Parade Jari Tengah dalam Sejarah Sepak Bola Indonesia

Bukan hanya pelatih Persebaya, lho...

Seorang pelatih di sebuah tim sepak bola dituntut untuk memiliki jiwa kepemimpinan dan mengayomi yang baik. Di antara karakter itu, pelatih diharamkan untuk mengacungkan jari tengah kepada pemain, manajemen, lawan, juga pendukung.

Namun, itu dilanggar oleh pelatih Persebaya, Iwan Setiawan. Sosok kontroversial itu mengacungkan jari tengah kepada pendukung Persebaya yang dijuluki Bonek. Itu ia lakukan usai tim asuhannya meraih hasil seri melawan Martapura FC pada Minggu (30/4).

Iwan kini dijatuhi sanksi berupa larangan mendampingi tim dan denda sebesar Rp 100 juta. Presiden klub, Azrul Ananda, menegaskan bahwa pihaknya memberi sanksi tersebut bukan karena hasil, tapi sikap Iwan yang memang tak berdampak baik untuk tim dan manajemen.

Mantan pelatih Borneo FC itu bukan satu-satunya tokoh sepak bola yang pernah mengacungkan jari tengah. Setidaknya ada empat momen lagi di mana jari tengah ditunjukkan dalam sepak bola Indonesia.

1. Adjat Sudrajat-Persib

Parade Jari Tengah dalam Sejarah Sepak Bola Indonesiavamosarema.com via fourfourtwo.com

Pertandingan perempat final Piala Utama 1990 di Stadion Siliwangi mempertemukan dua klub dengan rivalitas sengit, Persib melawan Arema. Pentingnya lolos ke babak selanjutnya dan permusuhan antara kedua tim menjadikan pertandingan saat itu sangat panas.

Tim tuan rumah pun dipastikan lolos setelah Adjat Sudrajat berhasil melesakkan gol ke gawang Arema. Sebagai bentuk selebrasi, Adjat pun melakukan sesuatu yang di luar dugaan. Ia mengacungkan jari tengah ke penjaga gawang Arema, Sukriyan.

2. Hermawan-Persib

Parade Jari Tengah dalam Sejarah Sepak Bola Indonesiafourfourtwo.com

Momen jari tengah juga terjadi kembali pada Februari 2016 saat pertandingan Bali Island Cup antara Persib dan Arema -- yang kala itu bernama Arema Cronus. Lagi-lagi pemain Persib yang mengacungkan jari tengah, tapi kali ini ke arah pendukung Arema. Ia adalah Hermawan.

Menariknya, pemain belakang Persib itu adalah mantan pemain Arema yang terkenal sebagai sosok kontroversial. Persib tak hanya dipermalukan oleh aksi Hermawan, tapi juga karena harus merelakan kemenangan 1-0 untuk tim lawan.

Baca Juga: Boyong Gengnya ke Stadion, Cara Kekasih Dukung Daley Blind

3. Abduh Lestaluhu-Timnas Indonesia

Parade Jari Tengah dalam Sejarah Sepak Bola IndonesiaYoutube

Saat final Piala AFF 2016 Indonesia bertemu dengan lawan tangguh yakni Thailand. Laga panas tersebut diwarnai dengan kartu merah oleh wasit untuk pemain Indonesia, Abduh Lestaluhu pada menit 93. Indonesia pun kalah 2-0 dari tim Gajah Putih.

Tak hanya kekalahan di Stadion Rajamangala itu yang diingat, tapi juga momen saat Abduh Lestaluhu berjalan di lorong setelah diusir wasit dari lapangan. Ia belakangan terekam oleh kamera video tengah mengacungkan jari tengahnya kepada pendukung Thailand. Bukan hanya sekali, tapi beberapa kali.

4. Kurnia Meiga-Arema Cronus

Parade Jari Tengah dalam Sejarah Sepak Bola IndonesiaANTARA FOTO

Momen di mana Kurnia Meiga mengacungkan jari tengah terjadi pada 2014. Saat itu, Kurnia Meiga tengah membela timnya Arema Cronus pada gelaran Liga Super Indonesia (LSI) melawan Semen Padang di Stadion H Agus Salim. Pertandingan yang dimenangkan Arema Cronus dengan skor 1-0 itu berjalan dengan intensitas tinggi.

Pendukung Semen Padang pun melancarkan protesnya. Melihat itu, Kurnia Meiga menendang bola ke arah tribun mereka yang kemudian dibalas oleh suporter dengan pelemparan botol air mineral. Kurnia Meiga kemudian terlihat mengacungkan jari tengahnya sebelum akhirnya diredam oleh manajemen.

Baca Juga: Peringkat FIFA: Brasil Terkuat, Indonesia Terpuruk di 175

Topic:

Just For You