[BREAKING] Tekuk Belanda 2-0, Republik Ceko Amankan Perempat Final!   

Belanda hanya bermain dengan 10 pemain

Jakarta, IDN Time - Republik Ceko sukses menekuk Belanda dengan skor 2-0 dalam laga 16 besar Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Minggu (27/6/2021) malam.

Pertandingan yang berjalan sengit ini diwarnai satu kartu merah yang diberikan wasit Anthony Taylor kepada Mathijs de Ligt. Bek yang bermain di Juventus tersebut dianggap menyentuh bola dengan sengaja ketika menahan pergerakan Patrick Schick.

Wasit awalnya hanya memberikan kartu kuning kepada de Ligt. Namun, setelah melakukan penilaian ulang lewat VAR, wasit mengganti hukuman bagi bek bernomor punggung 3 tersebut menjadi kartu merah.

Tim Oranye pun terpaksa bermain dengan 10 orang sejak menit ke-54. Laga menjadi semakin sengit selepas insiden kartu merah tersebut. Belanda pun tetap tampil menyerang kendati kekurangan pemain di dalam lapangan.

Belanda sebenarnya sempat mendapatkan peluang emas melalui Malen sesaat sebelum de Ligt diusir wasit. Striker PSV Eindhoven tersebut melakukan dribble dan berhasil lolos dari penjagaan dua bek tengah Republik Ceko.

Namun, Tomas Vlacik dengan gemilang mampu menghentikan bola ketika Malen mencoba melakukan gerak tipu untuk melewatinya.

Republik Ceko yang leluasa memainkan bola dari kaki ke kaki pun akhirnya berhasil mencetak gol pada menit 68.

Berawal dari tendangan bebas di sisi kiri pertahanan Belanda, bola dikirim ke kotak penalti Belanda dan berhasil disundul oleh Tomas Kalas di tiang jauh.

Sundulan Kalas tersebut merupakan umpan kepada Tomas Holes yang berdiri bebas tanpa kawalan di mulut gawang Stekelenburg. Pemaing bernomor punggung 9 tersebut kemudian dengan mudah menceploskan bola lewat sundulan kerasnya ke dalam gawang Belanda.

Gol! Republik Ceko unggul 1-0 atas Belanda.

Gol tersebut menyulut semangat Tim Oranje dan membuat Frank de Boer melakukan pergantuian pemain. Marten de Roon yang berposisi gelandang, keluar digantikan oleh penyerang jangkung Wout Weghorst.

Pergantian tersebut tak banyak membantu Belanda lantaran mereka tidak mampu melancarkan serangan berarti ke pertahanan Republik Ceko.

Di sisi lain, Republik Ceko pun tak mengendurkan serangan. Namun, tendangan luar kotak penalti dari lini kedua melalui Soucek dan Masopust masih bisa diselamatkan oleh Stekelenburg.

Alih-alih mencetak gol, Belanda justru kembali harus kebobolan. Kesalahan Wijnaldum dalam mengantisipasi datangnya bola berhasil dimanfaatkan oleh Holes.

Holes yang berhasil mencuri bola langsung melakukan solo run hingga memasuki kotak penalti Belanda sebelum mengirim umpan mendatar ke arah Schick.

Striker Bayer Leverkusen itu pun dengan mudah memasukkan bola ke gawang Stekelenburg lewat sepakan kaki kiri terukurnya pada menit ke-80.

Republik Ceko unggul 2-0 atas Belanda.

Sisa waktu 10 menit tak mampu dimanfaatkan Belanda untuk mencetak gol. Anak asuh Frank de Boer pun terpaksa mengakui keunggulan Republik Ceko.

Bagi Republik Ceko, hasil ini membuat mereka akan menjadi lawan Denmark pada laga perempat final yang bakal digelar awal Juli mendatang.

Baca Juga: [BREAKING] Babak Pertama: Belanda Ditahan Imbang Republik Ceko 0-0

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya