7 Debutan Indonesia yang Memikat Perhatian di SEA Games 2023

Ada Irfan Jauhari, Komang Teguh, dan Titan Agung

Timnas Indonesia U-22 berkuasa di cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023. Mereka berhasil menjuarai turnamen sepak bola dalam pesta olahraga se-Asia Tenggara yang berlangsung di Kamboja. Garuda Muda berhak membawa pulang medali emas yang sempat sulit diraih selama 3 dekade terakhir.

Indonesia telah mengupayakan berbagai cara demi keberhasilan itu. Salah satunya dengan mengorbitkan nama-nama baru di SEA Games 2023. Keputusan berani Timnas Indonesia pun membuahkan hasil. Mereka memiliki lima debutan yang tampil menawan.

Inilah debutan Indonesia yang memikat perhatian di SEA Games 2023.

1. Irfan Jauhari

7 Debutan Indonesia yang Memikat Perhatian di SEA Games 2023Irfan Jauhari (instagram.com/pssi)

Irfan Jauhari debut bersama Timnas Indonesia U-22 pada 14 April 2023. Meski baru, pemain kelahiran Ngawi ini tampil begitu dominan di SEA Games 2023. Perannya sangat dibutuhkan di sektor sayap kiri Garuda.

Di SEA Games, Irfan Jauhari sukses membukukan 2 gol dalam 8 pertandingan. Ia meraup total 356 menit tampil bagi Timnas Indonesia U-22. Irfan bermain di tiap pertandingan SEA Games.

2. Ramadhan Sananta

7 Debutan Indonesia yang Memikat Perhatian di SEA Games 2023Ramadhan Sananta (instagram.com/pssi)

Timnas Indonesia U-22 memiliki penyerang debutan yang menarik atensi di SEA Games 2023. Ia adalah Ramadhan Sananta. Ia pemain asli Riau yang menjadi tulang punggung Garuda Muda di lini serang.

Ramadhan Sananta begitu moncer di SEA Games. Striker 20 tahun yang membawa PSM Makassar juara Liga 1 Indonesia ini mencetak 5 gol dari 7 laga (381 menit). Berkat capaian itu, ia memegang predikat sebagai top skor Indonesia bersama Fajar Fathur Rahman.

3. Titan Agung

7 Debutan Indonesia yang Memikat Perhatian di SEA Games 2023Titan Agung (instagram.com/bhayangkarafc)

Di urutan ketiga, ada Titan Agung sebagai debutan Garuda Muda yang gemilang di SEA Games 2023. Ia bermain ciamik di sektor depan. Striker kelahiran 5 Juni 2001 ini pantas dilabeli sebagai supersub karena tampil cukup produktif.

Titan Agung sudah mengoleksi 2 gol hanya dalam 4 penampilan bersama Timnas Indonesia U-22. Ia mengantongi 178 menit tampil di SEA Games 2023. Atas capaian itu, Titan bisa disebut sebagai calon striker masa depan Timnas Indonesia.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Argentina Lawan Sepadan Buat Timnas Indonesia

4. Beckham Putra

7 Debutan Indonesia yang Memikat Perhatian di SEA Games 2023Beckham Putra (instagram.com/pssi)

Beckham Putra berperan krusial sebagai gelandang serang Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Playmaker muda 21 tahun asal Bandung ini bermain impresif. Ia jadi salah satu gelandang tersubur Garuda Muda.

Beckham Putra sendiri menorehkan tiga gol di SEA Games 2023. Ia tampil dalam tujuh pertandingan (378 menit) bersama Timnas Indonesia. Beckham hanya melewatkan satu laga di SEA Games.

5. Komang Teguh

7 Debutan Indonesia yang Memikat Perhatian di SEA Games 2023Komang Teguh (instagram.com/pssi)

Garuda Muda begitu mengandalkan Komang Teguh di lini tengah. Mereka memercayai gelandang milik Borneo FC ini. Ia pun bermain dominan di SEA Games 2023. Bahkan, jadi gelandang paling konsisten.

Secara statistik, Komang Teguh mengemas 1 gol dalam 6 pertandingan bersama Garuda Muda. Pemuda 21 tahun ini mendulang 446 menit bermain secara keseluruhan. Namun, Komang tercatat dua kali absen di SEA Games 2023.

6. Ananda Raehan

7 Debutan Indonesia yang Memikat Perhatian di SEA Games 2023Ananda Raehan (instagram.com/pssi)

Ananda Raehan jadi debutan keenam yang memikat perhatian bersama Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Wonderkid berusia 19 tahun asli Makassar ini sendiri merupakan tandem dari Komang Teguh. Ia diandalkan di posisi gelandang bertahan.

Ananda Raehan juga tak kalah hebat di SEA Games 2023. Meski tak produktif, ia bermain dominan. Ananda Raehan mencatatkan 379 menit bermain dalam 7 penampilan untuk Garuda Muda. Ia hanya sekali absen di SEA Games.

7. Alfeandra Dewangga

7 Debutan Indonesia yang Memikat Perhatian di SEA Games 2023Alfeandra Dewanga (instagram.com/psisfcofficial)

Alfeandra Dewangga adalah pemain yang memiliki peran vital di sektor pertahanan. Pemain kelahiran 28 Juni 2001 asal Semarang ini bermain ciamik di Sea Games 2023. Ia jadi bek yang serba bisa untuk Timnas Indonesia U-22.

Alfeandra Dewangga bisa bermain di posisi bek tengah maupun bek sayap. Secara statistik, pemuda yang dikenal kidal itu mengantongi 520 menit penampilan dalam 6 laga. Dewangga bermain konsisten di SEA Games 2023.

Kualitas semua pemain muda di atas memang sudah terbukti. Ketujuh pemain itu menjadi pemuda andalan di sejumlah klub top Indonesia. Jika dirincikan, ada Irfan Jauhari (Persis), Ramadhan Sananta (PSM), Titan Agung (Bhayangkara FC), Beckham Putra (Persib), Komang Teguh (Borneo FC), Ananda Raehan (PSM), dan Alfeandra Dewangga (PSIS)

Baca Juga: 6 Pemain Indonesia dengan Menit Tampil Terbanyak di SEA Games 2023

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya