6 Pemain Top yang Pernah Dibeli Tottenham Hotspur dari Klub Eredivisie

Banyak yang sudah berpisah dengan Tottenham Hotspur  

Tottenham Hotspur merupakan salah satu klub terbaik di Inggris. Klub ini termasuk The Big Six di Liga Inggris. Klub dari London Utara ini juga memiliki dana yang melimpah. Tak ayal, Tottenham Hotspur juga sering memboyong pemain-pemain dengan harga mahal. Dari segi prestasi domestik, Tottenham Hotspur mengoleksi 2 gelar Liga Inggris, 8 gelar Piala FA, 4 gelar Piala Liga, dan 7 gelar Piala Super Inggris.

Dengan kekuatan finansial yang luar biasa, Tottenham Hotspur tak begitu kesulitan untuk mendapatkan pemain-pemain top dari berbagai klub Eropa, tak terkecuali klub yang berasal dari Eredivisie. Berikut ini pemain top yang pernah dibeli Tottenham Hotspur dari klub Eredivisie. Check this out!

1. Heurelho Gomes 

6 Pemain Top yang Pernah Dibeli Tottenham Hotspur dari Klub EredivisieHeurelho Gomes (skysports.com)

Heurelho Gomes merupakan kiper asal Brasil. Ia direkrut Tottenham Hotspur dari PSV Eindhoven pada musim panas 2008. Kala itu, ia dibeli dengan harga sebesar 9 juta euro atau saat ini sekitar Rp146 miliar. Gomes sendiri merupakan kiper andalan PSV Eindhoven. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Gomes mengemas 91 clean sheet dan kebobolan sebanyak 143 gol dari 181 pertandingan bersama PSV Eindhoven di semua kompetisi.

Bersama Tottenham Hotspur, Heurelho Gomes sempat menjadi pilihan utama di tiga musim awal. Setelah itu, ia menjadi kiper ketiga di bawah Hugo Lloris dan Brad Friedel. Ia menjadi penghangat bangku cadangan akibat sering melakukan blunder yang berakibat fatal.

Heurelho Gomes mengemas 46 clean sheet dan kebobolan sebanyak 149 gol dari 135 pertandingan bersama Tottenham Hotspur di semua kompetisi. Di usia yang sudah menginjak 40 tahun, Gomes masih aktif sebagai pemain sepak bola. Kini, ia membela klub asal Brasil, Democrata.

2. Jan Vertonghen 

6 Pemain Top yang Pernah Dibeli Tottenham Hotspur dari Klub EredivisieJan Vertonghen (skysports.com)

Berikutnya ada nama Jan Vertonghen, bek tangguh asal Belgia. Ia dibeli Tottenham Hotspur dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2012 seharga 12,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp202 miliar. Ajax Amsterdam merupakan klub yang membesarkan nama Vertonghen. Selain tangguh dalam menjaga pertahanan, Vertonghen termasuk bek yang produktif. Vertonghen mencatatkan 220 pertandingan bersama Ajax Amsterdam dengan torehan 28 gol dan 11 assist di semua kompetisi.

Jan Vertonghen semakin dikenal publik sepak bola semenjak dirinya pindah ke Tottenham Hotspur. Terlebih, ia menjadi pilihan utama di klub tersebut. Vertonghen mencatatkan 315 pertandingan bersama Tottenham Hotspur dengan torehan 14 gol dan 7 assist di semua kompetisi. Kini, Vertonghen bermain bersama Benfica.

3. Christian Eriksen 

6 Pemain Top yang Pernah Dibeli Tottenham Hotspur dari Klub EredivisieChristian Eriksen (skysports.com)

Christian Eriksen merupakan gelandang serang asal Denmark. Pada musim panas 2013, Tottenham Hotspur membeli Eriksen dari Ajax Amsterdam dengan harga transfer sebesar 14,15 juta euro atau saat ini sekitar Rp229 miliar. Penampilan Eriksen bersama Ajax Amsterdam memang sangat cemerlang. Ia merupakan sosok gelandang yang sangat gesit, mampu menggunakan kedua kakinya dengan baik, serta memiliki tendangan bebas yang ciamik.

Christian Eriksen mencatatkan 163 pertandinagn bersama Ajax Amsterdam dengan torehan 32 gol dan 65 assist di semua kompetisi. Sedangkan bersama Tottenham Hotspur, Eriksen memcatatkan 305 pertandingan dengan torehan 69 gol dan 90 assist di semua kompetisi. Kini, Eriksen berstatus tanpa klub. Terakhir, ia membela klub raksasa Italia, Inter Milan.

Baca Juga: 5 Pelatih Inggris Terakhir yang Berhasil Juarai Liga Inggris

4. Vincent Janssen 

6 Pemain Top yang Pernah Dibeli Tottenham Hotspur dari Klub EredivisieVincent Janssen (skysports.com)

Selanjutnya ada nama Vincent Janssen, penyerang tengah asal Belanda. Ia didatangkan Tottenham Hotspur pada musim panas 2016 dari AZ Alkmaar dengan harga sebesar 22 juta euro atau saat ini sekitar Rp356 miliar. Janssen tampil cukup bagus ketika membela AZ Alkmaar. Janssen memcatatkan 49 pertandingan bersama AZ Alkmaar dengan torehan 32 gol dan 7 assist di semua kompetisi.

Penampilan ciamik Vincent Janssen tersebut menjadi alasan bagi Tottenham Hotspur untuk merekrutnya. Sayangnya, Janssen gagal bersinar bersama The Lilywhites. Janssen mencatatkan 42 pertandingan bersama Tottenham Hotspur dengan torehan 6 gol dan 4 assist di semua kompetisi. Janssen pun gagal menjadi penyerang top Eropa. Kini, ia bermain untuk klub asal Meksiko, CF Monterrey.

5. Davinson Sanchez 

6 Pemain Top yang Pernah Dibeli Tottenham Hotspur dari Klub EredivisieDavinson Sanchez (skysports.com)

Davinson Sanchez merupakan bek tengah asal Kolombia. Tottenham Hotspur membeli Davinson Sanchez dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2017 dengan harga yang cukup mahal, yakni sebesar 42 juta euro atau saat ini sekitar Rp681 miliar. Sanchez bermain sangat bagus bersama Ajax Amsterdam, ia memiliki ketahanan fisik yang kuat, tangguh dalam duel udara, piawai dalam melakukan tekel, serta bisa mencetak gol.

Davinson Sanchez mencatatkan 47 pertandingan bersama Ajax Amsterdam dengan torehan 7 gol dan 2 assist di semua kompetisi. Bersama Tottenham Hotspur, Sanchez menjadi salah satu bek terbaik di Liga Inggris. Ia masih memiliki kontrak bersama Tottenham Hotspur hingga bulan Juni 2024.

6. Steven Bergwijn 

6 Pemain Top yang Pernah Dibeli Tottenham Hotspur dari Klub EredivisieSteven Bergwijn (skysports.com)

Selanjutnya ada nama Steven Bergwijn, pemain Belanda yang beroperasi sebagai penyerang sayap kiri. Bergwijn dibeli Tottenham Hotspur dari PSV Eindhoven pada musim dingin 2020. Kala itu, Tottenham Hotspur harus merogoh kocek sebesar 30 juta euro atau saat ini sekitar Rp486 miliar untuk mengamankan jasanya.

Steven Bergwijn sendiri merupakan pemain andalan bagi PSV Eindhoven. Bergwijn mencatatkan 149 pertandingan bersama PSV Eindhoven dengan torehan 31 gol dan 41 assist di semua kompetisi. Kini, Bergwijn sedang berjuang untuk menjadi bintang di persepak bolaan Inggris. Ia terikat kontrak dengan Tottenham Hotspur hingga bulan Juni 2025.

Dari deretan pemain di atas, Davinson Sanchez dan Steven Bergwijn yang masih aktif bermain untuk Tottenham Hotspur. Apakah mereka berdua bakal meraih trofi bersama Tottenham Hotspur?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Premier League yang Ternyata Sudah Berusia Kepala Tiga

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya