Rusia, Tuan Rumah yang Tak Pernah Lolos Fase Grup

10 kali ikut Piala Dunia, Rusia selalu kandas di babak awal

Rusia tak perlu repot-repot menjalani kualifikasi untuk bermain di Piala Dunia 2018 karena posisinya sebagai tuan rumah. Namun demikian, sebaiknya jangan mengentengkan timnas Rusia.

Sebagai lokasi diselenggarakannya hajatan sepak bola terakbar di seluruh dunia, Rusia tentu berambisi besar untuk membuktikan diri. Masih banyak yang belum familiar dengan timnas Rusia. Yuk, intip profilnya berikut ini!

1. Dilatih mantan kiper timnas

Rusia, Tuan Rumah yang Tak Pernah Lolos Fase Grupinstagram.com/teamrussia

Asosiasi Sepak Bola Rusia menunjuk Stanislav Cherchesov sebagai pelatih timnas pada Agustus 2016. Pria berusia 54 tahun tersebut adalah mantan penjaga gawang untuk timnas Rusia. Ia sempat mewakili negaranya di Piala Dunia 1994 dan 2002. Bekas bos Dynamo Moscow dan Legia Warsaw ini ditargetkan membawa timnya hingga ke babak semifinal.

2. Timnas Rusia sudah mengumumkan skuatnya

Rusia, Tuan Rumah yang Tak Pernah Lolos Fase Grupinstagram.com/teamrussia

Pada Minggu (3/6) Rusia secara resmi mengumumkan 23 pemain yang akan berlaga pada Piala Dunia. 23 pemain tersebut adalah sebagai berikut:

Penjaga gawang: Igor Akinfeev, Vladimir Gabulov, Andrey Lunev

Pemain belakang: Vladimir Granat, Fedor Kudryashov, Ilya Kutepov, Andrey Semenov, Sergei Ignashevich, Mario Fernandes, Igor Smolnikov

Pemain tengah: Yuri Gazinskiy, Alexsandr Golovin, Alan Dzagoev, Aleksandr Erokhin, Yuri Zhirkov, Daler Kuzyaev, Roman Zobnin, Alexsandr Samedov, Anton Miranchuk, Denis Cheryshev 

Pemain depan: Artem Dzyuba, Aleksey Miranchuk, Fedor Smolov

3. Rusia tak pernah lolos dari fase grup

Rusia, Tuan Rumah yang Tak Pernah Lolos Fase Grupinstagram.com/teamrussia

Sejak Uni Soviet runtuh, Rusia sudah 10 kali tampil pada ajang Piala Dunia. Sayangnya, mereka selalu berhenti di fase grup. Prestasi terbaik Uni Soviet--yang mengikuti Piala Dunia pertama kali pada 1958--sendiri adalah ketika mereka menempati posisi keempat pada 1966.

4. Mereka berada di Grup A

Rusia, Tuan Rumah yang Tak Pernah Lolos Fase Grupinstagram.com/teamrussia

Rusia masuk ke Grup A bersama dengan Arab Saudi, Mesir dan Uruguay. Masing-masing pertandingan, secara berurutan, akan digelar pada 14 Juni, 19 Juni, dan 25 Juni.

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya