Ini Alasan Pertemuan Inggris dan Belgia Disebut 'Brexit Derby'

#WorldCup2018 Sepak bola dalam negosiasi politik

Timnas Inggris akan bertemu dengan Belgia pada pertandingan Grup G, Jumat dini hari (29/6). Meski keduanya sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar, tapi laga keduanya diprediksi tetap berjalan menarik. Pertemuan kedua tim pun dibarengi dengan peristiwa non-sepak bola lain yang kemudian membuatnya dijuluki 'Brexit Derby'.

1. Masing-masing kepala pemerintahan akan berjumpa untuk membahas soal Brexit

Ini Alasan Pertemuan Inggris dan Belgia Disebut 'Brexit Derby'ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay

Di waktu Harry Kane beradu dengan Thomas Vermaelen, Perdana Menteri Theresa May dan Perdana Menteri Charles Michel akan bertemu di Brussels, Belgia. Dikutip dari The Guardian, keduanya akan melakukan rapat bersama Dewan Uni Eropa yang membahas berbagai isu, termasuk Brexit.

Baik May maupun Michel kemungkinan besar tidak akan bisa menonton pertandingan secara langsung. Namun, bukan tidak mungkin staf keduanya akan menginformasikan ketika ada gol yang terjadi. Setidaknya begitu kata salah satu staf yang dikutip oleh express.co.uk.

2. Angela Merkel mungkin ingin menghindari topik tentang sepak bola

Ini Alasan Pertemuan Inggris dan Belgia Disebut 'Brexit Derby'instagram.com/bundeskanzlerin

Pertemuan Dewan Uni Eropa juga akan dihadiri oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel. Ia dikenal sebagai salah satu kepala pemerintahan yang juga menyukai sepak bola. Hanya saja, usai terdepaknya Der Panzer dari fase grup, mungkin Merkel akan menghindari topik sensitif ini.

Hal sensitif lainnya tentu saja Brexit. FIFA sudah menegaskan bahwa pendukung Inggris yang meneriakkan yel-yel pro-Brexit akan mendapatkan sanksi finansial. Meski demikian, tak sedikit yang meragukan motif FIFA mengatur masalah ini.

3. May ingin kantornya mengibarkan bendera Inggris setiap kali The Three Lions bertanding

Ini Alasan Pertemuan Inggris dan Belgia Disebut 'Brexit Derby'FIFA

Inggris tampil mengesankan dalam dua pertandingan. May sendiri mengucapkan selamat kepada pelatih Gareth Southgate dan berharap agar ia dan anak-anak asuhnya bisa sukses di Piala Dunia tahun ini.

May juga menyatakan bahwa kantornya, Downing Nomor 10, akan mengibarkan bendera Inggris setiap kali The Three Lions bertanding. Ia pun ingin agar instansi-instansi lainnya juga melakukan hal yang sama untuk menunjukkan dukungan kepada Harry Kane dkk.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya