Profil Tim Piala Dunia 2018: Spanyol Kandidat Kuat Juara di Rusia

Kata Messi, "Sebaiknya kalian jangan berhadapan dengan mereka."

Jakarta, IDN Times - Timnas Spanyol bukan tim sembarangan. Mereka punya modal kepercayaan diri karena pernah memenangkan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Lalu, jika itu tak cukup, tengoklah komposisi skuat yang dibawa ke Rusia.

Inilah profil lengkap La Furia Roja yang disebut jadi salah satu kandidat juara tahun ini.

1. Kebangkitan di bawah Lopetegui

Profil Tim Piala Dunia 2018: Spanyol Kandidat Kuat Juara di RusiaIDN Times/Sukma Shakti

Asosiasi Sepak Bola Spanyol menunjuk Julen Lopetegui sebagai pengganti Vicente del Bosque usai Andres Iniesta dan kawan-kawan terdepak dari turnamen Piala Eropa pada musim panas 2016. Pada 22 Mei lalu pelatih berusia 51 tahun memperpanjang kontraknya dengan timnas Spanyol hingga 2020.

Kepercayaan Spanyol kepadanya bukan tanpa alasan. Lopetegui sukses membuat La Furia Roja tak terkalahkan sepanjang 18 pertandingan, termasuk lolos ke Piala Dunia 2018.

Baca Juga: Profil Tim Piala Dunia 2018: Kolombia, Kuda Hitam dari Amerika Latin

2. Sudah tampil 14 kali di Piala Dunia sejak 1934

Profil Tim Piala Dunia 2018: Spanyol Kandidat Kuat Juara di RusiaTwitter/@SeFutbol

Timnas Spanyol pertama kali ikut terlibat dalam Piala Dunia pada 1934. Saat itu mereka harus mengakhiri perjalanan di babak perempat final. Pada 2010, gol semata wayang Andres Iniesta mampu membuat Spanyol memenangkan Piala Dunia.

Sebelumnya, prestasi terbaik Spanyol adalah berada di peringkat empat pada Piala Dunia 1950 di Brasil. Selain itu, La Furia pernah memenangi Piala Eropa sebanyak tiga kali yaitu pada 1964, 2008 dan 2012. Saat ini, mereka termasuk ke dalam salah satu yang difavoritkan sebagai juara Piala Dunia di 2018.

3. Berisi banyak pemain-pemain bintang

Profil Tim Piala Dunia 2018: Spanyol Kandidat Kuat Juara di RusiaTwitter/@SeFutbol

Cukup menyeramkan ketika melihat 23 pemain Spanyol yang akan berlaga di Rusia bulan depan. Beberapa nama baru saja merasakan mengangkat trofi Liga Champions seperti kapten Sergio Ramos, Isco, Nacho Fernandez, Daniel Carvajal serta Marco Asensio.

Nama-nama lainnnya bukan tanpa prestasi. Misalnya, Diego Costa dan Koke sukses meraih gelar juara Liga Europa. Kemudian, contoh lainnya adalah David Silva yang merebut trofi Liga Primer Inggris bersama Manchester City. Dikutip dari ESPN, Lionel Messi bahkan sampai pernah berkata, "Sebaiknya kalian jangan berhadapan dengan mereka."

Baca Juga: Portugal dan Asa Ronaldo Melampaui Prestasi Messi

Topik:

  • Sugeng Wahyudi
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya