Comscore Tracker

Fakta di Balik Yel-yel Inggris yang Diselidiki FIFA

#WorldCup2018 Yel-yel itu dinyanyikan saat berjumpa Kroasia

Moskow, IDN Times - FIFA menyatakan tengah menginvestigasi yel-yel pendukung timnas Inggris yang “kemungkinan diskriminatif”. Seperti dilaporkan BBC, yel-tel tersebut dinyanyikan ketika The Three Lions berhadapan dengan Kroasia di babak semifinal.

1. Investigasi dilakukan karena ada laporan

Fakta di Balik Yel-yel Inggris yang Diselidiki FIFAFIFA

Yel-yel yang dimaksud oleh FIFA memang masih belum jelas. Namun, badan yang mengurusi sepak bola tersebut menegaskan ada laporan yang menyebutkan yel-yel diduga mengandung unsur diskriminatif. Alhasil, investigasi pun tengah dilakukan.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa sebuah laporan sudah masuk melalui sistem pengawasan diskriminasi terkait dengan yel-yel yang mungkin mengandung unsur diskriminasi oleh fans Inggris," tulis FIFA dalam sebuah pernyataan.

2. Spekulasi menyebutkan yel-yel itu berkaitan dengan Tentara Republikan Irlandia (IRA)

Fakta di Balik Yel-yel Inggris yang Diselidiki FIFAFIFA

Meski FIFA tak secara tegas mengungkap yel-yel apa yang dipersoalkan, tapi menurut The Telegraph itu ada kaitannya dengan "anti-IRA". IRA sendiri merupakan kepanjangan dari Irish Republican Army atau Tentara Republikan Irlandia yang merupakan kelompok penentang pendudukan Inggris di Irlandia sejak 1919 hingga 1921.

Yel-yel "anti-IRA" tersebut sudah kerap kali didengar dalam berbagai pertandingan timnas Inggris. Salah satu yang paling diingat adalah ketika Inggris melawan Skotlandia dalam pertandingan persahabatan di Celtic Park pada 2014 lalu.

3. Federasi sepak bola Inggris selama ini tidak merespons apapun terkait keberadaan yel-yel itu

Fakta di Balik Yel-yel Inggris yang Diselidiki FIFAFIFA

Meski sudah bertahun-tahun mewarnai pertandingan The Three Lions, tapi federasi sepak bola Inggris, FA, belum pernah menyatakan dengan tegas bahwa yel-yel "anti-IRA" bersifat diskriminatif dalam bentuk apapun. Sempat ada kekhawatiran FIFA akan memberikan sanksi kepada FA jika terus tinggal diam, terutama usai dibentuknya sistem pengawasan diskriminasi.

Selain yel-yel tersebut, ada juga laporan bahwa sejumlah fans Inggris memperlihatkan salut ala Nazi dalam pertandingan di Rusia. Sebelumnya, tiga pendukung The Three Lions dilaporkan telah ditangkap karena mempraktikkan gestur serupa kala Inggris bertemu dengan Tunisia di fase grup.

Baca juga: Inilah Alasan Domagoj Vida Disoraki Penonton Saat Laga Kontra Inggris

Topic:

  • Sugeng Wahyudi

Just For You