Ditekuk Kroasia dengan Skor 0-2, Pelatih Nigeria Akui Kelemahan Timnya

#WorldCup2018 Lawan Nigeria berikutnya adalah Islandia

Jakarta, IDN Times - Nigeria mengalami kekalahan dalam laga perdana mereka di babak penyisihan Grup D Piala Dunia melawan Kroasia. Kuda hitam Afrika tersebut kalah dengan skor 0-2.

Apesnya, dua gol tersebut terjadi berkat gol bunuh diri Oghenekaro Etebo pada menit ke-32 dan tendangan penalti Luca Modric pada menit ke-71. Lantas apa kata pelatih Nigeria soal kekalahan perdana timnya ini?

1. Gernot Rohr mengakui kesalahan timnya

Ditekuk Kroasia dengan Skor 0-2, Pelatih Nigeria Akui Kelemahan Timnyatwitter.com/NGSuperEagles

Bos timnas Nigeria Gernot Rohr menyebut Kroasia memang layak menang pada pertandingan semalam. Bukan hanya karena pelanggaran Oghenekaro Etebo terhadap Mario Mandzukic, tapi juga kelemahan di setiap setpiece yang dimanfaatkan Kroasia.

"Ketika kamu kalah dalam sebuah pertandingan, itu menjadi sesuatu yang tak kami sukai tapi kami mengakui bahwa Kroasia punya tim yang lebih baik semalam dan pemain-pemain mudaku membuat beberapa kesalahan. Gol pertama datang dari sebuah sepakan pojok, yang kedua juga dari itu dan sebuah penalti," ucapnya, seperti dilansir dari ESPN.

2. Rohr menilai anak-anak mudanya perlu waktu untuk belajar

Ditekuk Kroasia dengan Skor 0-2, Pelatih Nigeria Akui Kelemahan Timnyatwitter.com/NGSuperEagles

Jika dilihat dari segi usia, tim Elang Super --julukan Nigeria-- memang memiliki para pemain termuda yang berlaga di Piala Dunia kali ini. Rata-rata usia anggota skuat ini adalah 25,9 tahun. Hanya selisih sedikit dari Les Bleus yang rata-rata umur para pemainnya adalah 26 tahun.

"Aku rasa para pemain muda ini butuh waktu untuk belajar, kadang-kadang mereka sedikit naif dalam setpiece, tapi kami akan memperbaiki itu," tegasnya. Kapten timnas Nigeria, John Obi Mikel, sendiri mengaku heran dengan ketidakmampuan timnya bertahan saat setpiece.

"Sulit menjelaskannya. Kami membicarakan soal itu dan mempertimbangkan fakta bahwa kami berlatih menghadapi situasi tersebut. Sudah empat gol yang terjadi melalui setpiece," kata dia. Dua gol lainnya terjadi ketika Inggris dan Republik Ceko mengalahkan Nigeria menjelang Piala Dunia.

3. Nigeria bersiap menghadapi Islandia yang membuat kejutan

Ditekuk Kroasia dengan Skor 0-2, Pelatih Nigeria Akui Kelemahan Timnyainstagram.com/fifaworldcup

Pertandingan Grup D diwarnai dengan hadiah penalti dari wasit. Tentu yang paling mengejutkan adalah saat penalti Lionel Messi digagalkan oleh Hannes Thor Halldorrson. Hasil seri melawan Argentina menjadi terasa seperti kemenangan bagi Islandia.

Pada pertandingan berikutnya, Nigeria akan berhadapan dengan tim pendatang baru itu. Pertemuan keduanya akan sangat menentukan siapa yang lolos ke fase berikutnya. "Kami harus menerima kekalahan ini dan sekarang kami wajib menang melawan Islandia. Semua masih mungkin," kata pelatih berkebangsaan Jerman itu.

Baca Juga: Lolos ke Piala Dunia 2018, Ini 5 Fakta Gokil Islandia

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya