Begini Komentar Jordan Henderson Usai Gagal Eksekusi Penalti

#WorldCup2018 Inggris patahkan kutukan adu penalti.

Jordan Henderson gagal mengeksekusi penalti usai skor berakhir seri 1-1 setelah extra time. Ia satu-satunya yang tak berhasil membobol gawang David Ospina dari titik putih. Meski demikian, The Three Lions tetap melaju ke perempat final karena unggul 4-3.

1. Henderson menyebut rekan-rekannya "brilian"

Begini Komentar Jordan Henderson Usai Gagal Eksekusi PenaltiFIFA

Henderson menjadi eksekutor penalti kedua Inggris setelah Marcus Rashford. Sayangnya, bola yang ditendangnya masih berhasil diselamatkan oleh Ospina. Beruntung Matius Uribe kemudian juga gagal memasukkan bola sehingga kedudukan sama.

Usai laga, Henderson memuji teman-teman setimnya yang membuat kegagalannya tidak berpengaruh terhadap hasil akhir. "Kami telah berlatih penalti untuk beberapa saat dan manajer memilih lima pemain yang ia inginkan. Aku tak mencetak gol tapi teman-teman lain brilian, terutama Jordan [Pickford] karena lakukan penyelamatan dan Eric [Dier] sebab memberikan kami kemenangan."

2. Henderson mengakui laga lawan Kolombia memang berat

Begini Komentar Jordan Henderson Usai Gagal Eksekusi PenaltiFIFA

Awalnya Inggris terlihat seperti sudah aman ketika Harry Kane sukses mencetak penalti pada menit 57. Kemenangan sudah hampir di tangan, tapi Kolombia mampu menyamakan kedudukan saat waktu tambahan babak kedua.

Pertandingan hidup dan mati ini pun berlanjut hingga dua kali extra time. Hasil yang tak berubah memaksa kedua tim untuk melakoni drama adu penalti. "Aku merasa kami mengontrol permainan sebelum mereka menyamakan kedudukan dari set-piece di akhir laga, yang mana mengecewakan," kata pemain bernomor punggung delapan itu.

"Tapi kamu harus sudah mengantisipasinya di Piala Dunia. Kami bangkit dan melawan, tapi pertandingan harus berlanjut ke adu penalti dan syukurlah kami lolos. Kami menunjukkan kebersamaan yang sesungguhnya di pertandingan sulit ini."

3. Henderson tak pernah kalah dalam 28 pertandingan terakhir bersama Inggris

Begini Komentar Jordan Henderson Usai Gagal Eksekusi PenaltiFIFA

Meski banyak yang meragukan Henderson, tapi menurut statistik Opta, ia mencatatkan rekor tersendiri. Kapten Liverpool tersebut tak pernah kalah dalam 28 pertandingan terakhir bersama Inggris (22 menang, enam seri). Ia jadi satu-satunya pemain dalam sejarah sepak bola Inggris yang mengantongi rekor ini.

The Three Lions pun menorehkan prestasi. Ini adalah pertama kalinya timnas Inggris menang dalam adu penalti di Piala Dunia setelah kalah pada 1990, 1998 dan 2006. Gareth Southgate menegaskan bahwa "para pemain Inggris tak tunduk pada masa lalu". Setelah pertandingan ia berkata,"Malam ini adalah malam spesial bagi setiap orang Inggris."

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya