Siapa Manajer MU yang Lebih Baik di Awal Musim: Mourinho, Van Gaal atau Moyes?

Coba kita bandingkan 3 manajer Manchester United ini!

Tidak bisa dipungkiri sejak Sir Alex Ferguson pensiun tahun 2013 lalu, tim Manchester United semakin terpuruk. Hingga saat ini mereka masih  belum mampu menjuarai Liga Inggris lagi. Padahal MU sudah mengganti manajer sebanyak tiga kali. Mulai Davis Moyes, Louis van Gaal dan kini Jose Mourinho. Praktis hanya satu trofi saja yang mampu didapat MU usai pensiunnya Ferguson yakni Piala FA di musim 2015/2016. Gelar tersebut diraih pada era kepelatihan Van Gaal.

Baca Juga: Kamu Bisa Masuk ke Sekolah Sepak Bola yang Paling Bergengsi Ini Kalau Mau Bermain Sepak Bola di Kancah Internasional. 

Siapa Manajer MU yang Lebih Baik di Awal Musim: Mourinho, Van Gaal atau Moyes?fourfourtwo.com

Dilansir Manchester Evening News, (20/9), fans MU saat ini menaruh harapan besar pada Mourinho untuk bisa mengembalikan Setan Merah sebagai tim langganan juara Liga Inggris. Melihat rekam jejak Mourinho, fans MU dapat optimistis. Mourinho akan bisa membawa tim asuhannya ini menjadi juara liga.

Belum lagi, Mou juga telah menghabiskan anggaran belanja hampir 200 juta euro. Eks pelatih Inter Milan itu telah memboyong empat pemain bintang yakni Zlatan Ibrahimovic, Eric Bailly, Henrikh Mkhitaryan dan Paul Pogba. Hal ini dilakukan oleh Mouriho guna membangun sebuah tim yang tangguh. MU rela untuk memecahkan rekor sebagai tim dengan transfer termahal di dunia saat membeli Pogba dari Juventus. Pogba harus ditebus dengan mahar senilai 105 juta euro.

Tiga kekalahan beruntun membuat cemas fans MU.

Siapa Manajer MU yang Lebih Baik di Awal Musim: Mourinho, Van Gaal atau Moyes?101greatgoal.com

Sayangnya, di awal karier bersama MU, Mou masih belum cukup meyakinkan. The Red Devils terus menelan tiga kekalahan beruntun. MU juga mengalami kekalahan 1-2 dari rival sekota Manchester City di Liga Inggris.

Ditambah lagi, mereka juga ditekuk Feyenoord Rotterdam 0-1 di Liga Europa. Yang terbaru MU dibantai Watford 1-3 saat berduel di Liga Inggris akhir pekan kemarin.

Tiga kekalahan beruntun ini mulai membuat cemas fans MU. Pasalnya prestasi Mourinho di awal musim ternyata jauh lebih buruk dibanding Van Gaal. Musim lalu, Van Gaal mampu menyumbang 10 poin dari lima laga awal di Liga Inggris, sedangkan Mourinho hanya sembilan poin.

Mourinho sebenarnya berpotensi jauh lebih baik dibanding Van Gaal maupun Moyes.

Siapa Manajer MU yang Lebih Baik di Awal Musim: Mourinho, Van Gaal atau Moyes?manchestereveningnews.co.uk

Jika dilihat pada pencapaian di musim debut, Mourinho sebenarnya jauh lebih baik dibanding Van Gaal maupun Moyes. Ketiganya kebetulan sama-sama harus merasakan dua kekalahan di lima laga awal bersama MU di arena Liga Inggris.

Tapi bila berbicara mengenai jumlah poin yang didapat di lima laga awal di Liga Inggris, Mourinho jadi lebih baik ketimbang dua pendahulunya itu. Pada musim debut, Van Gaal yang paling buruk prestasinya di lima laga awal.

Pria Belanda itu hanya memberikan lima poin. MU ketika itu menelan kekalahan dari West Bromwich Albion dan Everton. Sementara Moyes menyumbangkan tujuh angka dengan dua kali kekalahan dari Sunderland dan Everton.

Siapa Manajer MU yang Lebih Baik di Awal Musim: Mourinho, Van Gaal atau Moyes?fourfourtwo.com

Sementara itu, Legenda Manchester United, Paul Scholes, menganggap ada perbedaan yang dilakukan Jose Mourinho dibandingkan dua manajer sebelumnya, David Moyes dan Louis van Gaal. Scholes menilai, Mourinho membeli para pemain yang siap tampil di Premier League.

The Special One telah merekrut dua dari empat pemain berpengalaman internasional, Paul Pogba dan Zlatan Ibrahimovic. Kehadiran mereka diharapkan bisa membuat Manchester United meraih empat kemenangan beruntun pada awal musim. Pasalnya Pogba, dan Ibrahimovic diharapkan akan langsung bisa beradaptasi dengan strategi yang diterapkan Mourinho.

Baca Juga: FIFA Dukung Reformasi Sepak Bola yang Dirancang oleh Jokowi. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya