Terungkap! Penalti Kelima Inggris Seharusnya Dieksekusi Jamie Vardy

#WorldCup2018 Tapi akhirnya Eric Dier yang jadi eksekutor

Manajer Inggris, Gareth Southgate, telah menyiapkan lima nama pemain yang akan menjadi eksekutor penalti ketika melawan Kolombia di babak 16 besar Piala Dunia 2018, Rabu (4/7) dinihari . Di dalam daftar tersebut sebenarnya tidak ada nama Eric Dier. Namun, pemain Tottenham Hotspur itu justru jadi penendang kelima.

1. Jamie Vardy masuk ke dalam daftar Southgate

Terungkap! Penalti Kelima Inggris Seharusnya Dieksekusi Jamie VardyFIFA

Seperti dilaporkan Sky Sports, Dier awalnya tidak dipilih sebagai eksekutor sebab Southgate ingin Vardy yang melakukannya. Vardy sendiri baru masuk menjadi pemain pengganti di babak kedua.

"Dier seharusnya tidak mengambil penalti kelima yang sangat menentukan itu," kata reporter Sky Sports, Rob Dorsett, yang mendapatkan bocoran dari orang dalam. Beruntung Dier sanggup melaksanakan tugasnya dengan baik dan membuat Inggris lolos ke perempat final.

2. Vardy mengalami cedera otot

Terungkap! Penalti Kelima Inggris Seharusnya Dieksekusi Jamie VardyFIFA

Alasan di balik batalnya Vardy mengeksekusi penalti adalah karena ia menderita cedera otot beberapa saat sebelum extra time. "Vardy, pemain yang menendang penalti secara reguler untuk Leicester, sudah siap untuk mengambilnya tapi dia mengalami cedera otot jelang berakhirnya extra time jadi kredit yang bagus untuk Dier," ucapnya.

Vardy juga menerima injeksi untuk mengurangi efek cedera itu. Namun, ia tetap belum bisa dipastikan bugar untuk bermain ketika Inggris melawan Swedia pada perempat final. Southgate juga dihadapkan pada kekhawatiran lain apakah Dele Alli dan Harry Kane juga siap.

3. Southgate pun mengakui timnya benar-benar kelelahan

Terungkap! Penalti Kelima Inggris Seharusnya Dieksekusi Jamie VardyFIFA

Selain mereka berdua, pemain lain yang disebut kurang fit adalah Ashley Young dan Kyle Walker. Southgate pun mengakui bahwa pertandingan keras hidup dan mati melawan Kolombia berpengaruh terhadap fisik para pemainnya.

"Beberapa ada yang keram, beberapa butuh pemeriksaan lebih lanjut, jadi kami baru akan tahu lebih detil dalam 36 jam ke depan," kata Southgate usai pertandingan. Inggris sendiri akan melakoni laga perempat final melawan Swedia pada Sabtu (7/7) mendatang.

Baca Juga: Jadwal Lengkap 8 Tim yang Bertarung di Babak Perempat Final

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya