Preview Jelang Duel Indonesia Vs. Thailand di Piala AFF 2022

Laga big match di Grup A, nih!

Mental Timnas Indonesia bakal diuji saat bertemu Thailand pada laga ketiga fase Grup A di Piala AFF 2022. Kedua negara bakal berhadapan di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (29/12/2022) sore WIB mendatang.

Laga Indonesia versus Thailand berpotensi menyajikan kualitas pertandingan yang menarik. Pasalnya, Indonesia dan Thailand tampil luar biasa dalam dua laga terakhir fase grup di Piala AFF 2022 setelah keduanya telah sama-sama mendulang kemenangan.

1. Sama-sama tampil trengginas

Preview Jelang Duel Indonesia Vs. Thailand di Piala AFF 2022Indonesia ketika mengalahkan Brunei Darussalam di fase grup Piala AFF 2022. (instagram.com/pssi)

Di Piala AFF 2022, Indonesia dan Thailand diketahui sama-sama tampil hebat pada babak fase Grup A. Mereka menyapu bersih kemenangan dalam dua laga terakhir. Hebatnya, mereka turut memenangkan dua laga itu dengan skor yang cukup besar.

Pada laga perdana fase Grup A, Indonesia berhasil unggul atas Kamboja dengan skor 2-1 di Stadion Gelora Bung Karno. Mereka kembali menang pada laga kedua setelah mencukur Brunei Darussalam dengan skor besar 7-0 di Kuala Lumpur Football Stadium, Malaysia.

Thailand, di sisi lain, juga mampu menuai hasil yang maksimal pada dua laga terakhir di fase grup Piala AFF 2022. Mereka sukses menang pada laga perdana atas Brunei Darussalam (0-5), serta menang melawan Filipina (4-0) pada laga kedua fase grup.

2. Indonesia tampil lebih cair

Preview Jelang Duel Indonesia Vs. Thailand di Piala AFF 2022Yakob Sayuri dan Ramadhan Sananta sebagai debutan Timnas Indonesia saat merayakan gol di Piala AFF 2022. (instagram.com/pssi)

Indonesia dinilai tampil lebih leluasa setelah melakoni laga kedua fase Grup A menghadapi Brunei Darussalam, Senin (26/12/2022) kemarin. Hal ini terjadi lantaran Timnas Garuda menang dengan skor yang besar, 0-7.

Hal tersebut juga didukung dengan beberapa debutan Timnas Indonesia yang turut berperan besar saat mengalahkan Brunei. Ada nama-nama seperti Yakob Sayuri, Ramadhan Sananta, dan Dendy Sulistyawan yang mencetak gol dalam laga tersebut.

Fakta itu jelas menjadi pertanda bahwa naluri antar pemain lama dan baru Timnas Indonesia sudah makin padu. Momen ini bakal jadi modal yang sangat penting ketika menandingi Thailand.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022

3. Mental diuji saat bersua Thailand

Preview Jelang Duel Indonesia Vs. Thailand di Piala AFF 2022Laga Indonesia vs Kamboja di fase grup Piala AFF 2022. (instagram.com/pssi)

Laga ketiga fase Grup A melawan Thailand bisa dianggap sebagai ujian sebenarnya bagi Indonesia di Piala AFF 2022. Bukan tanpa alasan, hal itu karena Thailand merupakan salah satu unggulan juara saat ini.

Thailand juga menjadi raja sebagai pemilik gelar juara Piala AFF terbanyak dengan koleksi enam trofi sepanjang sejarah. Gentingnya lagi, Indonesia selama ini kalah rekor pertemuan atas Thailand. Dalam 24 laga yang telah berlangsung, Indonesia hanya meraih 9 kemenangan, sedangkan Thailand meraih 13 kemenangan dan 2 laga sisa berakhir imbang.

4. Thailand belum kebobolan sama sekali

Preview Jelang Duel Indonesia Vs. Thailand di Piala AFF 2022Timnas Thailand sebagai salah satu unggulan juara di Piala AFF 2022. (90min.com)

Indonesia benar-benar harus menandingi Thailand jika ingin merengkuh gelar juara Piala AFF 2022. Pada dua laga awal, Thailand mampu menyapu bersih dua kemenangan sekaligus pada fase Grup A tanpa sekalipun kebobolan.

Thailand pun selalu menang dengan skor yang cukup besar dalam dua laga tersebut. Fakta ini menandakan jika Thailand tetap jadi unggulan yang tak boleh sedikit pun diremehkan oleh skuad Garuda.

5. Teerasil Dangda masih jadi ancaman

Preview Jelang Duel Indonesia Vs. Thailand di Piala AFF 2022Teerasil Dangda (instagram.com/t_dangda10)

Bintang senior Thailand, Teerasil Dangda, tampak masih belum habis kehebatannya di Piala AFF 2022. Striker berusia 34 tahun itu masih jadi mesin gol negaranya sejauh ini. Ia telah mengoleksi 3 gol dalam 2 laga terakhir di fase Grup A.

Teerasil Dangda saat ini menjadi top skor sementara Thailand sekaligus di Piala AFF 2022. Melihat rekor luar biasa itu tentunya bakal jadi catatan tersendiri bagi Indonesia. Timnas Garuda harus mematikan langkah mesin gol Thailand itu jika ingin meraih hasil maksimal nantinya.

Secara prediksi Indonesia sebenarnya cukup sulit untuk mendulang tiga poin sempurna saat bersua Thailand. Namun, dalam sepak bola semua bisa terjadi. Apalagi, Indonesia juga bakal tampil di markas sendiri sehingga punya modal serta motivasi lebih untuk meraih poin penuh.

Baca Juga: 5 Gelandang Andalan Indonesia di Piala AFF 2022, Siapa Pantas Starter?

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya