Federasi Sepak Bola Jepang Incar Juergen Klinsmann sebagai Pelatih

#WorldCup2018 Samurai Biru punya ambisi besar

Jakarta, IDN Times - Jepang sepertinya kian ambisius dalam memosisikan diri di persepak bolaan dunia. Setelah tampil mengesankan, meski kalah, lawan Belgia, Jepang dikabarkan sudah bergerak untuk mencari pengganti pelatih Akira Nishino.

1. Juergen Klinsmann disebut-sebut sebagai target utama

Federasi Sepak Bola Jepang Incar Juergen Klinsmann sebagai PelatihTIME

Akira yang membawa Jepang ke babak 16 besar ditunjuk pada April lalu. Ia hanya dikontrak untuk jangka pendek dan segera menyudahi jabatan seusai Piala Dunia. Menurut media Jepang, Sports Nippon, federasi sepak bola Samurai Biru (JFA) sudah membidik penggantinya.

Nama Klinsmann muncul sebagai yang paling atas. Bahkan, JFA dikabarkan telah bernegosiasi langsung dengan mantan pelatih timnas Jerman tersebut. Bayaran yang ditawarkan pun tak main-main yaitu sekitar Rp 33,5 miliar per tahun.

2. Jepang berkejaran dengan waktu sebab setelah ini ada Piala Asia

Federasi Sepak Bola Jepang Incar Juergen Klinsmann sebagai PelatihFIFA

Ketua JFA, Kozo Tashima, mengakui bahwa pihaknya tak memiliki banyak waktu untuk memilih dan memutuskan siapa yang layak menggantikan Akira. "Ini bukan hal yang mudah, tapi kami tak bisa menghabiskan banyak waktu. Kami berharap sudah ada keputusan pada Juli ini," ujarnya.

Mendesaknya perihal posisi pelatih timnas ini disebabkan oleh Piala Asia 2019. Para pemain perlu waktu untuk mempersiapkan diri jelang turnamen tersebut, salah satunya dengan beradaptasi ketika pelatih baru masuk. Jepang sendiri akan melakoni pertandingan persahabatan pada September mendatang.

3. Klinsmann dianggap cocok karena punya pengalaman di Piala Dunia

Federasi Sepak Bola Jepang Incar Juergen Klinsmann sebagai PelatihFIFA

Pemilihan nama Klinsmann sebagai yang prioritas utama kabarnya dipengaruhi oleh ambisi Jepang yang ingin mencicipi juara dunia. Untuk mendapatkannya, JFA menilai butuh orang yang pernah punya pengalaman melatih timnas di turnamen empat tahunan tersebut.

Klinsmann sendiri pernah menjuarai Piala Dunia 1990 ketika masih menjadi pemain di timnas Jerman Barat. Pada 2006, ia melatih Die Mannschaft dan membawa Miroslav Klose dkk. hingga ke semifinal. Klinsmann juga sempat menukangi Amerika Serikat meski Negeri Paman Sam tak bisa berbicara banyak di Piala Dunia 2014.

Baca juga: Oscar Tabarez, Mastermind Uruguay yang Tak Menyerah Melawan Sakit

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya