Comscore Tracker

5 Pokok Peraturan Baru Liga Champions Eropa 2024/2025

Format baru jauh berbeda dengan format lama

Liga Champions Eropa atau UEFA Champions League merupakan turnamen sepak bola di Eropa yang diadakan setiap tahun oleh UEFA. Turnamen ini sangat bergengsi di mata dunia karena diikuti beberapa klub juara dan papan atas liga sepak bola terbaik di Eropa.

Turnamen Eropa tersebut diikuti 32 klub sepak bola Eropa yang dibagi menjadi beberapa grup. Namun, pada 19 April 2021, UEFA sebagai badan sepak bola Eropa telah mengumumkan beberapa perubahan format untuk turnamen ini.

Format baru tersebut rencananya diterapkan pada kompetisi mendatang, tepatnya pada 2024/2025. Ada setidaknya lima pokok format baru untuk Liga Champions.

1. Jumlah klub peserta bertambah 

5 Pokok Peraturan Baru Liga Champions Eropa 2024/2025ilustrasi bertambahnya klub peserta Liga Champions UEFA (uefa.com)

Jumlah peserta Liga Champions hingga saat ini berjumlah 32 klub. Format pertandingan yang dijalankan pun menggunakan sistem pembagian grup (group stage). 

UEFA mengatakan bahwa jumlah peserta akan ditambah menjadi 36 klub secara keseluruhan. Penambahan empat peserta dibagi menjadi beberapa klasifikasi untuk ikut andil sebagai peserta baru.

2. Format pertandingan bukan lagi group stage 

5 Pokok Peraturan Baru Liga Champions Eropa 2024/2025Gianni Infantino sebagai Presiden FIFA melakukan pengundian grup. (skysports.com)

Group stage membagi semua klub peserta menjadi beberapa grup. Inilah sistem yang dipakai saat ini. Namun, UEFA telah mengatakan akan memakai sistem baru dengan mengubah group stage menjadi liga.

Sistem pertandingan ini rencananya akan menggabungkan semua klub peserta menjadi satu grup. Setiap tim peserta dipastikan bertanding sebanyak 10 kali, dengan catatan 5 laga kandang dan 5 laga tandang. Format baru tersebut sangat berbeda dengan format yang saat ini digunakan, yakni semua klub akan bertanding dengan 3 lawan sebanyak 2 kali (kandang dan tandang).

Baca Juga: 9 Klub Liga Inggris yang Pernah Main di Final Liga Champions

3. Kriteria klub peserta Liga Champions yang baru 

5 Pokok Peraturan Baru Liga Champions Eropa 2024/2025ilustrasi calon tim peserta UCL dengan format baru (uefa.com)

UEFA telah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk Liga Champions 2024/2025. Salah satunya penambahan empat peserta baru. UEFA juga memberikan informasi mengenai klasifikasi penambahan slot untuk empat klub peserta baru.

Slot satu diberikan kepada klub peringkat ke-3 kejuaraan asosiasi dan peringkat negara ke-5 di UEFA. Slot dua diberikan kepada klub yang menjuarai kompetisi domestik dengan tambahan 4—5 klub yang lolos. Slot tiga dan empat diberikan kepada dua klub dengan nilai koefisien tertinggi yang belum lolos ke Liga Champions, tetapi telah lolos ke fase kualifikasi Liga Champions atau Liga Europa.

4. Babak enam belas besar setelah format baru

5 Pokok Peraturan Baru Liga Champions Eropa 2024/2025ilustrasi hasil pengundian babak 16 besar (uefa.com)

Format baru mengizinkan delapan klub teratas di papan klasemen secara otomatis lolos ke babak enam belas besar.  Bagi klub yang menempati posisi ke-9 sampai ke-24 akan memasuki babak playoff.

Posisi ke-9 sampai ke-16 akan diuntungkan dalam undian playoff karena mereka berhadapan dengan klub yang ada di posisi ke-17 hingga ke-24. Delapan klub yang menang pada babak playoff kemudian menghadapi 1 dari 8 klub teratas.

5. Tim yang gugur di Liga Champions tidak akan ikut di Liga Europa

5 Pokok Peraturan Baru Liga Champions Eropa 2024/2025potret trofi dan logo Liga Eropa UEFA (beinsports.com)

Liga Europa merupakan turnamen bergengsi kedua di Eropa setelah Liga Champions. Turnamen ini juga diselenggarakan setiap tahun oleh UEFA.

Secara keseluruhan, Liga Europa diikuti 58 klub yang dibagi menjadi 12 grup serta 8 klub yang menempati peringkat ke-3 pada babak 32 besar Liga Champions. Namun, menurut format baru yang dikeluarkan UEFA, klub yang tidak lolos pada babak 32 besar Liga Champions tidak akan lagi ikut dalam Liga Europa.

Beberapa format baru kabarnya dipertimbangkan agar memberi kesempatan bagi semua klub di Eropa untuk berprestasi. Patut dinantikan seperti apa penerapan kebijakan UEFA yang baru ini.

Baca Juga: 15 Klub yang Pernah Mengawinkan Trofi Liga Domestik dan Liga Champions

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya