Preview Prancis vs Australia: Sang Juara Beradu dengan Pendatang Baru

#WorldCup2018 Mampukah Socceroos menandingi kekuatan mereka?

Pertandingan di Grup C di Kazan akan mempertemukan tim favorit, Prancis, dengan salah satu perwakilan Asia yaitu Australia pada Sabtu (16/6). Meski dengan kasat mata, Les Bleus diprediksi akan mengungguli Socceroos yang baru tampil di Piala Dunia sebanyak empat kali.

1. Prancis punya Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe

Preview Prancis vs Australia: Sang Juara Beradu dengan Pendatang BaruFIFA

Didier Deschamps tiba di Rusia dengan catatan yang baik sepanjang fase kualifikasi zona Eropa. Tergabung di Grup A bersama Swedia dan Belanda, Prancis berhasil memenangkan tujuh dari 10 pertandingan, dengan dua hasil seri dan satu kekalahan.

Meski Olivier Giroud sukses mencatatkan empat gol dari delapan pertandingan selama kualifikasi, tapi nama Antoine Griezmann dan bintang baru Kylian Mbappe disebut-sebut yang justru akan bersinar.

Nama Griezmann tentu tak perlu diragukan lagi. Dengan 30 gol sepanjang musim 2017/2018 bersama Atletico Madrid — termasuk dua gol di final Liga Europa — Griezmann diharapkan mampu tampil apik ketika berhadapan dengan barisan pertahanan Australia.

Sementara itu, Deschamps menegaskan bahwa ia percaya anggota skuat termudanya, Mbappe, takkan ketinggalan menunjukkan kualitas kebintangannya. Musim 2017/2018 menjadi berkah untuknya. Dari 39 penampilan bersama Monaco, pemuda berusia 19 tahun itu mencatatkan namanya di papan skor sebanyak 21 kali.

2. Australia bertumpu pada Tim Cahill yang merupakan sang veteran

Preview Prancis vs Australia: Sang Juara Beradu dengan Pendatang BaruFIFA

Saat Prancis memiliki skuat termuda di Piala Dunia saat ini, lain halnya dengan tim dari Negeri Kanguru. Skuat asuhan Birt Van Marwijk justru mengandalkan pengalaman Tim Cahill, sang gelandang veteran yang kini berusia 38 tahun.

Cahil sudah bermain di tiga Piala Dunia. Saat kualifikasi ia menjadi tumpuan tim, termasuk ketika menyarangkan dua gol hasil sundulan kepala saat melawan Suriah dan membawa Australia lolos ke pertarungan antar zona.

Selain Cahill, pemain muda Australia, Daniel Arzani juga merupakan nama yang mencolok. Ia adalah pemain termuda di Piala Dunia kali ini. Pemuda kelahiran Iran itu menjadi pemain kunci saat melawan Hungaria dengan mencetak satu gol dan berkontribusi atas kemenangan Australia.

3. Prancis punya lebih banyak pengalaman bermain di level top

Preview Prancis vs Australia: Sang Juara Beradu dengan Pendatang Baruinstagram.com/antoinnegriezmann

Menghuni peringkat tujuh FIFA, Prancis sudah tampil sebanyak 14 kali di Piala Dunia di mana mereka dua kali masuk final. Prestasi terbaik Prancis adalah ketika menjuarai Piala Dunia 1998 yang kemudian disusul dengan membawa pulang trofi EURO pada 2000.

Skuat timnas Prancis saat ini juga terdiri dari pemain-pemain yang mayoritas merumput di liga dan klub elit Eropa. Sebagian besar juga sudah merasakan Piala Dunia 2014, serta bermain di final ketika EURO 2016 berlangsung di Prancis. Ini menjadi modal tersendiri bagi Hugo Lloris dan kawan-kawan.

Di sisi lain, Australia menempati ranking 36 dunia. Tampil sebanyak empat kali, perjalanan terlama mereka di Piala Dunia terjadi pada 2006 ketika lolos ke babak 16 besar. Meski demikian, menarik untuk ditonton apakah kali ini Socceroos mampu melampaui catatan tersebut.

Prediksi starting XI Prancis

Penjaga gawang: Hugo Lloris

Pemain belakang: Benjamin Mendy, Samuel Umtiti, Raphael Varane, Djibril Sidibe

Pemain tengah: Blaise Matuidi, N'Golo Kante, Paul Pogba

Pemain depan: Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Olivier Giroud

Prediksi starting XI Australia

Penjaga gawang: Matthew Ryan

Pemain belakang: Aziz Behich, Trent Sainsbury, Mark Milligan, Josh Risdon

Pemain tengah: Aaron Mooy, Mile Jedinak, Massimo Luongo, Tim Cahill

Pemain depan: Andrew Nabbout, Mathew Leckie

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya