5 Pemain Bintang yang Didatangkan Barcelona di Usia 30 Tahun ke Atas

#IDNTimesSport Ada Sergio Aguero rekan senegara Lionel Messi

Usia 30 tahun ke atas merupakan usia senja bagi pemain sepak bola. Pada usia tersebut, para pemain sudah mendekati masa pensiun. Mereka mengalami banyak penurunan baik dari segi fisik maupun semangat bermain.

Namun, ada beberapa pemain yang tetap tampil ganas meskipun sudah berusia 30 tahun ke atas dan diincar oleh klub-klub besar salah satunya Barcelona. Klub asal Catalan ini beberapa kali mendatangkan pemain bintang yang berusia 30 tahun ke atas. Lantas, siapa saja mereka? 

1. Lilian Thuram – 34 tahun

5 Pemain Bintang yang Didatangkan Barcelona di Usia 30 Tahun ke AtasLilian Thuram (whatculture.com)

Lilian Thuram didatangkan Barcelona dari Juventus pada bulan Juli 2006. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini didatangkan dengan biaya 5 juta Euro atau setara dengan Rp87 miliar. Saat itu, Thuram sudah berusia 34 tahun.

Pemain asal Prancis tersebut mampu bertahan dua musim di Barcelona. Selama dua musim membela Barcelona, Thuram berhasil tampil sebanyak 58 kali di semua kompetisi. Sayangnya, raihan trofi Thuram bersama Barcelona terbilang sangat minim.

Tercatat, Thuram hanya mampu menyumbangkan satu gelar Piala Super Spanyol pada musim 2006/2007. Thuram pun memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola pada bulan Juli 2008. Ia menjadikan Barcelona sebagai klub terakhirnya.

2. Demetrio Albertini – 33 tahun

5 Pemain Bintang yang Didatangkan Barcelona di Usia 30 Tahun ke AtasDemetrio Albertini (sooluciona.com)

Barcelona mendatangkan Demetrio Albertini dari Atalanta pada bulan Januari 2005 dengan biaya bebas transfer. Saat itu, Albertini sudah berusia 33 tahun. Albertini merupakan gelandang bertahan tangguh asal Italia.

Masa keemasan Albertini adalah ketika masih membela AC Milan. Bersama AC Milan, Albertini mampu meraih 5 gelar Liga Italia, 3 gelar Liga Champions, dan beberapa gelar bergengsi lainnya. Bersama Barcelona, Albertini juga berhasil meraih gelar juara Liga Spanyol musim 2004/2005.

Meskipun begitu, Albertini hanya mampu tampil 6 kali bersama Barcelona. Ia pun menjadikan Barcelona sebagai klub terakhirnya sebelum memutuskan pensiun pada bulan Juli 2005.

3. Sergio Aguero – 33 tahun

5 Pemain Bintang yang Didatangkan Barcelona di Usia 30 Tahun ke AtasSergio Aguero (goal.com)

Sergio Aguero baru saja didatangkan Barcelona dari Manchester City. Saat ini, usianya sudah menginjak 33 tahun. Namun, Aguero baru bisa bergabung dengan Barcelona bulan Juli 2021 nanti atau saat kontraknya dengan Manchester City benar-benar habis.

Kepindahan pemain asal Argentina tersebut tidak memakan biaya alias gratis. Kabarnya, Aguero didatangkan Barcelona agar Lionel Messi tidak pindah dari Barcelona. Sebagaimana kita ketahui, Aguero merupakan rekan senegara dari Lionel Messi.

Terlepas dari berbagai alasan Barcelona mendatangkan Aguero, pemain asal Argentina tersebut tetap tidak bisa dianggap remeh. Ia adalah salah satu striker terbaik di dunia. Bersama Manchester City, Aguero sudah tampil sebanyak 390 kali dengan torehan 260 gol dan 73 assist.

Selama sepuluh musim membela Manchester City, Aguero mampu meraih 5 gelar Liga Inggris, 1 gelar Piala FA, 6 gelar Piala Liga, 3 gelar Piala Super Inggris, dan beberapa gelar bergengsi lainnya.

Baca Juga: Barcelona Resmi Daratkan Sergio Aguero

4. Henrik Larsson – 32 tahun

5 Pemain Bintang yang Didatangkan Barcelona di Usia 30 Tahun ke AtasHenrik Larsson (marca.com)

Henrik Larsson didatangkan Barcelona saat usianya menginjak 32 tahun. Pemain asal Swedia ini didatangkan Barcelona dari Celtic pada bulan Juli 2004 dengan biaya bebas transfer. Henrik Larsson membela Barcelona selama dua musim.

Bersama Barcelona, pemain yang berposisi sebagai penyerang tengah tersebut berhasil meraih 2 gelar Liga Spanyol, 1 gelar Liga Champions, dan beberapa gelar bergengsi lainnya.

Henrik Larsson juga cukup berkontribusi besar untuk Barcelona. Ia mampu tampil sebanyak 59 pertandingan dengan torehan 19 gol dan 6 assist di semua kompetisi. Pada bulan Juli 2006, Larsson pindah ke Helsingborgs dengan biaya bebas transfer.

Pada bulan Januari 2007, Larsson dipinjam oleh Manchester United. Bersama Manchester United, ia mampu meraih gelar Liga Inggris pada musim 2006/2007. Kemudian, Larsson kembali ke Helsingborgs hingga pensiun pada bulan November 2009.

5. Arturo Vidal – 31 tahun

5 Pemain Bintang yang Didatangkan Barcelona di Usia 30 Tahun ke AtasArturo Vidal (marca.com)

Barcelona mendatangkan Arturo Vidal dari Bayern Munchen pada bulan Agustus 2018. Saat itu, Vidal sudah berusia 31 tahun. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah tersebut dibeli dengan harga 18 juta Euro atau setara dengan Rp314 miliar. Pemain asal Chili tersebut membela Barcelona selama dua musim.

Bersama Barcelona, Vidal berhasil meraih 1 gelar Liga Spanyol musim 2018/2019 dan 1 gelar Piala Super Spanyol musim 2018/2019. Selama berseragam Barcelona, Vidal juga berhasil tampil sebanyak 96 kali dengan torehan 11 gol dan 11 assist di semua kompetisi.

Pada bulan September 2020, Barcelona menjual Vidal ke Inter Milan dengan biaya transfer sebesar 1 juta Euro atau setara dengan Rp17 miliar. Bersama Inter Milan, Vidal langsung sukses mempersembahkan gelar di musim pertamanya, yakni gelar juara Liga Italia musim 2020/2021. Saat ini, Vidal masih aktif sebagai pemain Inter Milan. Ia ingin meraih banyak gelar lagi bersama rival sekota AC Milan tersebut.

 

Pemain-pemain di atas didatangkan Barcelona di usia 30 tahun ke atas. Kebanyakan dari mereka berhasil memenangkan gelar bergengsi bersama Barcelona. Kita masih belum bisa melihat sepak terjang Sergio Aguero bersama Barcelona karena masih menunggu waktu untuk bergabung secara resmi. Namun, duet antara Sergio Aguero dan Lionel Messi sangat menarik untuk dinantikan.

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Barcelona pada Musim 2020/2021, Messi hingga Alba

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Berita Terkini Lainnya