Rivaldo: Menangis Saat Lagu Kebangsaan Diputar adalah Tanda Kelemahan

#WorldCup2018 Neymar dkk. pernah dikritik karena menangis.

Timnas Brazil adalah salah satu favorit juara Piala Dunia. Namun, perjalanannya tentu tak mudah mengingat dalam beberapa tahun terakhir prestasi mereka terbilang stagnan. Menurut legenda Selecao, Rivaldo, mereka wajib bermain dengan penuh emosi jika ingin menang.

1. Rivaldo tak menyarankan pemain menangis saat lagu kebangsaan diputar

Rivaldo: Menangis Saat Lagu Kebangsaan Diputar adalah Tanda KelemahanFIFA

Tampil penuh emosi, kata Rivaldo, tak termasuk meneteskan air mata ketika lagu kebangsaan diputar sebelum pertandingan. Ia menilai itu adalah "tanda kelemahan". Pemain yang ikut mengantar Brazil menjuarai Piala Dunia 2002 tersebut seperti menyindir Neymar dan Thiago Silva yang sempat menangis ketika empat tahun lalu.

"Kamu harus punya karakter untuk memenangkan Piala Dunia. Rasanya beda dengan bermain untuk klub; semua lebih berat. Mereka semua pemain hebat, tapi mereka tak boleh takut atau khawatir tentang tekanan dari fans. Mereka harus melupakan 200 juta rakyat Brazil yang menonton," kata mantan pemain Barcelona itu, seperti dikutip dari ESPN.

"Kamu harus tenang dan bermain dengan bahagia. Jangan menangis saat lagu kebangsaan diputar. Rasakan emosinya, biarkan lagu itu memberimu api, tapi bukan air mata. Aku membencinya. Itu adalah tanda kelemahan, dan tak menolong sama sekali. Kamu harus rasakan keinginan di hatimu dan bermainlah dengan darah di matamu."

2. Neymar memang sempat menangis saat Piala Dunia 2014

Rivaldo: Menangis Saat Lagu Kebangsaan Diputar adalah Tanda Kelemahaninstagram.com/fifaworldcup

Saat Brasil bertemu dengan Meksiko empat tahun lalu, Neymar tertangkap kamera menangis tersedu ketika lagu kebangsaan diputar. Sebenarnya bukan hanya Neymar, beberapa fans juga terlihat menitikkan air mata ketika menyanyi dengan penuh semangat.

Ia, serta Thiago Silva dan Julio Cesar, menerima banyak kritikan setelah itu. Bahkan, dikutip dari The Guardian, timnas Brasil harus memanggil psikolog untuk menambah semangat para pemain. Salah satu yang menjadi sorotan adalah ketika Neymar menangis histeris di pelukan pelatih Luiz Felipe Scolari usai Brazil menundukkan Chile.

3. Rivaldo menyarankan pemain untuk memikirkan orang-orang terkasih ketika bertanding

Rivaldo: Menangis Saat Lagu Kebangsaan Diputar adalah Tanda Kelemahaninstagram.com/fifaworldcup

Rivaldo mengakui bahwa sangat menyenangkan rasanya bisa memenangkan trofi Piala Dunia. Oleh karena itu, ia menyarankan para pemain untuk memikirkan bahwa kemenangan itu akan membuat banyak orang bangga. Ini, menurutnya, bisa memperkuat semangat bertanding mereka.

"Kamu tak tahu kebahagiaan yang kamu rasakan, atau kebahagiaan yang kamu berikan kepada rakyat Brasil dan keluargamu. Aku adalah tipe orang yang berjalan ke lapangan sambil memikirkan ibuku, bagaimana aku akan membuatnya bangga. Aku memberikan semuanya di lapangan, jadi aku harap para pemain juga melakukan hal yang sama tahun ini."

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya