Brasil 2-0 Meksiko: Neymar dan Firmino Jadi Pahlawan

#WorldCup2018 Permainan berjalan sangat seru.

Pertandingan antara kekuatan Amerika Latin, Brasil, melawan Meksiko di Samara Arena berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan tim asuhan Tite. Meksiko sempat tampil menjanjikan di babak pertama dengan serangan-serangan cepat yang dilancarkan oleh Hirving Lozano, Carlos Vela dan Andres Guardado. Tetapi Meksiko gagal mematahkan kutukan babak 16 besar.

1. Kedua tim bermain dengan intensitas yang seimbang di babak pertama

Brasil 2-0 Meksiko: Neymar dan Firmino Jadi PahlawanFIFA

Sejak sebelum pertandingan, pelatih Meksiko, Juan Carlos Osorio, sudah menegaskan bahwa timnya akan bermain menyerang ketika menghadapi Brasil. "Kami takkan diam dan menunggu. Penyerang-penyerang Brasil terlalu bagus untuk itu. Kami akan tetap dengan rencana untuk setidaknya memakai empat atau lima pemain menyerang," ujarnya.

Dan ini terbukti dilakukan setidaknya untuk beberapa saat di awal pertandingan. Sepanjang 30 menit pertama, Meksiko mengontrol permainan yang mengancam pertahanan Brasil. Setelah itu, Thiago Silva dkk. mampu mengimbangi situasi. Salah satunya adalah melalui Philippe Coutinho yang menembakkan tendangan khasnya.

2. Kepercayaan diri Brasil di babak kedua membuahkan hasil

Brasil 2-0 Meksiko: Neymar dan Firmino Jadi PahlawanFIFA

Meksiko mengawali pertandingan dengan baik. Namun, Brasil bisa membuktikan bahwa mereka layak untuk lolos ke perempat final. Sejak permulaan babak kedua, tim Samba tampak bermain dengan penuh kepercayaan diri.

Mereka bermain menekan dan berhasil membuat beberapa peluang. Untuk beberapa menit, Ochoa masih tampil sangat solid untuk menghalau agresivitas Brasil. Salcedo dkk. pun cukup sigap untuk merespons. Tak lama berselang, Neymar sukses membobol gawang Meksiko melalui kerja sama apik dengan Willian.

Keberuntungan Brasil berlanjut setelah Firmino masuk menggantikan Coutinho. Neymar dengan cepat menggiring bola ke depan dan berhasil menemukan Firmino yang hampir tak terkawal. Umpannya langsung diselesaikan dengan baik oleh pemain bernomor punggung 20 itu.

3. Brasil akan bertemu dengan pemenang dari pertandingan Belgia lawan Jepang

Brasil 2-0 Meksiko: Neymar dan Firmino Jadi PahlawanFIFA

Kekalahan dari Meksiko menandai ketujuh kalinya El Tri gagal lolos ke perempat final sejak Piala Dunia 1994. Sementara itu, pertandingan yang dihujani tujuh kartu kuning itu mengukuhkan Brasil sebagai kekuatan mayor di turnamen elit. Dengan sukses memaksa Meksiko pulang kampung, artinya Brasil akan menghadapi pemenang dari pertandingan berikutnya antara Belgia dan Jepang.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya