Comscore Tracker

10 Eks Pemain PSV Eindhoven yang Kini Bermain untuk Klub Besar Eropa

Mereka tampil bagus bersama PSV Eindhoven  

PSV Eindhoven merupakan salah satu klub sepak bola kebanggaan Belanda. Klub yang bermarkas di Philips Stadion ini mempunyai banyak koleksi trofi domestik, di antaranya 24 gelar Liga Belanda, 9 gelar Piala Belanda, dan 12 gelar Piala Super Belanda.

Selain itu, PSV Eindhoven ternyata juga pernah berjaya di kompetisi Eropa. Tercatat, PSV Eindhoven pernah memenangi Piala Winners 1977/1978 dan Liga Champions 1987/1988.

PSV Eindhoven pernah menjadi batu loncatan bagi legenda sepak bola dunia, seperti Ruud Gullit, Patrick Kluivert, Ronaldo, Ruud van Nistelrooy, Park Ji Sung, hingga Arjen Robben. Pada musim ini pun banyak eks PSV Eindhoven yang bermain untuk klub besar Eropa. Lantas, siapa saja mereka? Check this out!

1. Dries Mertens

10 Eks Pemain PSV Eindhoven yang Kini Bermain untuk Klub Besar EropaDries Mertens (skysports.com)

Dries Mertens merupakan pemain asal Belgia yang berperan sebagai penyerang. Mertens mulai bergabung dengan PSV Eindhoven pada musim panas 2011. Kala itu, ia direkrut dari FC Utrecht seharga 8,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp138 miliar.

Mertens tampil tajam bersama PSV Eindhoven. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Mertens memainkan 88 pertandingan bersama PSV dengan torehan 45 gol dan 43 assist di semua kompetisi.

Dries Mertens meninggalkan PSV Eindhoven pada musim panas 2013. Kala itu, Mertens dijual ke Napoli seharga 9,48 juta euro atau saat ini sekitar Rp154 miliar. Musim ini, Mertens masih berstatus sebagai pemain Napoli. Ia merupakan salah satu pemain kunci bagi kubu Napoli. Kontraknya bersama Napoli akan habis pada Juni 2022.

2. Memphis Depay

10 Eks Pemain PSV Eindhoven yang Kini Bermain untuk Klub Besar EropaMemphis Depay (skysports.com)

Berikutnya ada nama Memphis Depay, yang juga berperan sebagai penyerang. Pria asal Belanda tersebut merupakan jebolan akademi PSV Eindhoven.

Ia berhasil promosi ke tim utama PSV Eindhoven pada musim dingin 2012. Depay pun tampil cemerlang bersama PSV Eindhoven. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Depay memainkan 124 pertandingan bersama PSV Eindhoven dengan torehan 50 gol dan 29 assist di semua kompetisi.

Pada musim panas 2015, Memphis Depay meninggalkan PSV Eindhoven untuk bergabung dengan Manchester United. Sayangnya, ia gagal total bersama manchester United.

Depay mulai bangkit lagi setelah bergabung dengan Olympique Lyon pada musim dingin 2017. Musim ini, ia memutuskan untuk bergabung dengan Barcelona dengan status bebas transfer. Depay dikontrak Barcelona hingga Juni 2023.

3. Georginio Wijnaldum

10 Eks Pemain PSV Eindhoven yang Kini Bermain untuk Klub Besar EropaGeorginio Wijnaldum (skysports.com)

Georginio Wijnaldum merupakan gelandang asal Belanda yang direkrut PSV Eindhoven dari Feyenoord Rotterdam pada musim panas 2011. Kala itu, ia dibeli dengan harga sebesar 5 juta euro atau saat ini sekitar Rp81 miliar.

Bersama PSV Eindhoven, Wijnaldum menjadi gelandang yang sangat produktif. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Wijnaldum tampil dalam 154 pertandingan dengan torehan 56 gol dan 24 assist di semua kompetisi.

Pada musim panas 2015, Georginio Wijnaldum memutuskan untuk meninggalkan PSV Eindhoven. Ia melanjutkan kariernya ke Liga Inggris bersama Newcastle United dan Liverpool. Musim ini, Wijnaldum pindah ke Paris Saint-Germain dengan status bebas transfer setelah kontraknya bersama Liverpool berakhir. Ia dikontrak Paris Saint-Germain hingga Juni 2024.

4. Oleksandr Zinchenko

10 Eks Pemain PSV Eindhoven yang Kini Bermain untuk Klub Besar EropaOleksandr Zinchenko (skysports.com)

Oleksandr Zinchenko merupakan pemain Ukraina yang berposisi sebagai bek kiri. Zinchenko bergabung dengan PSV Eindhoven pada musim panas 2016. Kala itu, ia dipinjam dari Manchester City.

Semusim bersama PSV Eindhoven, Zinchenko menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Zinchenko memainkan 17 pertandingan bersama PSV Eindhoven dengan torehan empat assist di semua kompetisi.

Pada musim panas 2017, Oleksandr Zinchenko kembali ke Manchester City setelah masa peminjamannya berakhir. Masa peminjaman di PSV Eindhoven benar-benar menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi Zinchenko. Ia pun mulai mendapatkan tempat di Manchester City. Zinchenko masih terikat kontrak dengan Manchester City hingga Juni 2024.

Baca Juga: 5 Penjualan Pemain Termahal PSV Eindhoven, Ada Donyell Malen

5. Luuk de Jong

10 Eks Pemain PSV Eindhoven yang Kini Bermain untuk Klub Besar EropaLuuk de Jong (fcbarcelona.com)

Luuk de Jong merupakan penyerang asal Belanda. Ia menjadi bagian dari PSV Eindhoven pada musim panas 2014 setelah dibeli dari Borussia Monchengladbach dengan harga sebesar 5 juta euro atau saat ini sekitar Rp81 miliar.

Luuk de Jong memberikan kontribusi yang sangat besar untuk PSV Eindhoven. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Luuk de Jong memainkan 204 pertandingan bersama PSV Eindhoven dengan torehan 112 gol dan 56 assist di semua kompetisi.

Pada musim panas 2019, Luuk de Jong resmi berpisah dengan PSV Eindhoven untuk bergabung dengan Sevilla. Kala itu, Sevilla membeli Luuk de Jong dari PSV Eindhoven seharga 12,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp203 miliar. Musim ini, Sevilla meminjamkan Luuk de Jong ke Barcelona hingga Juni 2022.

6. Hirving Lozano

10 Eks Pemain PSV Eindhoven yang Kini Bermain untuk Klub Besar EropaHirving Lozano (skysports.com)

Hirving Lozano merupakan penyerang sayap asal Meksiko. Ia direkrut PSV Eindhoven dari CF Pachuca pada musim panas 2017 dengan harga sebesar 12,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp203 miliar.

Lozano menikmati musim yang baik bersama PSV Eindhoven. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Lozano memainkan 79 pertandingan bersama PSV Eindhoven dengan torehan 40 gol dan 23 assist di semua kompetisi.

Pada musim panas 2019, Hirving Lozano resmi meninggalkan PSV Eindhoven untuk bergabung bersama Napoli. Kepindahan Lozano tersebut memakan biaya transfer sebesar 35 juta euro atau saat ini sekitar Rp570 miliar.

Lozano pun makin bersinar bersama Napoli. Musim ini, ia sedang berjuang bersama Napoli untuk memperebutkan gelar Liga Italia. Lozano terikat kontrak dengan Napoli hingga Juni 2024.

7. Toni Lato

10 Eks Pemain PSV Eindhoven yang Kini Bermain untuk Klub Besar EropaToni Lato (valenciacf.com)

Toni Lato merupakan pemain asal Spanyol yang berposisi sebagai bek kiri. Lato bergabung dengan PSV Eindhoven pada musim panas 2019 sebagai pemain pinjaman dari Valencia.

Sayangnya, Lato hanya sempat memainkan satu pertandingan bersama PSV Eindhoven. Ia bahkan bertahan setengah musim saja.

Pada musim dingin 2020, Valencia kembali meminjamkan Toni Lato ke klub lain. Kali itu, ia dipinjamkan ke Osasuna.

Sama seperti ketika dipinjamkan ke PSV Eindhoven, Lato juga memainkan sedikit pertandingan. Setengah musim bersama Osasuna, ia hanya memainkan delapan pertandingan dengan sumbangan satu gol.

Pada musim panas 2020, Lato pulang ke Valencia. Perlahan-lahan, ia mendapatkan tempat di Valencia. Ia masih terikat kontrak dengan Valencia hingga Juni 2023.

8. Steven Bergwijn

10 Eks Pemain PSV Eindhoven yang Kini Bermain untuk Klub Besar EropaSteven Bergwijn (skysports.com)

Steven Bergwijn merupakan pemain Belanda yang berposisi sebagai penyerang sayap kiri. Bergwijn pernah menimba ilmu di akademi Ajax Amsterdam. Ia kemudian pindah ke akademi PSV Eindhoven.

Bergwijn berhasil promosi ke tim utama PSV Eindhoven pada musim panas 2015. Ia pun menjadi salah satu pemain kunci bagi PSV Eindhoven. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Bergwijn memainkan 149 pertandingan bersama PSV Eindhoven dengan torehan 31 gol dan 41 assist di semua kompetisi.

Pada musim dingin 2020, Steven Bergwijn meninggalkan PSV Eindhoven untuk bergabung dengan Tottenham Hotspur. Bergwijn dibeli Tottenham Hotspur dengan harga sebesar 30 juta euro atau saat ini sekitar Rp488 miliar.

Bergwijn pun tampil cukup baik bersama Tottenham Hotspur. Ia terikat kontrak dengan Tottenham Hotspur hingga Juni 2025.

9. Donyell Malen

10 Eks Pemain PSV Eindhoven yang Kini Bermain untuk Klub Besar EropaDonyell Malen (bvb.de)

Donyell Malen merupakan penyerang asal Belanda. Malen tercatat pernah menimba ilmu di akademi Ajax Amsterdam, Arsenal, dan PSV Eindhoven.

Pada musim panas 2018, Malen berhasil promosi ke tim utama PSV Eindhoven. Ia juga tampil cemerlang bersama PSV Eindhoven. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Malen memainkan 116 pertandingan bersama PSV Eindhoven dengan torehan 55 gol dan 24 assist di semua kompetisi.

Pada musim panas 2021, Donyell Malen menerima pinangan Borussia Dortmund. Ia resmi meninggalkan PSV Eindhoven dengan biaya transfer sebesar 30 juta euro atau saat ini sekitar Rp488 miliar. Malen dikontrak Borussia Dortmund hingga Juni 2026.

10. Denzel Dumfries

10 Eks Pemain PSV Eindhoven yang Kini Bermain untuk Klub Besar EropaDenzel Dumfries (sempreinter.com)

Denzel Dumfries merupakan pemain Belanda yang berperan sebagai bek kanan. Ia direkrut PSV Eindhoven dari Heerenveen pada musim panas 2018.

Kala itu, Dumfries dibeli dengan harga sebesar 5,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp89 miliar. ia tampil sangat baik bersama PSV Eindhoven. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Dumfries memainkan 124 pertandingan bersama PSV Eindhoven dengan torehan 16 gol dan 20 assist di semua kompetisi.

Pada musim panas 2021, Denzel Dumfries meninggalkan PSV Eindhoven. Ia memutuskan untuk bergabung dengan Inter Milan. Pihak Inter Mlan menebus Dumfries dengan mahar sebesar 12,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp203 miliar. Dumfries dikontrak Inter Milan hingga Juni 2025.

Itulan deretan Eks PSV Eindhoven yang kni bermain untuk klub-klub besar Eropa. Lantas, siapa saja yang akan memenangi gelar musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela PSV Eindhoven, Ada Robben!

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya