7 Bek Terbaik AC Milan Sepanjang Masa, Ada Generasi Maldini

Ayah dan anak yang bersinar bersama AC Milan

AC Milan memiliki banyak generasi emas pada beberapa dekade sebelumnya. Mereka tumbuh dan lahir dalam dunia sepak bola di salah satu kota terbesar Italia, yakni Milan. Klub bersejarah yang memiliki banyak prestasi di kancah Eropa.

Salah satu tembok pertahanan yang sangat solid dimiliki klub AC Milan sehingga menjadi momok bagi tim sekaliber FC Barcelona yang kala itu dilatih Johan Cruyff. AC Milan punya produktivitas yang tinggi dengan skema catenaccio. 

Skema tersebut akan berjalan jika sebuah tim memiliki lini pertahanan yang sangat baik. Maka dari itu, AC Milan memiliki beberapa pemain hebat di lini pertahanan. Ada tujuh pemain AC Milan yang disebut sebagai bek terbaik sepanjang masa, yuk kita simak berikut ini.

1. Paolo Maldini

7 Bek Terbaik AC Milan Sepanjang Masa, Ada Generasi Maldinisempremilan.com

Paolo Maldini sebagai bek terbaik sepanjang masa AC Milan. Maldini bermain dalam 902 pertandingan bersama klub sejak karier senior pertamanya di tahun 1984. Paolo didapuk sebagai penerus Cesare Maldini.

Dapat diketahui, Cesare Maldini merupakan ayah dari Paolo Maldini yang sama-sama merumput dan loyal kepada AC Milan. Saking hebatnya Paolo Maldini, nomor punggung 3 yang dikenakan Maldini harus dipensiunkan oleh AC Milan sebagai rasa hormat atas kontribusinya selama dua dekade membela klub berjulukan Rossoneri tersebut.

2. Franco Baresi

7 Bek Terbaik AC Milan Sepanjang Masa, Ada Generasi Maldinigoal.com

Franco Baresi membela AC Milan selama 20 tahun. Dirinya merupakan lulusan akademi AC Milan di tahun 1977 dan langsung dipromosikan ke tempat utama. Baresi bermain di era terbaik AC Milan yang berisi pemain bintang sekitar tahun 1990-an.

Generasi emas AC Milan berisikan bek tengah terbaik seperti Baresi, Maldini, Costacurta, dan Tassotti. Kerja sama yang sangat apik dari keempat bek tersebut sehingga mampu melengserkan kejayaan Barcelona yang saat itu dilatih Johan Cruyff di kancah Eropa.

3. Alessandro Costacurta

7 Bek Terbaik AC Milan Sepanjang Masa, Ada Generasi Maldinisempremilan.com

Costacurta berposisi sebagai bek tengah bersama Franco Baresi. Costacurta memulai karir seniornya di tahun 1986 dan membela Rossoneri selama 21 tahun. Costacurta hanya mengoleksi tiga gol selama berkarier di AC Milan.

Torehan tersebut bukan menjadi masalah bagi dirinya karena Costacurta berpartisipasi lebih banyak di area pertahanan ketimbang Franco Baresi yang lebih aktif untuk membantu skema serangan AC Milan.

Baca Juga: 5 Penjualan Pemain Termahal AC Milan Sepanjang Sejarah, Kaka Teratas

4. Giovanni Trapattoni

7 Bek Terbaik AC Milan Sepanjang Masa, Ada Generasi Maldiniforzaitalianfootball.com

Trapattoni telah memainkan 339 penampilan bersama AC Milan dan berada pada fase kejayaan di tahun 1960-an bersama Cesare Maldini. Kedua pemain ini saling bertukar pikiran dengan sangat baik di lapangan.

Trapattoni tidak hanya menjadi bek tengah, dirinya juga bisa bermain sebagai gelandang bertahan. Peran vital dari Trapattoni dapat terlihat dalam skema bertahan ataupun skema menyerang yang dilakukan timnya, AC Milan.

5. Cesare Maldini

7 Bek Terbaik AC Milan Sepanjang Masa, Ada Generasi Maldiniocchionotizie.it

Cesare Maldini merupakan ayah dari Paolo Maldini. Meskipun tak sebaik anaknya, Cesare Maldini bisa dikatakan sebagai motivator penting bagi anaknya untuk menjadi seorang bek sejati yang komplit di segala kondisi.

Kebesaran nama Maldini sangat melekat bagi publik AC Milan. Mereka menjadi salah satu ikon besar bagi sejumlah tim top Eropa untuk mempelajari cara bertahan dan strategi bertahan yang baik dan benar.

Cesare Maldini telah mengoleksi 412 penampilan dan berhasil mempersembahkan empat trofi Serie A dan satu trofi European Cup di musim 1962/63.

6. Alessandro Nesta

7 Bek Terbaik AC Milan Sepanjang Masa, Ada Generasi Maldinigoal.com

Alessandro Nesta menjadi salah satu andalan Rossoneri dalam satu dekade membela AC Milan. Nesta menjadi tandem yang sangat solid bersama Paolo Maldini sejak tahun 2002 dan mempersembahkan banyak trofi.

Nesta dan Maldini menjadi duet bek yang sangat solid di lini belakang. Kehadiran dua bek ini membawa AC Milan meraih dua trofi Champions League di tahun 2003 dan 2007. Masa keemasan AC Milan yang sulit untuk dikalahkan di pentas Eropa.

7. Cafu

7 Bek Terbaik AC Milan Sepanjang Masa, Ada Generasi Maldinigoodfon.com

Cafu hanya membela AC Milan selama 5 tahun. Tapi, kehadiran di AC Milan menambah amunisi baru bagi Carlo Ancelotti untuk lebih bersaing secara ketat di panggung domestik sehingga mereka dapat meraih lebih banyak trofi dalam satu musim.

Cafu memiliki catatan apik bersama timnas Brasil dan dirinya juga berhasil memberikan atmosfir yang luar biasa bersama AC Milan. Posisi sebagai wing back lebih dominan bagi Cafu dibandingkan sebagai full back.

Posisi yang lebih menyerang membuat AC Milan tentu sangat membutuhkan jasanya agar aliran bola lebih padu hingga ke lini depan dengan umpan-umpan manja melalui kaki Cafu di sisi kanan.

 

Pesona AC Milan di mata dunia sangat terlihat jelas ditambah para bek legendaris yang selalu mengisi tempat dalam beberapa dekade terakhir. Banyak yang berekspektasi bahwa AC Milan akan segera meraih kejayaan seperti yang Paolo Maldini lakukan dalam dua dekade bersama Rossoneri

Baca Juga: 10 Pemain dengan Penampilan Terbanyak Bersama AC Milan, Siapa Saja?

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya