Tak Main di Piala Dunia, Radja Nainggolan Putuskan Pensiun dari Timnas Belgia

#WorldCup2018 Ia tak masuk skuat Roberto Martinez untuk Piala Dunia

Radja Nainggolan mengumumkan bahwa dirinya resmi pensiun dari timnas pada Senin (21/5). Ia menyatakan untuk menyudahi karirnya di level internasional melalui Instagram yang kini mendapatkan lebih dari 7.000 komentar dari para penggemarnya.

1. "Aku selalu melakukan segalanya untuk negaraku," tulis Naiggolan

Tak Main di Piala Dunia, Radja Nainggolan Putuskan Pensiun dari Timnas Belgiainstagram.com/radjanainggolan.4

Pemain tengah klub Italia, AS Roma, itu mengaku sangat berat untuk mundur dari membela timnas Belgia. "Dengan segenap rasa pedih dalam hatiku, aku memutuskan untuk mengakhiri karir internasionalku. Aku selalu melakukan segalanya untuk mewakili Belgia. Sayangnya, saat ini bukan waktu yang baik," tulisnya.

Setelah tak lagi membela timnas, pemain berusia 30 tahun itu tetap akan mendukung negaranya. "Dan mulai hari ini, aku akan menjadi suporter utama," tegasnya. Pengumuman tersebut tentu menjadi kejutan tersendiri bagi penggemarnya. Salah satu dari mereka mengungkapkan bahwa Nainggolan "layak mendapatkan lebih".

2. Nainggolan tak masuk skuat Roberto Martinez

Tak Main di Piala Dunia, Radja Nainggolan Putuskan Pensiun dari Timnas Belgiainstagram.com/radjanainggolan.4

Pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez, merilis daftar pemain untuk Piala Dunia beberapa saat sebelum Nainggolan mengumumkan pengunduran dirinya. Keputusan Nainggolan tentu sayang disayangkan. Tak sedikit yang menganggap Martinez seharusnya membawanya ke Rusia pada musim panas ini.

Dilansir dari ESPN, pelatih yang dipecat Everton pada 2016 itu beralasan tak diikutkannya Nainggolan ke dalam skuat murni karena "faktor taktik". Dalam konferensi pers, ia berkata, "Selama dua tahun belakangan ini kami bekerja keras dalam cara menyerang, sebuah sistem yang sangat spesifik, dan pemain-pemain lain punya peran itu. Radja punya peran penting itu di klub, dan aku tak merasa kami bisa memberikannya peran itu timnas. Dia bukan pemain yang digunakan untuk peran kecil."

3. Nainggolan bermain di seluruh pertandingan Euro 2016

Tak Main di Piala Dunia, Radja Nainggolan Putuskan Pensiun dari Timnas Belgiainstagram.com/radjanainggolan.4

Nainggolan sendiri sempat dipanggil Martinez untuk membela timnas Belgia pada pertandingan persahabatan pada November 2017. Sejak itu pun rumor bahwa ia tak akan masuk ke skuat inti pun berkembang. Padahal, Nainggolan sempat bermain reguler untuk Belgia ketika Euro 2016, bahkan sempat mencetak gol saat melawan Wales.

Adapun para pemain yang dipilih Martinez untuk Piala Dunia 2018 adalah sebagai berikut:

Penjaga gawang: Thibaut Courtois, Simon Mignolet, Matz Sels, Koen Casteels

Pemain belakang: Toby Alderweireld, Dedryck Boyata, Leander Dendoncker, Laurent Ciman, Christian Kabasele, Vincent Kompany, Jordan Lukaku, Thomas Meunier, Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen

Pemain tengah: Yannick Carrasco, Kevin De Bruyne, Nacer Chadli, Mousa Dembele, Marouane Fellaini, Eden Hazard, Thorgan Hazard, Adnan Januzaj, Dries Mertens, Youri Tielemans, Axel Witsel

Pemain depan: Michy Batshuayi, Christian Benteke, Romelu Lukaku

Rosa Folia Photo Verified Writer Rosa Folia

sudah tahu didi kempot sejak sekolah dasar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yogie Fadila
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya