Comscore Tracker

6 Pemain yang Transfernya Pernah Menggemparkan Liga Inggris

Ada yang menjadi bek termahal Liga Inggris

Transfer pemain adalah hal menarik dalam dunia sepak bola. Klub sepak bola tidak hanya berjuang meraih kemenangan di pertandingan, tetapi juga berjuang mendapatkan pemain yang diinginkan. Mereka bersaing dengan klub lain untuk mendapatkan jasa pemain.

Transfer pemain sangat diperlukan dalam dunia sepak bola. Gunanya untuk meningkatkan kekuatan atau menambal kelemahan tim. Tak jarang, transfer pemain yang tepat bisa menjadi alasan sebuah klub meraih gelar juara. Contohnya, Liverpool di Liga Inggris. pembelian pemain seperti Roberto Firmino, Virgil van Dijk, Mohamed Salah, dan Sadio Mane menjadi salah satu alasan mereka juara Liga Champions 2018/2019 dan Liga Inggris 2019/2020.

Liga Inggris sendiri merupakan salah satu kompetisi papan atas dunia. Banyak sekali terjadi transfer bernilai besar di kompetisi ini. Klub-klub Liga Inggris rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan pemain yang diinginkan.

Dengan dana fantastis, mereka bisa mendapatkan pemain yang diinginkan. Tak pelak transfer tersebut mampu menggemparkan Liga Inggris. Berikut ini beberapa pemain yang transfernya sempat menggemparkan Liga Inggris. Check this out!

1. Harry Maguire

6 Pemain yang Transfernya Pernah Menggemparkan Liga InggrisHarry Maguire (skysports.com)

Pembelian Harry Maguire oleh Manchester United dari Leicester City menjadi salah satu transfer menggemparkan di Liga Inggris. Transfer tersebut terjadi pada musim panas 2019 dengan harga senilai 87 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun. Pemain Timnas Inggris itu menjadi bek termahal, mengalahkan Virgil van Dijk sekaligus menjadi bek termahal dunia. Harry Maguire menandatangai kontrak selama enam musim atau sampai 30 Juni 2025.

Pada awal kariernya di Manchester United, Harry Maguire sempat kesulitan. Dia sering melakukan blunder yang membuat Manchester United kebobolan hingga menderita kekalahan. Dia mendapatkan banyak kecaman dan kritik dari publik Manchester.

Seiring berjalannya waktu, performa Harry Maguire mengalami peningkatan. Dia bahkan dipercaya oleh sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer, dan mendapatkan dukungan dari pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate.

2. Romelu Lukaku

6 Pemain yang Transfernya Pernah Menggemparkan Liga InggrisRomelu Lukaku (vbetnews.com)

Transfer Romelu Lukaku dari Everton ke Manchester United terjadi pada Juli 2017. Kedua klub telah menyepakati harga transfer senilai 84,7 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun. Manchester United membeli striker Timnas Belgia ini karena tampil bagus bersama Everton. Romelu Lukaku mampu mencetak 25 gol di Liga Inggris 2016/2017.

Karier Romelu Lukaku ternyata tidak berjalan mulus di Manchester United. Dia tidak diandalkan oleh pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. Kabarnya, Ole Gunnar Solskjaer tidak suka dengan Romelu Lukaku yang dinilai malas bertanding.

Romelu Lukaku akhirnya dijual ke Inter Milan pada bursa transfer musim panas 2019. Di Inter Milan, Romelu Lukaku malah tampil garang dan menjadi andalan bagi Antio Conte, pelatih Inter Milan kala itu.

Musim ini, Lukaku kembali lagi ke Liga Inggris untuk membela Chelsea. The Blues membeli Lukaku dari Inter Milan dengan harga yang sangat mahal, yakni sebesar 115 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun.

Baca Juga: 10 Pemain Liga Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions

3. Virgil van Dijk

6 Pemain yang Transfernya Pernah Menggemparkan Liga InggrisVirgil van Dijk (goal.com)

Virgil van Dijk dibeli Liverpool dari Southamton pada Januari 2018. Pemain Timnas Belanda ini dibeli dengan harga senilai 84,6 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun. Bersama Liverpool, dia menjuarai Liga Champions 2018/2019 dan Liga Inggris 2019/2020. Virgil van Dijk menjadi bek tengah andalan Liverpool yang sangat sulit dilewati lawan.

Beberapa waktu lalu, Virgil van Dijk sempat mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL). Cedera ACL bukanlah cedera biasa. Cedera ini mengharuskan pemain beristirahat selama 7—8 bulan. Virgil van Dijk mendapatkan cedera tersebut akibat ditekel keras kiper Everton, Jordan Pickford. Musim ini, dia sudah pulih dari cedera dan siap membawa Liverpool menjadi juara Liga Inggris lagi.

4. Riyad Mahrez

6 Pemain yang Transfernya Pernah Menggemparkan Liga InggrisRiyad Mahrez (skysports.com)

Kesuksesan Riyad Mahrez di Leicester City membuat Manchester City tertarik memboyongnya. Akhirnya, transfer tersebut terjadi pada Juli 2018. Manchester City membelinya dengan harga senilai 67,8 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun. Dia menyetujui kontrak berdurasi lima tahun. Riyad Mahrez mendapatkan nomor punggung 26, sama seperti saat membela Leicester City.

Riyad Mahrez sangat senang bisa bergabung dengan Manchester City. Pemain asal Aljazair itu sangat suka dengan gaya permainan yang diterapkan oleh pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Manchester City sangat beruntung bisa mendapatkan Riyad Mahrez.

Sebelumnya, Arsenal juga menginginkan pemain yang meraih penghargaan pemain terbaik Liga Inggris 2015/2016 tersebut. Kehadiran Riyad Mahrez mampu menambah daya serang Manchester City. Saat ini, Riyad Mahrez menjadi andalan Manchester City menggeser posisi Bernardo Silva.

5. Kyle Walker

6 Pemain yang Transfernya Pernah Menggemparkan Liga InggrisKyle Walker (skysports.com)

Manchester City membeli Kyle Walker dari salah satu rival mereka di Liga Inggris, Tottenham Hotspur. Kyle Walker setuju bergabung dengan Manchester City karena ingin meraih gelar juara yang sulit ia peroleh ketika masih bersama Tottenham Hotspur. Benar saja, ia berhasil membawa Manchester City memenangkan dua gelar Liga Inggris secara berturut-turut, yakni 2017/2018 dan 2018/2019.

Kyle Walker dibeli Manchester City pada Juli 2017 dari Tottenham Hotspur dengan harga senilai 52,7 juta euro atau sekitar Rp866 miliar. Dengan harga itu, dia menjadi salah satu pemain asli Inggris dengan harga termahal. Pep Guardiola menyebutnya sebagai salah satu bek kanan terbaik dunia. Dia menjadi pilihan Pep Guardiola setelah gagal mendapatkan Dani Alves yang memilih bergabung dengan Paris Saint-Germain.

Nah, itulah lima pemain yang transfernya sempat menggemparkan Liga Inggris. Musim ini, mereka bersaing untuk mendapatkan gelar Liga Inggris. Lantas, siapakah yang akan memenangkannya?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Liga Inggris yang Golnya Lebih Banyak dari Ronaldo

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya