Comscore Tracker

7 Pemain RB Leipzig yang Kini Membela Klub Besar Eropa

Peluang mereka untuk meraih trofi bergengsi semakin besar

RasenBallsport Leipzig atau RB Leipzig merupakan klub yang baru dibentuk pada Mei 2009 silam. Pada musim 2016/2017, RB Leipzig menjalani musim pertamanya di Bundesliga. Klub yang bermarkas di Red Bull Arena tersebut tampil luar biasa dengan finis di urutan kedua.

Sejak saat itu, RB Leipzig menjadi klub yang disegani di Bundesliga. RB Leipzig juga kerap tampil di Liga Champions. Penampilannya di Liga Champions cukup bagus. Klub ini beberapa kali menjadi batu sandungan klub-klub besar Eropa.

Dengan penampilan yang konsisten dari musim ke musim, pemain RB Leipzig menjadi incaran klub-klub besar Eropa. RB Leipzig beberapa kali melepas pemain bintangnya ke klub besar Eropa. Meskipun begitu, RB Leipzig selalu menghasilkan bintang-bintang baru.

Musim ini, ada beberapa mantan pemain RB Leipzig yang membela klub besar Eropa. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Ante Rebic

7 Pemain RB Leipzig yang Kini Membela Klub Besar EropaAnte Rebic (sempreinter.com)

Pada musim panas 2014, Ante Rebic bergabung ke RB Leipzig dengan status pemain pinjaman dari Fiorentina. Rebic hanya semusim bersama RB Leipzig. Ia kalah bersaing dengan pemain lainnya. Rebic tampil dalam 11 pertandingan bersama RB Leipzig di semua kompetisi.

Ante Rebic berkembang pesat ketika ia dipinjamkan Fiorentina ke Eintracht Frankfurt. Meskipun begitu, Fiorentina tidak mempertahankan Rebic. Fiorentina malah melepas Rebic ke Eintracht Frankfurt secara permanen dengan biaya transfer sebesar 4,5 juta euro atau sekitar Rp73 miliar. Bersama Eintracht Frankfurt, Rebic menjadi salah satu pemain sayap terbaik di Bundesliga.

Pada musim panas 2019, Eintracht Frankfurt tertarik untuk meminjamkan Ante Rebic ke AC Milan selama dua musim plus opsi pembelian. Sebagai gantinya, Eintracht Frankfurt berhak meminjam Andre Silva dari AC Milan. Pada musim panas 2020, pihak AC Milan resmi mempermanenkan status Ante Rebic dengan biaya transfer sebesar 5 juta euro atau sekitar Rp82 miliar. Rebic dikontrak AC Milan hingga Juni 2025.

2. Joshua Kimmich

7 Pemain RB Leipzig yang Kini Membela Klub Besar EropaJoshua Kimmich (fcbayern.com)

Joshua Kimmich bergabung dengan RB Leipzig pada musim panas 2013. Klub Jerman tersebut tertarik dengan Kimmich yang saat itu masih menjadi bagian dari tim akademi VfB Stuttgart. Dengan dana sebesar 500 ribu euro atau sekitar Rp8 miliar, RB Leipzig berhasil merekrut pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan tersebut.

Selama dua musim bersama RB Leipzig, Joshua Kimmich tampil dalam pertandingan yang cukup banyak. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Kimmich bermain sebanyak 55 pertandingan bersama RB Leipzig dengan torehan 3 gol dan 4 assist di semua kompetisi.

Pada musim panas 2015, VfB Stuttgart membeli kembali mantan pemain akademinya tersebut dengan dana sebesar 1,5 juta euro atau sekitar Rp24 miliar. Belum sempat bermain untuk tim senior VfB Stuttgart, Kimmich langsung dijual ke Bayern Munchen pada musim panas itu juga dengan harga sebesar 8,5 juta euro atau sekitar Rp139 miliar. Kini, Joshua Kimmich menjadi salah satu pemain andalan Bayern Munich. Ia dikontrak hingga Juni 2025.

Baca Juga: 5 Pemain Asli Jerman yang Menjadi Top Skor RB Leipzig, Werner Teratas!

3. Naby Keita

7 Pemain RB Leipzig yang Kini Membela Klub Besar EropaNaby Keita (skysports.com)

Berikutnya ada gelandang tengah asal Guinea, Naby Keita. Ia direkrut RB Leipzig dari RB Salzburg pada musim panas 2016 dengan harga sebesar 29,75 juta euro atau sekitar Rp488 miliar. Naby Keita tampil gemilang bersama RB Leipzig. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Keita tampil dalam 71 pertandingan bersama RB Leipzig dengan torehan 17 gol dan 15 assist di semua kompetisi.

Pada musim panas 2018, Liverpool resmi mendapatkan Naby Keita dari RB Leipzig dengan biaya transfer sebesar 60 juta euro atau sekitar Rp984 miliar. Keita pun menjadi salah satu pembelian termahal Liverpool. Sayangnya, dana besar yang dikeluarkan Liverpool untuk membeli Keita tidak sesuai dengan performanya di atas lapangan.

Bahkan, Naby Keita sering dibekap cedera. Sempat beredar kabar bahwa Keita akan dijual Liverpool pada bursa transfer musim panas lalu. Namun, Jurgen Klopp selaku pelatih Liverpool saat ini menegaskan tidak akan menjual Keita. Ia masih percaya pada kemampuan yang dimiliki Keita. Keita dikontrak Liverpool hingga Juni 2023.

4. Timo Werner

7 Pemain RB Leipzig yang Kini Membela Klub Besar EropaTimo Werner (skysports.com)

Timo Werner merupakan jebolan akademi VfB Stuttgart. Ia dipromosikan ke tim utama VfB Stuttgart pada musim panas 2013. RB Leipzig tertarik merekrut Werner karena tampil cukup bagus bersama VfB Stuttgart. Pada musim panas 2016, RB Leipzig berhasil mendapatkan Werner dari VfB Stuttgart dengan biaya transfer sebesar 22,2 juta euro atau sekitar Rp364 miliar.

Bersama RB Leipzig, Timo Werner tampil begitu cemerlang. Ia menjadi salah satu penyerang yang produktif di Bundesliga. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Werner telah tampil dalam 159 pertandingan bersama RB Leipzig dengan torehan 95 gol dan 40 assist di semua kompetisi. Tampil luar biasa bersama RB Leipzig, Timo Werner menjadi incaran klub-klub besar Eropa.

Pada musim panas 2020, Chelsea berhasil mendapatkan Timo Werner dari RB Leipzig. Klub Inggris tersebut bersedia menyerahkan dana sebesar 53 juta euro atau sekitar Rp869 miliar. Sayangnya, Werner dinilai gagal bersama Chelsea. Ia sering kesulitan menyelesaikan peluang emas yang seharusnya berbuah gol. Saat ini, Werner masih berjuang untuk membuktikan kualitasnya di Chelsea. Ia dikontrak Chelsea hingga Juni 2025.

5. Ibrahima Konate

7 Pemain RB Leipzig yang Kini Membela Klub Besar EropaIbrahima Konate (premierleague.com)

Selanjutnya, ada bek tengah berkebangsaan Prancis, Ibrahima Konate. Pemain keturunan Mali tersebut dibeli RB Leipzig dari FC Sochaux pada musim panas 2017 secara gratis. Pada usia yang masih muda, penampilan Konate bersama RB Leipzig terbilang sangat bagus. Ia diproyeksikan bisa menjadi bintang masa depan. Berdasarkan catatan Transfermakt, Konate telah tampil dalam 95 pertandingan bersama RB Leipzig dengan torehan 4 gol dan 1 assist di semua kompetisi. 

Pada musim panas 2021, Ibrahima Konate meninggalkan RB Leipzig untuk bergabung ke Liverpool. RB Leipzig menjual Konate ke Liverpool seharga 40 juta euro atau sekitar Rp656 miliar. Ia dikontrak hingga Juni 2026. Musim ini, Konate masih beradaptasi dengan permainan Liverpool. Ia sempat kewalahan dengan ritme latihan Liverpool.

6. Dayot Upamecano

7 Pemain RB Leipzig yang Kini Membela Klub Besar EropaDayot Upamecano (fcbayern.com)

Pada musim dingin 2017, RB Leipzig membeli Dayot Upamecano dari RB Salzburg seharga 18,5 juta euro atau sekitar Rp303 miliar. Bek tengah berkebangsaan Prancis tersebut tampil apik di lini pertahanan RB Leipzig. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Dayot Upamecano telah tampil dalam 154 pertandingan bersama RB Leipzig dengan torehan 4 gol dan 3 assist di semua kompetisi.

Sebagai bek tengah, Dayot Upamecano sangat piawai dalam membaca serangan lawan. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan dribel yang baik sehingga sangat berguna untuk penguasaan bola. Pada musim panas 2021, Dayot Upamecano dijual RB Leipzig ke Bayern Munchen sebesar 42,5 juta euro atau sekitar Rp697 miliar. Ia dikontrak Bayern Munchen hingga Juni 2026.

7. Marcel Sabitzer 

7 Pemain RB Leipzig yang Kini Membela Klub Besar EropaMarcel Sabitzer (fcbayern.com)

Marcel Sabitzer juga termasuk mantan pemain RB Leipzig yang kini bermain di klub besar Eropa. Ia direkrut Bayern Munchen pada musim panas 2021. Bayern Munchen membeli Sabitzer dari RB Leipzig dengan harga yang cukup murah, yakni sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp245 miliar.

Bersama RB Leipzig, Gelandang asal Australia tersebut merupakan pemain andalan sekaligus menjabat sebagai kapten. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Marcel Sabitzer telah tampil dalam 229 pertandingan dengan torehan 52 gol dan 42 assist di semua kompetisi. Kini, ia telah menjadi bagian dari salah satu klub terbesar di Eropa, Bayern Munchen. Ia dikontrak hingga Juni 2025.

Itulah deretan mantan pemain RB Leipzig yang saat ini bermain di klub besar Eropa. Kini, mereka mempunyai peluang besar untuk meraih banyak trofi bergengsi di Eropa.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Pindah ke RB Leipzig dengan Status Pinjaman

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya