Comscore Tracker

Kalangan Artis Beli Klub Sepak Bola, Menpora: Jaga Kepercayaan Publik

Semoga para artis bisa memajukan sepak bola nasional

Jakarta, IDN Times - Menanggapi fenomena pembelian klub sepak bola Indonesia oleh beberapa kalangan artis, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengutarakan harapannya agar nama baik sepak bola Indonesia bisa dijaga dengan baik. 

Di satu sisi, ia menilai sepak bola Indonesia saat ini sudah mulai dipercaya lagi oleh masyarakat. Namun, Amali tidak menginginkan terjadinya insiden negatif baik di dalam maupun di luar lapangan.

“Kita harus jaga betul kepercayaan dari masyarakat terhadap sepak bola nasional. Tidak boleh lagi adanya insiden negatif di lapangan. Tidak ada lagi isu-isu pengaturan skor. Serta tidak ada lagi wasit yang berpihak,” kata Amali di Jakarta, Senin (7/6/2021). 

1. Diminati banyak masyarakat Indonesia

Kalangan Artis Beli Klub Sepak Bola, Menpora: Jaga Kepercayaan PublikANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Menpora Amali mengatakan, jika kepercayaan publik ini dijaga betul, maka perkembangan sepak bola semakin baik ke depannya. 

Ia menyadari sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang diminati banyak masyarakat di Indonesia. Hal ini pun menarik perhatian berbagai kalangan, mulai dari artis hingga pengusaha untuk berinvestasi. 

“Saya melihat artis serta pengusaha yang punya kemampuan finansial masuk ke sepak bola. Ini sebagai tanda masyarakat percaya terhadap sepak bola, dan ini harus kita jaga betul,” jelasnya. 

Baca Juga: Jadi Pemilik Klub, Raffi Ahmad Ikut Sosialisasikan Inpres 

2. Beberapa artis dan pengusaha yang beli klub

Kalangan Artis Beli Klub Sepak Bola, Menpora: Jaga Kepercayaan PublikPresenter sekaligus pemilik klub sepak bola RANS Cilegon FC, Raffi Ahmad, turut diundang menjadi narasumber dalam acara sosialisasi Instruksi Presiden (Inpres) nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional di Vasa Hotel Surabaya, Sabtu (5/6/2021). (Dok. Kemenpora)

Seperti diketahui, banyak artis hingga pengusaha yang mengakuisisi klub sepak bola Indonesia. Dimulai dari Raffi Ahmad yang membeli klub sepak bola Liga 2, RANS Cilegon FC. Selain itu, ada pula Gading Marten yang mengakuisisi klub Liga 3, Persikota Tangerang. Kemudian, ada YouTuber Atta Halilintar yang resmi meluncurkan klub sepak bola dengan nama AHHA PS Pati FC.  

Terbaru, seorang pengusaha bernama Gilang Widya Pramana juga ikut masuk dalam kepengurusan klub sepak bola Indonesia. Pengusaha yang terkenal sebagai “Crazy Rich Malang” itu resmi menjadi Presiden Klub Arema FC. 

3. Mendorong PSSI membuat aturan ketat

Kalangan Artis Beli Klub Sepak Bola, Menpora: Jaga Kepercayaan PublikMenteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka acara sosialisasi perdana Instruksi Presiden (Inpres) nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (4/5/2021). (Dok. Kemenpora)

Saat menghadiri acara sosialisasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional di Vasa Hotel Surabaya, Sabtu (5/6/2021) sore, Amali juga sempat meminta kepada PSSI untuk membuat aturan-aturan yang ketat sehingga hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Sekali lagi ini harus kita jaga betul kepercayaan masyarakat. Saya pesan kepada teman-teman di PSSI, ini harus dijaga, tidak boleh lagi ada perkelahian antara pemain di lapangan atau pelatih sampai bertengkar dengan pemain lawan dan sebagainya. Kita hindari betul itu," katanya. (WEB)

Baca Juga: Menpora Amali Buka Sosialisasi Inpres No. 3 Tahun 2019 di Surabaya

Topic:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya