Oleksandr Zinchenko, Pemain Baru Arsenal Calon Bintang EPL

Andalan Timnas Ukraina sejak usia muda

Keberhasilan Arsenal merekrut Gabriel Jesus pada musim panas 2022 tidak menyurutkan niat mereka merekrut pemain baru. The Gunners terus mendatangkan pemain pada bursa transfer ini. Salah satunya Oleksandr Zinchenko.

Sama seperti Jesus, Zinchenko juga datang dari Manchester City. Ia salah satu pilar The Cityzens pada 2021/2022 lalu. Arsenal memboyongnya ke Stadion Emirates pada 22 Juli 2022 untuk bermain kembali di English Premier League (EPL).

Begini profil Oleksandr Zinchenko, pemain baru Arsenal calon bintang EPL.

1. Oleksandr Zinchenko lulusan akademi Shakhtar Donetsk

Oleksandr Zinchenko, Pemain Baru Arsenal Calon Bintang EPLOleksandr Zinchenko (instagram.com/zinchenko_96)

Oleksandr Zinchenko merupakan pemain sepak bola profesional berkebangsaan Ukraina yang lahir pada 15 Desember 1995. Pemain muda berusia 25 tahun tersebut biasa bermain di posisi bek kiri.

Zinchenko mulai menekuni sepak bola bersama akademi tim sepak bola Shakhtar Donetsk. Ia memulainya pada 1 Juli 2017.

2. Selalu jadi andalan Tim Nasional Ukraina

Oleksandr Zinchenko, Pemain Baru Arsenal Calon Bintang EPLOleksandr Zinchenko (instagram.com/zinchenko_96)

Oleksandr Zinchenko merupakan pemain sepak bola yang mempunyai kemampuan luar biasa. Tidak heran jika ia menjadi andalan Tim Nasional Ukraina sejak usia muda.

Zinchenko pernah membela Ukraina U-16, U-17, U-18, U-19, dan U-21. Timnas Ukraina pun memberikan kepercayaan kepadanya.

Pada 12 Oktober 2015,  Ukraina resmi memanggil Zinchenko. Ia kini telah tampil dalam 52 laga dengan torehan 8 gol bersama Ukraina di semua ajang.

Baca Juga: 11 Potret Oleksandr Zinchenko, Bek Ukraina yang Resmi Direkrut Arsenal

3. Banyak meraih gelar juara bersama Manchester City

Oleksandr Zinchenko, Pemain Baru Arsenal Calon Bintang EPLOleksandr Zinchenko (instagram.com/zinchenko_96)

Manchester City adalah klub besar Eropa pertama yang diperkuat Oleksandr Zinchenko. The Citizens resmi merekrutnya pada 4 Juli 2016 dari klub Rusia, FK Ufa.

Sejak bermain di Stadion Etihad, Zinchenko menjelma menjadi salah satu pemain penting. Terbukti, beberapa gelar juara bergengsi telah berhasil ia raih bersama Manchester City.

Trofi juara yang pernah Zinchenko raih itu termasuk empat gelar juara Premier League. Ia juga meraih 1 Piala FA, 4 Piala Liga Inggris, dan 2 Piala Super Inggris.

4. Arsenal resmi merekrut Oleksandr Zinchenko

Oleksandr Zinchenko, Pemain Baru Arsenal Calon Bintang EPLOleksandr Zinchenko (twitter.com/Arsenal)

Walaupun banyak meraih gelar juara bersama Manchester City, nasib sial menghampiri Oleksandr Zinchenko pada musim panas 2022. Menurut kabar, ia tidak masuk dalam daftar rencana The Citizens musim depan.

Hal tersebut membuat Arsenal bergerak cepat menanyakan ketersediaan Zinchenko. Pada 22 Juli 2022, akhirnya The Gunners memboyongnya ke Stadion Emirates. Ia dibeli dengan harga 35 juta euro (Rp531 juta).

5. Berpeluang menjadi bek andalan Arsenal

Oleksandr Zinchenko, Pemain Baru Arsenal Calon Bintang EPLOleksandr Zinchenko (instagram.com/zinchenko_96)

Kedatangan Oleksandr Zinchenko membuat lini belakang Arsenal tampak makin menjanjikan. Apalagi The Gunners sedang membutuhkan bek sayap yang apik dalam menyerang maupun bertahan.

Arsenal melihat Zinchenko sebagai pemain yang tepat. Mereka merekrutnya sesuai kebutuhan. Peluang menjadi bek sayap andalan The Gunners pun terbuka lebar.

Kesuksesan Arsenal mendatangkan Oleksandr Zinchenko memberikan satu fakta unik. Mereka berhasil mempertemukan dua pemain penting Manchester City pada 2021/2022 lalu, yaitu Oleksandr Zinchenko dan Gabriel Jesus. Menariknya, mampukah mereka berdua membawa Arsenal juara musim depan?

Baca Juga: 5 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Arsenal, Zinchenko Baru Mendarat!

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya