Fakta Karier Gerrard Pique sebelum Pensiun dari Dunia Sepak Bola

Keputusan mendadak Pique bikin penggemar berspekulasi

Bek senior Barcelona, Gerrard Pique, secara mendadak telah mengumumkan diri pensiun dari dunia sepak bola. Bek senior berusia 35 tahun itu resmi memutuskan gantung sepatu pada, Sabtu (5/11/2022).

Dilansir dari laman resmi Barcelona, Pique menyatakan ingin pensiun bersama klub dimana pertama kali ia lahir sebagai pesepak bola. Keputusan ini mengejutkan banyak pihak. Sebab, kontribusinya bagi Barcelona terbilang masih cukup baik pada awal musim kompetisi 2022/2023 ini.

Lantas, fakta-fakta apa saja yang terjadi di balik keputusan pensiun Gerrard Pique dari dunia sepak bola?

1. Gerrard Pique membawa Spanyol juara Piala Dunia 2010 dan Euro 2012

Fakta Karier Gerrard Pique sebelum Pensiun dari Dunia Sepak BolaGerrard Pique kala meraih trofi Piala Dunia 2010 bersama Timnas Spanyol. (facebook.com/FIFA World Cup)

Gerrard Pique merupakan andalan Tim Nasional Spanyol sejak muda. Ia tercatat pernah membela tim muda Spanyol U-16, U-17, U-19, U-20, hingga U-21.

Tepat pada 11 Februari 2009, kala umur Pique masih 22 tahun, ia resmi dipromosikan membela tim senior Spanyol. Hingga pensiun ia telah membukukan 102 caps bagi Spanyol dengan torehan 5 gol.

Pique pernah merengkuh dua prestasi tertinggi bersama Timnas Spanyol. Mereka menyabet trofi juara Piala Dunia 2010 (Afrika Selatan) dan trofi Euro 2012 (Polandia dan Ukraina). 

2. Gerrard Pique pernah sukses di EPL dan LaLiga

Fakta Karier Gerrard Pique sebelum Pensiun dari Dunia Sepak BolaGerrard Pique (instagram.com/fcbarcelona)

Selain sukses di level timnas, Gerrard Pique juga meraih kesuksesan di level klub. Ia pernah menyabet sejumlah prestasi bergengsi di dua ajang top Eropa sekaligus, yaitu Premier League Inggris dan LaLiga Spanyol.

Pique tercatat pernah meraih tiga trofi bergengsi bersama Manchester United di Inggris. Ketiga trofi itu adalah trofi English Premier League (EPL) 2008, Piala Super Inggris 2007, dan Piala Liga Inggris 2006.

Di sisi lain, karier Pique di Liga Spanyol menjadi karier terbaiknya di level klub. Bersama Barcelona, ia menyabet 21 gelar juara. Pique meraih 8 trofi juara LaLiga Spanyol, 7 Piala Spanyol, dan 6 Piala Super Spanyol.

3. Bek tersubur Barcelona pada 2014/2015 dan 2018/2019

Fakta Karier Gerrard Pique sebelum Pensiun dari Dunia Sepak BolaGerrard Pique (instagram.com/fcbarcelona)

Meski berposisi sebagai bek, Gerrard Pique tercatat pernah menjadi salah satu mesin gol andalan timnya. Momen itu terjadi pada musim 2014/2015 dan 2018/2019.

Pada 2014/2015, Pique menorehkan statistik apik sebagai bek dengan mencetak 7 gol dan 2 assist dalam satu musim. Makin moncer, ia juga mencatatkan statistik apik pada 2018/2019 lewat torehan 7 gol dan 4 assist dalam semusim.

Baca Juga: Tribute dari Para Pemain Barcelona Buat Pique

4. Gerrard Pique pensiun kala tim masih membutuhkan

Fakta Karier Gerrard Pique sebelum Pensiun dari Dunia Sepak BolaGerrard Pique (instagram.com/fcbarcelona)

Banyak pihak, khususnya fans Barcelona, yang menyayangkan keputusan Gerrard Pique pensiun dari sepak bola. Statistik bek berusia 35 tahun itu masih terbilang bagus pada awal musim kompetisi 2022/2023 ini.

Bersama Barcelona, Pique membukukan 10 laga dengan catatan 639 menit bermain di semua ajang. Menilik catatan itu, jelas bahwa keberadaannya masih cukup dibutuhkan oleh tim.

5. Gerrard Pique hanya membela tiga tim sepanjang kariernya

Fakta Karier Gerrard Pique sebelum Pensiun dari Dunia Sepak BolaGerrard Pique (instagram.com/3gerardpique)

Gerrard Pique tercatat hanya membela tiga tim sepanjang karier sepak bola profesionalnya. Ketiga tim itu adalah Barcelona, Real Zaragoza, dan Manchester United.

Barcelona jelas menjadi tim pertama Pique. Di sisi lain, Manchester United menjadi tim pertamanya melakoni debut profesional.

Pique resmi debut bersama Manchester United pada 2004/2005. Setelah dua musim berkarier di Inggris, ia dipinjamkan ke Real Zaragoza selama semusim (2006/2007).

Lalu, Pique sempat membela Manchester United lagi selama satu musim (2007/2008). Akhirnya, Pique resmi dipulangkan Barcelona pada 2008/2009.

6. Laga Barcelona vs UD Almeria menjadi laga terakhir Gerrard Pique

Fakta Karier Gerrard Pique sebelum Pensiun dari Dunia Sepak BolaGerrard Pique (instagram.com/3gerardpique)

Laga Barcelona vs UD Almeria di LaLiga Spanyol pekan ke-13 menjadi laga terakhir Gerrad Pique. Laga yang dihelat di Spotify Camp Nou itu jelas menjadi momen perpisahannya dengan semua pihak di Barcelona.

Barcelona untungnya menang dengan skor 2-0 pada laga yang berlangsung, Minggu (6/11/2022) dini hari itu. Pique turut berkontribusi besar selama 85 menit sebelum kemudian digantikan oleh Andreas Christensen.

Sebenarnya, menilik Gerrard Pique untuk memutuskan pensiun di usia 35 tahun, ia bisa dibilang masih terlalu dini pensiun dari sepak bola. Akankah selanjutnya Pique menekuni profesi di bidang kepelatihan?

Baca Juga: 6 Klub yang Paling Sering Dikalahkan Gerard Pique, Ada Real Madrid

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya