Apa Makna 'Ditendang Seperti Seekor Anjing' bagi Luis Suarez?

#WorldCup2018 Godin melihat kembali insiden Piala Dunia 2014

Jakarta, IDN Times - Pemain bertahan timnas Uruguay Diego Godin menilai reka setimnya, Luis Suarez, mendapat perlakuan yang tidak adil setelah insiden Piala Dunia 2014. Kala itu, Suarez menggigit pemain Italia, Giorgio Chiellini, dan kemudian menerima hukuman larangan bertanding serta denda material.

1. Godin menyebut Suarez "ditendang seperti seekor anjing"

Apa Makna 'Ditendang Seperti Seekor Anjing' bagi Luis Suarez?instagram.com/diegogodin

Dalam wawancara dengan Sid Lowe dari The Guardian, pemain yang turut memperkuat Atletico Madrid itu secara terbuka mengungkapkan penilaiannya atas Suarez pasca turnamen di Brasil tersebut.

Godin percaya bahwa hukuman yang diterima Suarez terlalu berlebihan. "Aku takkan berkata bahwa ia tak melakukan kesalahan — dia mengakuinya sendiri — tapi aku masih merasa seperti mayoritas warga Uruguay, sebagian besar orang di sepak bola yang melihatnya secara subyektif. Itu sangat, sangat, sangat tidak adil," ucapnya.

"Untuk sebuah ‘serangan’ kamu mungkin dihukum empat pertandingan. Mereka mengeluarkannya dari Piala Dunia, menendangnya seperti seekor anjing. Dia tak diizinkan bermain di Copa America. Itu tidak proporsional, tidak adil, dan takkan ada yang mencabut kemarahan itu dari kami."

2. Apa yang menimpa Suarez memengaruhi semangat tim

Apa Makna 'Ditendang Seperti Seekor Anjing' bagi Luis Suarez?FIFA

Semasa Godin membela timnas Uruguay, ia pernah bermain di semifinal Piala Dunia melawan Belanda, meski kemudian harus menelan kekalahan. Tapi menurutnya, Piala Dunia 2014 menjadi pukulan yang sangat telak. Tak hanya secara personal, tap juga bagi skuat Uruguay.

Uruguay butuh menang melawan Italia untuk lolos fase grup. Panasnya pertandingan membuat penyerang andalan Uruguay itu — entah karena alasan apa — menggigit Chiellini. Apa yang menimpa Suarez, kata Godin, sangat berdampak kepada tim. Beruntung mereka sanggup lolos, hingga akhirnya harus kalah kala berhadapan dengan Kolombia di babak knockout.

"Aku yakin jika apa yang terjadi saat melawan Italia tidak terjadi, ceritanya akan lain. Pertama, kami kehilangan pemain terbaik kami. Kedua, semua yang terjadi mempengaruhi kami: itu berdampak pada Luis dan semuanya. Sangat sulit untuk melaluinya, melihatnya mati, menangis, jatuh, dan ditendang dari Piala Dunia. Satu negara tenggelam dan marah — itu yang kami semua bicarakan setidaknya sampai pertandingan melawan Kolombia."

3. Bagi Godin, Suarez tetap pemain hebat

Apa Makna 'Ditendang Seperti Seekor Anjing' bagi Luis Suarez?instagram.com/aufoficial

Usai insiden itu, Suarez dihukum larangan mengikuti aktivitas apapun yang berkaitan dengan sepak bola. Ia juga tidak diizinkan bermain untuk semua laga internasional sebanyak sembilan pertandingan. Denda material yang dijatuhkan juga lumayan besar yaitu 65.000 poundsterling.

Namun, Godin tetap melihat Suarez sebagai pemain yang handal. "Luis sampai di titik sekarang karena ia jadi dirinya sendiri: kamu melihat dia marah, gelisah, bertengkar, memprotes, bertanding. Jika dia tak begitu, dia takkan jadi pemain seperti sekarang," tegasnya.

Baca juga: Preview Uruguay vs Mesir: Adu Ketajaman Suarez dan Salah

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya