Comscore Tracker

Usia 35 Tahun Lebih, 5 Eks Real Madrid Ini Masih Aktif Bermain

Cristiano Ronaldo menjadi yang paling bersinar

Real Madrid merupakan salah satu klub sepak bola populer di dunia. Klub asal Spanyol ini memiliki segudang gelar bergengsi, di antaranya 13 gelar Liga Champions, 34 gelar La Liga, dan 19 gelar Copa del Rey. Real Madrid juga menjadi klub impian bagi para bintang sepak bola.

Bagi para pemain sepak bola, pengalaman membela Real Madrid merupakan suatu kebanggaan. Meskipun sudah menjadi eks Real Madrid, mereka tidak akan lupa pengalaman membela Real Madrid. Bagi mereka, Real Madrid adalah klub terbaik sepanjang sejarah dunia sepak bola.

Berbicara tentang eks Real Madrid, ternyata ada eks Real Madrid yang masih aktif di liga top Eropa meskipun usia mereka sudah melewati 35 tahun. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Diego Lopez

Usia 35 Tahun Lebih, 5 Eks Real Madrid Ini Masih Aktif BermainDiego Lopez (realmadrid.com)

Diego Lopez merupakan kiper jebolan akademi Real Madrid. Ia berhasil promosi ke tim utama Real Madrid. Sayangnya, Lopez dijual ke Villarreal karena kalah bersaing dengan Iker Casillas. Pada Januari 2013, Real Madrid kembali merekrut Diego Lopez. Kala itu, ia sudah menjadi pemain Sevilla. Real Madrid merekrutnya karena Iker Casillas sedang mengalami cedera.

Pada Agustus 2014, Real Madrid melepas Diego Lopez ke AC Milan secara gratis karena telah mendatangkan kiper baru, yakni Keylor Navas. Selesai dari AC Milan, Diego Lopez kembali ke Liga Spanyol untuk membela klubnya terkini, Espanyol. Musim lalu, Diego Lopez berhasil membawa Espanyol promosi lagi ke La Liga. Musim ini, pemain berusia 39 tahun tersebut sudah memainkan 8 pertandingan bersama Espanyol dan berhasil mengemas 3 cleen sheet serta kebobolan 8 gol di La Liga.

2. Pepe

Usia 35 Tahun Lebih, 5 Eks Real Madrid Ini Masih Aktif BermainPepe (sempreinter.com)

Pepe merupakan salah satu bek termahal yang dibeli Real Madrid. Pemain asal Portugal tersebut dibeli Real Madrid dari FC Porto pada Juli 2007 seharga 30 juta euro atau sekitar Rp493 miliar. Bersama Real Madrid, Pepe meraih banyak kesuksesan. Ia berhasil memenangkan 3 gelar La Liga, 2 gelar Copa del Rey, 3 gelar Liga Champions, dan beberapa gelar bergengsi lainnya.

Pada Juli 2017, Pepe memutuskan untuk meninggalkan Real Madrid. Ia bergabung ke Besiktas secara gratis. Kini, pemain berusia 38 tahun tersebut sedang membela klubnya terdahulu, yakni FC Porto. Musim ini, Pepe sudah memainkan 7 pertandingan bersama FC Porto dan berhasil mencetak 1 gol di semua kompetisi.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo, Raja Hattrick Masa Kini

3. Cristiano Ronaldo

Usia 35 Tahun Lebih, 5 Eks Real Madrid Ini Masih Aktif BermainCristiano Ronaldo (laliga.com)

Semua orang pasti tahu bahwa Cristiano Ronaldo adalah legenda Real Madrid. Ia adalah salah satu pemain yang paling berjasa atas suksesnya Real Madrid. Ronaldo sendiri dibeli Real Madrid dari Manchester United pada Juli 2009. Real Madrid harus memecahkan rekor transfer untuk mendapatkan Ronaldo. Kala itu, dana sebesar 94 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun harus diserahkan kepada Manchester United.

Real Madrid sangat beruntung bisa memiliki Cristiano Ronaldo. Selain kontribusinya yang luar biasa, Real Madrid juga bisa menjualnya dengan harga yang mahal. Pada Juli 2018, ia berhasil dijual ke Juventus dengan harga tinggi, yakni 117 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun. Kini, pemain berusia 36 tahun tersebut tidak lagi bermain untuk Juventus. Pada Agustus 2021, ia kembali ke klub lamanya, Manchester United. Musim ini, Ronaldo sudah memainkan 7 pertandingan bersama Manchester United dan berhasil mencetak 5 gol di semua kompetisi.

4. Raul Albiol

Usia 35 Tahun Lebih, 5 Eks Real Madrid Ini Masih Aktif BermainRaul Albiol (uefa.com)

Raul Albiol memulai karier sepak bolanya bersama akademi Valencia. Setelah promosi ke tim utama, Albiol sempat dipinjamkan ke Getafe. Ia pun kembali pulang ke Valencia dengan performa yang semakin meningkat. Pada Juli 2009, Real Madrid membelinya dari Valencia dengan mahal sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp246 miliar.

Setelah berjuang bersama Real Madrid selama beberapa musim, Raul Albiol pindah ke Napoli pada Juli 2013. Pihak Napoli harus merogoh kocek sebesar 12 juta euro atau sekitar Rp197 miliar untuk mendapatkan Albiol dari Real Madrid. Pada Juli 2019, Albiol berpisah dengan Napoli untuk bergabung bersama Villarreal.

Musim lalu, Albiol berhasil meraih gelar Liga Europa bersama Villarreal setelah mengalahkan Manchester United lewat drama adu penalti. Musim ini, pemain berusia 36 tahun tersebut sudah memainkan delapan pertandingan di semua kompetisi. Ia masih menjadi andalan Villarreal di lini pertahanan.

5. Roberto Soldado

Usia 35 Tahun Lebih, 5 Eks Real Madrid Ini Masih Aktif BermainRoberto Soldado (tribuna.com)

Roberto Soldado juga termasuk jebolan akademi Real Madrid. Setelah promosi ke tim utama, Soldado sempat dipinjamkan ke Osasuna. Pada Juli 2008, Roberto Soldado dijual Real Madrid ke Getafe seharga 6 juta euro atau sekitar Rp98 miliar. Dari Getafe, Soldado melanjutkan karier sepak bolanya ke beberapa klub, di antaranya Valencia, Tottenham Hotspur, Villarreal, Fenerbahce, Granada, hingga klubnya terkini Levante.

Karier terbaik Roberto Soldado ialah ketika masih membela Valencia. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Soldado memainkan 141 pertandingan bersama Valencia dan berhasil mengemas 82 gol serta 15 assist di semua kompetisi. Kini, usia Soldado sudah 36 tahun. Musim ini, ia masih memainkan dua pertandingan bersama Levante di La Liga.

Itulah deretan eks pemain Real Madrid yang masih aktif di liga top Eropa meskipun usianya sudah melewati 35 tahun. Real Madrid juga memiliki sejumlah eks pemain yang usianya sudah genap atau mendekati 35 tahun, seperti Sergio Ramos, Kiko Casilla, Javi Garcia, Antonio Adan, Jose Callejon, Keylor Navas, dan masih banyak lagi. Mereka juga masih aktif di liga tertinggi.

Baca Juga: 5 Bek Potensial yang Bisa Didatangkan Real Madrid di Musim Depan

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya