Comscore Tracker

Shaqiri Tunjukkan Selebrasi Kontroversial, Apa Maksudnya?

#WorldCup2018 Ternyata ada kaitannya dengan politik

Kaliningrad, IDN Times - Pertandingan antara Serbia dengan Swiss memberikan tanda tanya bagi para fans maupun pecinta sepakbola lainnya. Pasalnya, selebrasi gol kedua Swiss yang diciptakan Shaqiri menuai kontroversi. Berikut ini maksud dari selebrasi yang dibuat oleh Xherdan Shaqiri.

1. Gaya kepakan sayap merupakan ciri khas Kosovo dan diperagakan juga oleh Xhaka

Shaqiri Tunjukkan Selebrasi Kontroversial, Apa Maksudnya?twitter/sfv_asf

Gaya kepakan sayap yang dipergakan Shaqiri dan Xhaka adalah ciri khas negara Kosovo. Bahkan, seoran pemain Serbia bernama Mitrovic sempat bingung karena Shaqiri tak bermain untuk Kosovo melainkan untuk Swiss.

Kosovo sendiri baru diperkenankan untuk beradu di kompetisi oleh FIFA pada tahun 2016 setelah mereka mengumumkan merdeka pada tahun 1980an.

2. Shaqiri merupakan keturunan Kosovo

Shaqiri Tunjukkan Selebrasi Kontroversial, Apa Maksudnya?fifa.com

Xherdan Shaqiri adalah seorang keturunan Kosovo. Pemain Swiss lainnya juga ada yang keturunan Kosovo seperti Valon Behrami dan Granit Xhaka. Keluarga mereka ada yang tinggal di Kosovo dan tentu itu sebuah kebanggan bagi mereka untuk memberikan penghargaan kepada Kosovo.

3. Serbia dan Kosovo tidak berada pada hubungan yang harmonis

Shaqiri Tunjukkan Selebrasi Kontroversial, Apa Maksudnya?fifa.com

Kosovo adalah pecahan dari negara Serbia. Kosovo mendeklarasikan untuk berpisah dari bagian Serbia untuk merdeka dan membangun negerinya sendiri. Hubungan antara kedua negara tidaklah sesuai harapan karena masih ada perselisihan antar kedua negara setelah berpisah.

4. Lambang Kosovo juga terpampang pada sepatu Shaqiri

Shaqiri Tunjukkan Selebrasi Kontroversial, Apa Maksudnya?fifa.com

Sepatu yang digunakan oleh Shaqiri juga terpampang simbol negara Swiss dan Kosovo. Identitas tersebut terungkap saat Shaqiri memposting sebuah foto bergambar sepasang sepatu. Lalu, pada pertandingan tersebut menunjukkan kalau kecintaannya terhadap Kosovo memang patut dipuji.

Reinhart Ignasius Nugroho Photo Verified Writer Reinhart Ignasius Nugroho

Try and Learn More

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya