7 Pemain Atletico Madrid yang Dijual ke Klub Turki

Ada yang asli dari Turki

Atletico Madrid merupakan salah satu klub kuat Eropa saat ini. Klub yang berjuluk Los Rojiblancos ini mampu menggeser dominasi Barcelona dan Real Madrid di Liga Spanyol.

Raihan trofi Atletico Madrid cukup banyak. Di kancah domestik, mereka telah mengoleksi 11 gelar Liga Spanyol, 10 gelar Copa del Rey, dan 2 gelar Piala Super Spanyol.

Atletico Madrid juga mampu menunjukkan tajinya di kancah Eropa. Klub yang bermarkas di Wanda Metropolitano ini berhasil mengoleksi 3 gelar Liga Europa, 3 gelar Piala Super Eropa, dan 1 gelar Piala Winners.

Atletico Madrid ini termasuk klub yang kaya raya. Mereka sangat aktif pada setiap bursa transfer. Atletico Madrid bahkan sering membeli pemain top dengan harga mahal.

Meski begitu, Atletico Madrid juga termasuk klub yang sangat piawai dalam menjual pemain. Mereka tidak jarang berhasil menjual pemain dengan harga mahal sehingga membuat keuangan klub menjadi makin baik.

Berbicara tentang penjualan pemain, Atletico Madrid ternyata memiliki banyak riwayat transaksi dengan klub-klub Turki. Berikut ini deretan pemain yang pernah dijual Atletico Madrid kepada klub Turki. Check this out!

1. Mateja Kezman

7 Pemain Atletico Madrid yang Dijual ke Klub TurkiMateja Kezman (ahaber.com.tr)

Mateja Kezman merupakan pemain berkewarganegaraan Serbia. Ia berposisi sebagai seorang penyerang.

Kezman bergabung dengan Atletico Madrid pada musim panas 2005. Kala itu, Atletico Madrid membeli Kezman dari Chelsea seharga 9 juta euro atau saat ini sekitar Rp146 miliar.

Sayangnya, penampilannya tidak begitu mengesankan bersama Atletico Madrid. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Kezman hanya memainkan 32 pertandingan bersama Atletico Madrid dengan torehan sembilan gol di semua kompetisi.

Pada musim panas 2006, Atletico Madrid resmi menjual Mateja Kezman ke Fenerbahce seharga 7 juta euro atau saat ini sekitar Rp113 miliar. Kezman tampil cukup baik bersama Fenerbahce. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Kezman memainkan 69 pertandingan bersama Fenerbahce dengan torehan 30 dan 11 assist di semua kompetisi.

Kezman sudah pensiun sejak Januari 2012 silam. Klub terakhir yang ia bela adalah klub asal Hong Kong, South China.

2. Leo Franco

7 Pemain Atletico Madrid yang Dijual ke Klub TurkiLeo Franco (goal.com)

Leo Franco merupakan penjaga gawang asal Argentina. Ia bergabung dengan Atletico Madrid pada musim panas 2004. Kala itu, Franco direkrut Atletico Madrid dari Real Mallorca secara gratis.

Franco menjadi bagian dari Ateltico Madrid selama 5 musim. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Franco berhasil mengemas 64 clean sheet dan kebobolan sebanyak 173 gol dari 172 pertandingan di semua kompetisi  bersama Atletico Madrid.

Pada musim panas 2009, Atletico Madrid menjual Leo Franco ke klub Turki, Galatasaray, secara gratis. Franco hanya semusim bersama Galatasaray. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Franco memainkan 37 pertandingan bersama Galatasaray dan berhasil mengemas 11 clean sheet serta kebobolan sebanyak 36 gol di semua kompetisi.

Franco sudah pensiun sebagai pemain sepak bola sejak Juli 2016. Klub terakhir yang ia bela adalah Huesca.

3. Simao Sabrosa

7 Pemain Atletico Madrid yang Dijual ke Klub TurkiSimao Sabrosa (eurosport.com.tr)

Simao Sabrosa merupakan pemain asal Portugal yang berposisi sebagai pemain sayap. Ia menjadi bagian dari Atletico Madrid pada musim panas 2007. Kala itu, Simao didatangkan dari Benfica dengan biaya transfer cukup mahal, yakin 20 juta euro atau saat ini sekitar Rp325 miliar.

Simao membela Atletico Madrid selama 3 musim. Penampilannya bersama Atletico Madrid juga cukup mengesankan. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Simao memainkan 168 pertandingan bersama Atletico Madrid dengan torehan 31 gol dan 31 assist di semua kompetisi.

Pada musim dingin 2011, Simao resmi meninggalkan Atletico Madrid untuk bergabung dengan Besiktas. Biaya transfernya mencapai 900 ribu euro atau saat ini sekitar 14 miliar.

Bersama Besiktas, Simao masih mampu memberikan kontribusi yang cukup besar. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Simao memainkan 63 pertandingan dengan torehan 13 gol dan 12 assist di semua kompetisi.

Simao juga sudah pensiun sebagai pemain sepak bola sejak Januari 2016. Klub terakhir yang ia bela adalah klub asal India, NorthEast United FC.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top yang Pernah Membela Atletico Madrid dan Liverpool

4. Tomas Ujfalusi

7 Pemain Atletico Madrid yang Dijual ke Klub TurkiTomas Ujfalusi (eurosport.com.tr)

Tomas Ujfalusi merupakan pemain belakang berkewarganegaraan Republik Ceko. Ia direkrut Atletico Madrid dari Fiorentina pada musim panas 2008 dengan status bebas transfer.

Selama 3 musim bersama Atletico Madrid, Ujfalusi bemain cukup baik dan menjadi andalan Atletico Madrid di lini pertahanan. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Ujfalusi memainkan 133 pertandingan bersama Atletico Madrid dengan torehan 2 gol dan 7 assist di semua kompetisi.

Pada musim panas 2011, Tomas Ujfalusi memutuskan untuk berpisah dengan Atletico Madrid untuk bergabung dengan Galatasaray. Biaya transfernya sebesar 2 juta euro atau saat ini sekitar Rp32,5 miliar.

Dengan membawa segudang pengalaman dari Atletico Madrid, Ujfalusi masih bisa diandalkan Galatasaray. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Ujfalusi memainkan 42 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 2 assist di semua kompetisi. Ujfalusi sudah pensiun sebagai pemain sepak bola sejak Desember 2013.

5. Emre Belozoglu

7 Pemain Atletico Madrid yang Dijual ke Klub TurkiEmre Belozoglu (ortadogugazetesi.com)

Emre Belozoglu merupakan salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki Turki. Pada musim panas 2012, Emre direkrut Atletico Madrid dari Fenerbahce dengan status bebas transfer.

Emre hanya bermain setengah musim bersama Atletico Madrid. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Emre memainkan 17 pertandingan bersama Atletico Madrid dengan torehan 1 gol dan 4 assist di semua kompetisi.

Pada musim dingin 2013, Emre kembali lagi ke Fenerbahce. Kala itu, Fenerbahce harus membayar dana transfer ke Atletico Madrid sebesar 350 ribu euro atau saat ini sekitar Rp5,6 miliar.

Fenerbahce pun menjadi klub yang paling sering dibela Emre. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Emre memainkan 227 pertandingan bersama Fenebahce dengan torehan 33 gol dan 28 assist di semua kompetisi.

Emre sudah pensiun sebagai pemain sepak bola sejak Agustus 2020. Ia menjadikan Fenerbahce sebagai klub terakhirnya.

6. Bernard Mensah

7 Pemain Atletico Madrid yang Dijual ke Klub TurkiBernard Mensah (skor.sozcu.com.tr)

Bernard Mensah dibeli Atletico Madrid dari klub Portugal, Vitoria Guimaraes, pada musim panas 2015. Dana transfer sebesar 6 juta euro atau saat ini sekitar 97 miliar harus dibayarkan Atletico Madrid untuk menebus Mensah dari klub Portugal tersebut.

Sayangnya, Mensah tak mendapatkan tempat di Atletico Madrid. Ia bahkan belum pernah tampil bersama tim utama Atletico Madrid. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini sering dipinjamkan kepada klub lain.

Atletico Madrid pernah meminjamkan Bernard Mensah ke klub Turki, Kayserispor, pada musim panas 2018. Setahun berselang, pihak Kayserispor memutuskan untuk mempermanenkan status Bernard Mensah dengan biaya transfer sebesar 2,8 juta euro atau saat ini sekitar Rp45,5 miliar.

Mensah cukup diandalkan di lini tengah Kayserispor. Saat ini, Mensah masih menjadi bagian dari Kayserispor. Sayangnya, ia sedang mengalami cedera ligamen parah.

7. Francisco Montero

7 Pemain Atletico Madrid yang Dijual ke Klub TurkiFrancisco Montero (aa.com.tr)

Francisco Montero merupakan pemain asal Spanyol yang berperan sebagai pemain belakang. Ia merupakan jebolan akademi Atletico Madrid. Pada musim panas 2019, Montero berhasil promosi ke tim utama Atletico Madrid.

Sayangnya, Montero bukan pilihan utama di Atletico Madrid. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Montero hanya memainkan 14 pertandingan di semua kompetisi bersama Atletico Madrid.

Francisco Montero lebih sering dipinjamkan kepada klub lain. Pada musim panas 2020, Atletico meminjamkan Montero ke Besiktas. Musim ini, pihak Besiktas memutuskan untuk mempermanenkan status Montero dengan membayar biaya transfer sebesar 750 ribu euro atau saat ini sekitar Rp12 miliar.

Montero masih berusia 22 tahun. Ia pernah menjadi bagian dari timnas U-21 Spanyol. Masih banyak kesempatan bagi Montero untuk menjadi pemain top dunia. Apalagi ia juga mendapat kesempatan untuk bermain di Liga Champions bersama Besiktas.

Itulah deretan pemain Atletico Madrid yang dijual ke klub Turki. Apakah ada lagi pemain Atletico Madrid yang akan dijual ke klub Turki?

Baca Juga: Untung! Ini 6 Penjualan Termahal Atletico Madrid ke Klub Liga Inggris

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya