5 Pemain Polandia yang Pernah Bela Dortmund Sepanjang Masa

Ada yang menjadi superstar dan menjadi legenda hebat

Borussia Dortmund memiliki dominasi yang cukup panjang sebagai pesaing kuat Bayern Munchen dalam kasta domestik hingga sekarang. Apalagi mereka juga memiliki pertaruhan besar dalam menaruh harapan ke pemain asal Polandia.

Jurgen Klopp bisa dikatakan sebagai penggagas utama dalam merekrut pemain Polandia yang pada saat itu kurang begitu diperhatikan. Berikut ada lima pemain Polandia yang pernah membela Borussia Dortmund sepanjang masa. Siapa saja?

1. Robert Lewandowski

5 Pemain Polandia yang Pernah Bela Dortmund Sepanjang Masanytimes.com

Robert Lewandowski menjadi pemain bintang sepak bola hingga sekarang. Dirinya meraih puncak performa kala membela Borussia Dortmund. Jurgen Klopp saat itu sangat lihai dalam merekrut Lewandowski dari Lech Poznan.

Berkat Lewandowski, Borussia Dortmund sempat mengalahkan tim papan atas layaknya Real Madrid dan berhasil mencapai partai final Liga Champions melawan Bayern Munchen. Pada akhirnya, Lewandowski harus hengkang ke klub rival untuk menempa kariernya lebih baik lagi.

2. Jakub Blaszczykowski

5 Pemain Polandia yang Pernah Bela Dortmund Sepanjang Masableacherreport.com

Jakub Blaszczykowski bergabung dalam skuad Borussia Dortmund di tahun 2007. Semusim setelahnya, Jurgen Klopp menduduki kursi kepelatihan dan merombak skuad dengan begitu brilian.

Klopp berhasil memanfaatkan skill pemain ini dengan sangat baik di tengah lapangan. Dengan postur badan yang mungil, perannya begitu sentral untuk mengalirkan bola ke lini depan dan membantu serangan.

Baca Juga: 6 Pemain Sepak Bola yang 'Balik Kucing' ke Borussia Dortmund

3. Sebastian Tyrala

5 Pemain Polandia yang Pernah Bela Dortmund Sepanjang Masaskysports.com

Sebastian Tyrala merupakan pemain jebolan akademi Borussia Dortmund. Dirinya tergabung dalam tim senior pada tahun 2005 dan hanya bertahan selama tiga musim saja sebelum kedatangan Jurgen Klopp ke Dortmund.

Tyrala hanya mendapatkan tempat utamanya di kasta kedua Liga Jerman. Hal ini menunjukkan betapa sulitnya pemain Polandia untuk berkembang saat itu. Dirinya juga kurang begitu mencolok dalam sejarah permainannya bersama Dortmund.

4. Ebi Smolarek

5 Pemain Polandia yang Pernah Bela Dortmund Sepanjang Masasportowefakty.wp.pl

Ebi Smolarek merupakan pemain anyar yang dimiliki Feyenoord dan meraih beberapa gelar bersama Feyenoord. Kepindahannya ke Borussia Dortmund gagal memenuhi ekspetasi banyak penggemar pada tahun pertamanya.

Seiring berjalannya waktu, Smolarek mampu bermain sangat solid sebagai penyerang tengah dan bisa dipasangkan sebagai penyerang sayap. Dirinya juga pernah mendapatkan gelar sebagai pemain Polandia terbaik di tahun 2005 hingga tahun 2007.

5. Lukasz Piszczek

5 Pemain Polandia yang Pernah Bela Dortmund Sepanjang Masagoal.com

Lukas Piszczek didatangkan Jurgen Klopp dari Hertha BSC pada tahun 2010. Lukas Piszczek menjadi bek sayap andalan Klopp di sisi kanan permainan Borussia Dortmund pada saat itu.

Piszczek juga menjadi Polandia terlama yang membela Borussia Dortmund hingga sekarang. Dirinya tetap menjadi pemain penting dalam memberikan motivasi khusus bagi para pemain muda.

 

Perjalanan karier dari pemain Polandia ada yang berjalan manis dan juga ada yang kurang baik. Kebanyakan dari mereka berhasil menunjukkan keahliannya di saat Jurgen Klopp mengambil kursi kepelatihan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Bermain di Bayern Munich dan Borussia Dortmund

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya