Comscore Tracker

6 Pemain Britania Raya yang Pernah Membela Juventus Sepanjang Sejarah

Adakah pemain favoritmu?

Pemain yang punya jam terbang yang tinggi dan sangat berkualitas akan selalu direkrut tim papan atas di segala penjuru Eropa. Juventus pernah menjadi tim papan atas yang menggunakan jasa pemain asal Britania Raya.

Pemain Britania Raya memiliki filosofi menyerang yang sangat cepat sehingga tak heran jika adaptasi sepak bola antara Italia dan Inggris akan jauh berbeda. Meski jarang, namun berikut ini ternyata ada enam pemain Britania Raya yang pernah membela Juventus sepanjang sejarah.

1. William Johnny Jordan (1948-1949)

6 Pemain Britania Raya yang Pernah Membela Juventus Sepanjang Sejarahtheguardian.com

William Johnny Jordan merupakan pemain pertama asal Britania Raya yang memulai kariernya bersama Juventus. William pada saat itu mendapatkan perhatian dari Juventus ketika berhasil mencetak 10 gol dalam satu musim di Divisi Kedua Liga Inggris.

Saat itu, dirinya masih membela Tottenham Hotspur dengan bermain sebanyak 24 penampilan. Penampilan apik tersebut tak bisa dilakukan bersama Juventus sehingga dirinya hanya bertahan selama satu musim saja.

2. John Charles (1957-1962)

6 Pemain Britania Raya yang Pernah Membela Juventus Sepanjang Sejarahtelegraph.co.uk

John Charles bisa menjadi teladan bagi pemain Britania Raya lainnya untuk mengemban tugas secara penuh di kompetisi Italia. Dirinya berhasil mendapatkan tempat yang layak bersama Juventus.

Penampilan apik John sudah dirasakan ketika membela Leeds di tahun 1953 hingga 1954 dengan catatan 42 gol dari 39 penampilan. Hal ini membuat Juventus tertarik untuk memboyongnya di tahun 1957.

Selama membela Juventus, Charles berhasil mempersembahkan scudetto sebanyak tiga kali dalam lima tahun. Dirinya juga mencetak 108 gol dari 155 pertandingan yang membuat dirinya pernah mendapatkan posisi ketiga dalam urutan peraih Ballon d'Or 1959.

3. Liam Brady (1980-1982)

6 Pemain Britania Raya yang Pernah Membela Juventus Sepanjang Sejarahindependent.ie

Liam Brady merupakan mantan pemain Arsenal yang pernah membela Juventus di era 1980-an. Brady sendiri memiliki jejak karier yang sama seperti Aaron Ramsey karena berasal dari Arsenal di musim sebelum membela Juventus.

Perjalanan karier Brady hanya bertahan selama dua musim saja karena aturan dan kebijakan pemain yang dilayangkan Serie A akan menyulitkan banyak pemain asing. Dirinya pun menuju Sampdoria di tahun 1982.

Baca Juga: Dibeli Mahal Juventus, 5 Pemain Ini Gagal Memberikan Kontribusi Nyata

4. Ian Rush (1986-1988)

6 Pemain Britania Raya yang Pernah Membela Juventus Sepanjang Sejarahedition.cnn.com

Ian Rush pernah membela Juventus selama dua musim, namun tak sepenuhnya membela Juventus di dua musim penuh secara bersamaan. Ian Rush tak bisa bersinar seperti yang ia lakukan bersama Liverpool.

Rush bukanlah pemain yang pintar mencari celah di lini pertahanan lawan. Kompetisi Serie A saat itu sangatlah defensif dan sulit untuk mencetak banyak gol. Hal ini memaksa Rush untuk segera kembali bersama Liverpool karena kompetisi Italia tersebut lebih sulit dibandingkan di Inggris.

5. David Platt (1992-1993)

6 Pemain Britania Raya yang Pernah Membela Juventus Sepanjang Sejarahtheversed.com

David Platt pertama kali hengkang ke kompetisi Serie A bersama klub Bari setelah meraih masa kesuksesannya bersama Aston Villa. Pertama kali menjajakkan kakinya di Bari sangatlah mengesankan.

Performa David Platt mendapatkan kehangatan dari Juventus yang segera memboyongnya di tahun 1992. Kepindahan tersebut membuat petualangan karier Platt semakin sulit karena banyaknya pemain bintang yang sulit tergantikan di posisi utama.

Hal ini membuat Platt semakin tersingkirkan dengan minimnya jam terbang. Pada musim berikutnya, Platt akhirnya memutuskan untuk hengkang dari Juventus menuju Sampdoria pada tahun 1993.

6. Aaron Ramsey (2019-sekarang)

6 Pemain Britania Raya yang Pernah Membela Juventus Sepanjang Sejarahdailycannon.com

Aaron Ramsey merupakan pemain era modern yang menjadi pemain Juventus keenam dari Britania Raya. Perjalanan karier Ramsey dimulai di tahun 2019 setelah hengkang dari Arsenal karena beberapa hal.

Ramsey punya catatan yang cukup baik dan semakin berkembang pada musim ini. Meskipun kurang menit bermain, Ramsey harus memacu kebugarannya agar lebih optimal dan lebih sering dimainkan oleh Andrea Pirlo.

 

Sulitnya bermain di kompetisi Italia akan sangat dirasakan dampaknya bagi pemain asal Britania Raya. Filosofi yang saling berlawanan juga memicu beberapa pemain sulit mendapatkan tempat utama, ditambah kebijakan masa lampau yang sangat merugikan beberapa pemain luar Italia dan mendapatkan banyak perubahan di era sepak bola modern seperti sekarang. 

Baca Juga: Selain Ramsey, 5 Pemain Ini Juga Didatangkan Juventus Secara Gratis

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya