7 Eks Pemain Sporting Lisbon yang Membela Klub Besar Eropa Musim Ini

Ada nama Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes 

Sporting Lisbon merupakan salah satu klub sepak bola ternama di Portugal. Klub yang bermarkas di Stadion Jose Alvalade ini telah menorehkan 19 gelar Liga Portugal, 17 gelar Piala Portugal, 3 gelar Piala Liga Portugal, 1 gelar Piala Super Portugal, serta 1 gelar Piala Winners.

Sporting Lisbon memiliki banyak pemain muda berbakat. Ada banyak pemain top dunia yang mengawali kariernya bersama Sporting Lisbon. Tak heran, para pemain Sporting Lisbon sering diperebutkan oleh klub-klub besar Eropa. Tercatat, ada tujuh eks pemain Sporting Lisbon yang membela klub besar Eropa musim ini. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Cristiano Ronaldo

7 Eks Pemain Sporting Lisbon yang Membela Klub Besar Eropa Musim IniCristiano Ronaldo (skysports.com)

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain hebat dalam sejarah sepak bola. Pria Portugal ini telah meraih banyak trofi bergengsi. Ronaldo merupakan jebolan akademi Sporting Lisbon. Ia berhasil promosi ke tim utama Sporting Lisbon pada musim panas 2002.

Cristiano Ronaldo tampil sangat mengesankan bersama Sporting Lisbon. Ia pun menjadi incaran klub-klub besar Eropa. Pada musim panas 2003, Manchester United berhasil merekrut Ronaldo dari Sporting Lisbon. Pihak Manchester United sangat yakin dengan kualitas Ronaldo setelah melihat aksinya dalam pertandingan pramusim antara Manchester United dan Sporting Lisbon pada tahun 2004.

Bersama Manchester United, nama Cristiano Ronaldo mulai melambung tinggi. Ia semakin bersinar setelah direkrut Real Madrid pada musim panas 2009. Pada musim panas 2018, Ronaldo berpisah dengan Real Madrid untuk bergabung dengan Juventus. Meskipun sudah menua, ia tetap tampil impresif bersama Juventus. Musim ini, Ronaldo memutuskan untuk kembali ke Manchester United. Ia dikontrak hingga bulan Juni 2023.

2. Cedric Soares

7 Eks Pemain Sporting Lisbon yang Membela Klub Besar Eropa Musim IniCedric Soares (skysports.com)

Cedric Soares merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kanan. Ia juga termasuk jebolan akademi Sporting Lisbon. Pria Portugal ini berhasil promosi ke tim utama Sporting Lisbon pada musim panas 2010. Pada musim panas 2015, Soares mulai berkarier di Liga Inggris dengan bergabung bersama Southampton.

Sempat menjadi andalan Southampton, Cedric Soares perlahan mulai tersingkir dari skuad utama Southampton. Ia pun dipinjamkan ke Inter Milan pada musim dingin 2019 dengan opsi pembelian permanen. Sayangnya, Inter Milan tidak tertarik untuk mempermanenkannya.

Pada musim dingin 2020, Cedric Soares dipinjamkan ke Arsenal hingga akhir musim. Arsenal pun akhirnya mempermanenkan Soares karena tampil mengesankan selama masa peminjaman. Saat ini, Soares terikat kontrak dengan Arsenal hingga bulan Juni 2024

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Menjadi Penerus Cristiano Ronaldo di Portugal

3. Rui Patricio 

7 Eks Pemain Sporting Lisbon yang Membela Klub Besar Eropa Musim IniRui Patricio (calcionews24.com)

Rui Patricio merupakan pemain Portugal yang berposisi sebagai penjaga gawang. Ia memulai karier sepak bolanya di akademi Sporting Lisbon. Patricio berhasil promosi ke tim utama pada musim panas 2006. Patricio merupakan legenda hidup Sporting Lisbon. Ia bersama Sporting Lisbon selama 18 tahun terhitung sejak masuk tim akademi. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Patricio mengemas 182 clean sheets serta kebobolan sebanyak 448 kali dalam 466 pertandingan bersama Sporting Lisbon.

Rui Patricio berpisah dengan Sporting Lisbon pada musim panas 2018. Kala itu, ia menerima tawaran dari klub Liga Inggris, Wolverhampton Wanderers. Pada bursa transfer musim panas 2021 kemarin, Patricio pindah ke Italia untuk bergabung dengan AS Roma. Kini, ia terikat kontrak dengan AS Roma hingga bulan Juni 2024.

4. Cristiano Piccini  

7 Eks Pemain Sporting Lisbon yang Membela Klub Besar Eropa Musim IniCristiano Piccini (valenciacf.com)

Cristiano Piccini merupakan bek kanan asal Italia. Ia merupakan jebolan akademi Fiorentina. Piccini promosi ke tim utama Fiorentina pada musim panas 2011. Sayangnya, ia tidak bisa bersaing dengan para pemain Fiorentina lainnya. Piccini pun kerap dipinjamkan ke klub-klub lain. Cristiano Piccini mulai bergabung dengan Sporting Lisbon pada musim panas 2017. Kala itu, ia dibeli Sporting Lisbon ketika statusnya sudah menjadi pemain Real Betis.

Pada musim panas 2018, Cristiano Piccini bersedia untuk bergabung dengan Valencia. Sebenarnya, Piccini merupakan pilihan alternatif Valencia yang gagal mendapatkan Hans Hateboer dari Atalanta. Menariknya, Valencia justru meminjamkan Piccini ke Atalanta pada musim panas 2020. Piccini sudah kembali ke Valencia pada musim dingin 2021 kemarin. Kontraknya bersama Valencia akan habis pada bulan Juni 2022 nanti.

5. Rafael Leao 

7 Eks Pemain Sporting Lisbon yang Membela Klub Besar Eropa Musim IniRafael Leao (rossoneriblog.com)

Rafael Leao memulai karier sepak bolanya di akademi Sporting Lisbon. Ia berhasil promosi pada musim dingin 2018. Kala itu, Sporting Lisbon tidak terlalu yakin dengan kualitas dari Rafael Leao. Sporting Lisbon pun melepas Rafael Leao ke LOSC Lille pada musim panas 2018 secara gratis. Tak disangka, Rafael Leao justru berkembang pesat bersama LOSC Lille.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Rafael Leao memainkan 26 pertandingan bersama LOSC Lille dengan torehan 8 gol dan 2 assist di semua kompetisi. Rafael Leao pun menjadi incaran klub-klub besar Eropa. Pada musim panas 2019, AC Milan berhasil merekrut Rafael Leao dari LOSC Lille dengan biaya transfer sebesar 29,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp478 miliar. Kini, Rafael Leao terikat kontrak dengan AC Milan hingga bulan Juni 2024.

6. Thierry Correia 

7 Eks Pemain Sporting Lisbon yang Membela Klub Besar Eropa Musim IniThierry Correia (valenciacf.com)

Thierry Correia merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kanan. Pria Portugal ini juga termasuk jebolan akademi Sporting Lisbon. Thierry Correia berhasil promosi ke tim utama Sporting Lisbon pada musim panas 2019. Sekitar satu bulan setelah promosi, Thierry Correia dijual ke Valencia seharga 12 juta euro atau saat ini sekitar Rp194 miliar.

Thierry Correia tampil cukup mengesankan bersama Valencia. Ia merupakan salah satu bek kanan muda yang menjanjikan di Liga Spanyol. Thierry Correia memiliki kontrak yang cukup panjang bersama Valencia, yakni hingga bulan Juni 2026.

7. Bruno Fernandes 

7 Eks Pemain Sporting Lisbon yang Membela Klub Besar Eropa Musim IniBruno Fernandes (skysports.com)

Bruno Fernandes merupakan salah satu pemain terbaik yang dimiliki Portugal. Bahkan, kualitas Bruno Fernandes dianggap setara dengan gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne. Bruno Fernandes terkenal sangat piawai dalam mengirimkan umpan dan mencetak gol. Ia juga sangat tenang dalam mengeksekusi tendangan penalti.

Bruno Fernandes mulai menunjukkan sinarkan ketika menjadi pemain Sporting Lisbon. Ia bergabung dengan Sporting Lisbon pada musim panas 2017 dari klub Italia, Sampdoria. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Bruno Fernandes memainkan 137 pertandingan bersama Sporting Lisbon dengan torehan 63 gol dan 52 assist di semua kompetisi.

Pada musim dingin 2020, Manchester United menebus Bruno Fernandes dari Sporting Lisbon dengan biaya transfer sebesar 63 juta euro atau saat ini sekitar Rp1 triliun.Bruno Fernandes pun menjadi salah satu pemain yang diandalkan Manchester United saat ini. Ia terikat kontrak dengan Manchester United hingga bulan Juni 2025.

Bursa transfer Januari untuk musim ini akan segera dibuka. Apakah ada lagi eks pemain Sporting Lisbon yanga akan bermain untuk klub besar Eropa?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Chelsea dan Manchester United

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya