengalaman yang dinilai pantas untuk menggeser kursi kepelatihan Solskjaer. Dalam ultimatum yang diberikan manajemen Manchester United, Solskjaer masih memiliki kesempatan untuk mengembalikkan kualitasnya seperti yang ia tunjukkan saat menjadi caretaker Setan Merah. 

Baca Juga: Setahun Solksjaer di Manchester United, Begini Rapornya

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya