Comscore Tracker

5 Kiper Manchester United Terbaik di Era Sir Alex Ferguson, Konsisten!

Memiliki kualitas dan mental yang sama baiknya

Manchester United memiliki masa keemasan di bawah Sir Alex Ferguson. Tak jarang, banyak sikap dan temperamental dari para pemain yang mengalir demi sebuah tujuan. Tujuan yang mereka inginkan tak lain untuk meraih juara di semua kompetisi.

Peran besar kiper pada saat itu memang sangat legendaris dan dibutuhkan untuk menggagalkan banyak serangan lawan. Ada lima kiper terbaik yang pernah berjaya di bawah naungan Sir Alex Ferguson. Ada siapa saja?

1. Peter Schmeichel

5 Kiper Manchester United Terbaik di Era Sir Alex Ferguson, Konsisten!eurosport.com

Peter Schmeichel masuk dalam daftar generasi emas tahun 1992. Dirinya menjadi salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Torehan dan kesuksesannya itu yang membuat Setan Merah mampu meraih treble winners di tahun 1998.

Pemain yang memiliki sikap temperamental tersebut ternyata juga memberikan dampak yang inklusif bagi Manchester United. Maka dari itu, kepergian Schmeichel dirasa sulit untuk diterima banyak pihak.

2. Edwin van der Sar

5 Kiper Manchester United Terbaik di Era Sir Alex Ferguson, Konsisten!goal.com

Edwin van der Sar menjadi tulang punggung Setan Merah sejak tahun 2005. Dirinya menggantikan posisi Fabien Barthez yang hengkang pada tahun tersebut. Peran besarnya mulai mencolok ketika musim 2007/2008.

Manchester United saat itu berhasil menjuarai Liga Champions setelah mengalahkan Chelsea pada babak adu penalti. Jasa besar kiper asal Belanda ini dikenang banyak fans karena aksinya dalam menyelamatkan beberapa tendangan penalti dari pemain Chelsea.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Asuhan Sir Alex Ferguson yang Gagal sebagai Pelatih

3. David De Gea

5 Kiper Manchester United Terbaik di Era Sir Alex Ferguson, Konsisten!goal.com

David De Gea sebagai salah satu kiper era modern yang pernah bermain bersama Sir Alex Ferguson selama dua tahun. Sir Alex tahu persis kemampuan yang dimiliki oleh De Gea ketika masih bermain di Atletico Madrid.

Rekrutan terbaik yang dimiliki Sir Alex tentu tidak tergantikan dan masih aktif bermain untuk menjaga gawang Manchester United dari kebobolan.

4. Fabien Barthez

5 Kiper Manchester United Terbaik di Era Sir Alex Ferguson, Konsisten!passed.fr

Fabien Barthez didapuk menjadi pengganti Peter Schmeichel yang hengkang pada saat itu. Barthez sempat diragukan banyak pihak karena mengalami pasang surut performa di beberapa pertandigan pertama.

Barthez sebenarnya sudah mencicipi masa keemasannya bersama timnas Prancis yang kala itu menjuarai Piala Dunia. Selang beberapa tahun, Barthez dapat menunjukkan kualitasnya sebagai kiper utama dan dipercayakan Sir Alex selama 4 tahun.

5. Raimond van der Gouw

5 Kiper Manchester United Terbaik di Era Sir Alex Ferguson, Konsisten!manutd.com

Kekosongan posisi kiper utama semenjak hengkangnya Peter Schmeichel justru membuat Sir Alex merasa kebingungan. Dirinya memilih Raimond van der Gouw sebagai kiper utama sementara hingga menemukan kiper terbaik untuk tahun-tahun berikutnya.

Posisi kiper utama yang diraih van der Gouw ternyata sedikit berbuah manis meskipun pada akhirnya dirinya terdepak karena peran Fabien Barthez yang lebih optimal bagi Setan Merah.

 

Kiper hebat Manchester United menjadi salah satu kiper unggulan yang dimiliki Sir Alex Ferguson sepanjang karirnya. Awalnya diragukan, tapi kemampuannya patut dipuji di atas lapangan. Kesuksesan Setan Merah pada saat itu diawali dengan kehebatan para kiper pada saat itu.

Baca Juga: 10 Kiper Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa, Produktif!

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Believe with Your Result

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya